1

(0 replies, posted in VB)

asslamualaikum wr wb

permisi mas-mas programer....

saya lagi ada kendala dalam pembuatan tugas akhir saya...saya sudah mencoba bertanya-tanya ke beberapa orang-orang yang mengerti vb, tetapi tidak ada pencerahan untuk tugas akhir saya.

saya buat aplikasi chat menggunakan VB 6, jadi saya ditugaskan membuat fitur kirim file notepad, trafik pengiriman dan penerimaan data, lalu chat.

chat dan pengirimn file notpad berhasil saya buat. tetapi trafik pengiriman dan penerimaan data tidak dapat saya buat. seperti yang saya ujarkan tadi. saya sudah usaha menanyakan ke beberapa org , bahkan dosen pembimbing saya. al-hasil tidak ada jawaban tepat untuk menyelesaikan trafik ini.

media pengiriman nya menggunakan wireless (YS1020UA),yang mau saya tampilkan di trafik adalah data chat dan data pengiriman file notepad yang dikirim dan di terima. disinilah kendala yang saya dapat dalam pembuatan tugas akhir ini..

mohon pencerahan dari mas-mas yang lebih mengerti permasalahan seperti ini.

berbagi itu indah big_smile

b03yreth4 wrote:
azalika wrote:

@mas b03yreth4

mkasih mas ampuh bener caranya.. sekarang saya bisa monitoring wireless saya... smile

Sama-sama, senang bisa bantu, sukses ya Tugas Akhirnya...

ok mas... sukses jg... smile

@mas b03yreth4

mkasih mas ampuh bener caranya.. sekarang saya bisa monitoring wireless saya... smile

assalamualaikum Wr.Wb

saya sedang dalam proses penyelesaian Tugas Akhir saya. kebetulan pada Tugas Akhir saya menggunakan Wireless sebagai media untuk VoIP.

anggap Client1 dan Client2 sudah terhubung di server VoIP dan ready untuk dipakai, client1 dan client2 menggunakan OS windows Xp Sp3. jadi di salah satu tahap penyelesaian tugas akhir saya , saya harus melihat jalur saat mulai client1 berhubungan dengan client 2 hingga selesai.

saat VoIP pada jaringan LAN, pengcapturan berjalan dengan baik. lalu saat saya beralih VoIP pada jaringan WLAN, asumsi saya karena perbedaan antara LAN dan WLAN hanya pada medianya saja, jadi saya lakukan cara pengcapturan jaringan WLAN sama dengan LAN, tapi pengcapturan tidak berjalan dengan lancar. saat saya klik start pada interface Wireless muncul jendela ini :

http://i1047.photobucket.com/albums/b471/bagega/setelahdicapture.jpg

apakah ada perbedaan cara pengcapturan antara media Wireless LAN dengan LAN?

saya menggunakan Wireshark Version 1.6.0.

mohon pencerahannya mas-mas yang pernah mengalami hal yang sama.
saling berbagi itu indah smile

@mas abdi_wae

mkasih pencerahannya mas abdi... saya coba dulu...

@mas abdi_wae

terimakasih mas abdi, perkataan mas sangat memotivasi saya untuk menjadi network administrator.

saya minta maaf karena, tidak menganalisa dulu sebelum bertanya.:(
awalny saya mengamsusikan dalam mikrotik bila 1 network bisa terhubung.
setelah saya baca kembali ,hal itu tidak bisa di pakai pada L2TP server yang saya buat ini. karena L2TP server hanya bisa mengkoneksikan antara server L2tp tersebut dengan kliennya.

dapat di lihat pada gambar yg k-2. antara PC1 dan PC2 sudah menjadi klien L2TP server, maka yang yang bisa terkoneksi ke L2TP server hanya PC1 dan PC2. walaupun ip yang di beri L2TP server ke clientnya, 1 network dengan ethernet-ethernet lainnya. dengan kata lain ip 10.10.10.2 tidak ada hubungannya dengan L2TP server.

anggap PC dengan ip 10.10.10.2 adalah PC3.

bila syarat untuk terkoneksi ke L2TP server harus menjadi klient nya dulu, maka PC3 harus dikonfigurasi menjadi client L2TP.

os pada PC3 adalah ubuntu 10.10. saat saya mengkonfigurasi VPN, tidak ada pilihan L2TP seperti di XP ( PC1 dan PC2 ). yang ada hanya PPTP. saya sudah cari di google, tp tidak dapat jawaban tentang tutor L2TP client di ubuntu. sad

mohon pencerahannya mas @abdi_wae dan mas-mas yang pernah mengkonfigurasi L2TP client  di ubuntu.

berbagi itu indah , hehehe.. smile

@mas abdi_wae asslamualaikum wr.wb


mkasih mas abdi,udah ng-reply posting saya..

metode 2 berhasil untuk memisahkan eth1 dan eth2. yang kamaren tidak saya lakukan adalah tidak memasukan interface in dan out ny. setelah saya masukan, eth1 tidak bisa ngping ke eth2.

untuk server L2TP ny, saya gunakan tutorial dari wordpress

http://hanadi.wordpress.com/2009/10/02/ … indows-xp/

l2tp server dan client ny sudah dapat terkoneksi ( seperti gambar yg k-2 ), clientxp PC1 mendapatkn ip VPN l2tp 10.10.10.5.

setalah saya cek ping, PC1 bisa ngeping ke 10.10.10.1 ( ip eth2 ), asumsi saya karena sudah satu network antara eth2 dg ip VPN. jadi kedua network tersebut bisa terkoneksi.

nah waktu saya ng-ping ke ip 10.10.10.2, PC1 tidak dapat ng-ping ke 10.10.10.2, dengan kata lain tidak ada koneksi antara PC1 dengan PC yg memilik IP 10.10.10.2 .

menurut mas-mas, apa yang salah sehingga PC1 tidak bisa ngeping ke network 10.10.10.2

mohon pencerahannya mas smile

asslamualaikum wr.wb

saya ada kendala dengan mikrotik saya

topologi yg saya punya, lebih kurang seperti d bawah ini :
http://i1085.photobucket.com/albums/j430/bagegagega/topology.jpg

kendalanya:

eth1 dan eth2 tetap bisa terkoneksi walaupun beda jaringan. karena saya masih nubi dengan mikrotik jadi saya tidak tahu hal ini bisa terjadi di mikrotik. setelah saya tanyakan ke teman saya yang pernah ngotak- ngatik mikrotik . mereka menganjurkan untuk men drop ip 192.168.10.0/24 terhadap 10.10.10.0/24. setelah dilakukan, hasil ny tetap saja masih bisa terkoneksi.

sebenarnya yang dibutuhkan saat ini adalah eth1 dan eth2 tidak terkoneksi saat beda network. tp saat 1 network ttp bisa terkoneksi.

alasan saya membutuhkan hal ini, dikarenakan saya akan membuat server L2TP di mikrotik. sehingga di hasilkan topologi seperti dibawah ini..
http://i1085.photobucket.com/albums/j430/bagegagega/l2tpserver.jpg

yang saya mw tanyakan sama mas-mas yg lebih berpengalaman tentang masalah ini, apakah mungkin antara eth1 dan eth2 tidak terkoneksi bila beda jaringan...

mohon pencerahannya mas-mas smile

terimakasih

9

(5 replies, posted in VoIP)

@mas abdi

mungkin hal itu yg terjadi kalau saya mengganti mac address ny mas,

tapi yang saya pertanyakan saat ini , mungkin g dengan men-set mac address menjadi statis dapat menghindari dampak penyadapan pada VoIP??

mohon pencerahan ny mas abdi dan mas yang pernah mengalami hal seperti ini .. smile

10

(5 replies, posted in VoIP)

@mas abdi_wae

antara no 1 dg 2 mungkin bisa d katakn sama mas,
maksud dari posting saya ini karena saya tidak begitu mengerti tentang "mengapa mac address harus di ubah menjadi statis? "

makanya saya simpulkan sendiri:
mungkin dengan pengubahan isi tabel ARP mempengaruhi delay. itu hanya anggapan saya mas abdi.

terimakasih referensi ny mas. Tapi saat ini yang saya tidak mengutamakan sambungan pembicaraan ny mas, tapi saya bingung bagaimana mengatasi perekaman saat pembicaraan berlangsung, bisa d katakan klo ini ttg Sniffing mas.

mohon pencerahan ny mas abdi dan mas yang pernah mengalamai hal ini.

11

(5 replies, posted in VoIP)

mohon maaf sebelumnya, saya udh lancang mengangkat topic ini.

sebenarnya saya sedang dalam penelitian tentang pencegahan sniffing menggunakan cain abel.

dari informasi yang saya pernah baca, untuk mencegah perekaman pembicaraan dengan cain n able
1. ada sebagian yang nganjur kan saya untuk ganti mac address client.
2. lalu ada yg bilang dengan mengganti mac address menjadi statis.

dari ke dua hal yang di anjur kan, saya belum mencoba ke jaringan voip saya karena saya takut akan berpengaruh dengan delay pembicaraan pada voip yg saya punya.

mohon pencerahan ny mas-mas yang lebih berpengalaman tentang ini...