1,726

(25 replies, posted in Warnet)

Buat warnet mendingan beli PC bekas yang branded, harga miring udah ada lisensinya. Saya pake DELL GX-280 (P4 3.2 GHz/512 MB/40 GB/DVD + XP-Pro) cuma 2,1 jt.
XP-Pro kan harganya 1,4 jt-an, jadi PC-nya keitung cuma 700 rb. Murah kan?

1,727

(17 replies, posted in Warnet)

Tanya balik aja: Bolehkah Pol PP jam 1 dini hari keluyuran? smile

1,728

(27 replies, posted in Warnet)

Kayaknya kebanyakan terminal untuk browsing dan online games dibedain yah?

Warnet saya menggunakan speedy office untuk melayani 16 terminal. Semua terminal dapat digunakan untuk browsing atau online games. Terminal-terminal yang digunakan untuk game relatif tidak terganggu oleh aktifitas browsing yang dilakukan terminal lain. Bagaimana bisa?

Berikut ini adalah dasar pertimbangannya:
1. Kecepatan tinggi dibutuhkan oleh terminal game umumnya pada saat "loading" dan "patching", yaitu sekira 48-64 kbps, sementara pada waktu "running" kecepatan yang dibutuhkan adalah sekira 4-16 kbps. (Catatan: kebanyakan online game dapat dijalankan dengan kecepatan koneksi 56 kbps).

2. Dengan perkiraan jumlah terminal yang akan memulai game secara bersamaan adalah 4 buah maka kecepatan yang harus dialokasikan adalah sekira 192-256 kbps. Kecepatan sekira itu pada waktu "running" dapat melayani 16 terminal.

3. Kecepatan minimal yang dibutuhkan untuk browsing secara wajar adalah 8 kbps untuk setiap terminal. Jadi untuk 16 terminal dibutuhkan 128 kbps. Dengan pertimbangan bahwa pada waktu browsing pengguna akan menghabiskan waktu untuk membaca 3 kali lebih lama dari waktu pengambilan halaman web maka kecepatan yang terdistribusikan ke setiap terminal seakan menjadi 4 x 8 kbps = 32 kbps. Dengan bantuan proxy server, seperti squid, itu dapat dipercepat menjadi 2 x lipat. Dengan demikian, dengan mengalokasikan kecepatan sekira 128 kbps dan dengan bantuan proxy server, setiap terminal seolah-olah dapat dilayani dengan kecepatan 64 kbps.

4. Fasilitas lain yang bersifat memuat file berukuran besar, seperti mp3, video, program, dan lain-lain hanya diberikan sekadarnya saja. Namanya juga warnet, kalo mau koneksi yang cepat suruh pasang sendiri saja. smile

Berikut ini adalah trik sederhana yang dapat digunakan:
1. Lakukan inventarisasi alamat IP server-server game yang dipasang dan port-port yang digunakannya.

2. Tetapkan kecepatan 256 kbps dengan prioritas tinggi untuk mengakses langsung ke alamat dan port tersebut.

3. Tetapkan kecepatan 32 kbps dengan prioritas rendah untuk mengakses langsung alamat dan port selebihnya.

4. Tetapkan kecepatan 128 kbps dengan prioritas rendah khusus untuk squid box. Gunakan delay-pool untuk mengatur pendistribusian kecepatan dari squid ke terminal-terminal.

5. Tetapkan semua akses ke alamat dan port yang bukan ke server game harus melalui squid box. Jika tidak maka terminal tersebut akan dilayani secara minimum.

Dengan cara seperti tersebut di atas maka kecepatan koneksi sekira 384 kbps dapat melayani 16 terminal untuk browsing dan game secara bersamaan.

Mudah-mudahan dapat membantu. Selebihnya silahkan kotak-katik sendiri. smile

1,729

(4 replies, posted in Warnet)

warnet89_malang wrote:

ada yg pernah make n bs sharing g? klo aku mbayangin se ni (solusi ke2) cocok buat warnet, terbukti ada yg make juga, cmn apa bisa optimal, soal kadang 1 Client 1 PC aja g cukup bagus, palagi 1 PC dibagi misalnya 10 Komp?

Saya pake xTenda X-300 dari NComputing, 1 PC bisa jadi 7 terminal (PC itu sendiri + 6 terminal tambahan). PC induk pake Pentium Core 2 Duo 4 GHz dan RAM 2 GB. Jarak PC induk ke terminal maksimum 10 m.

Performa cukup bagus kalo hanya untuk digunakan sebagai terminal MS-Office, IE/Firefox, MIRC/YM, dan aplikasi-aplikasi yang tidak memerlukan DirectX atau megolah gambar, jadi jangan berharap dapat menjalankan aplikasi seperti PowerDVD, CorelDraw, PhotoShop, atau yang sejenis karena performanya akan menurun dengan drastis atau bahkan tidak dapat berjalan.

HAL MENGUNTUNGKAN alat ini adalah penggunaan daya yang relatif kecil, yaitu antara 3-5 wat saja, dan menghemat biaya pembelian software yang berbasis Windows.

HARGA? Gak murah-murah amat, per terminal 900 rb - 1 juta belum termasuk monitor.

UNTUK RENTAL KOMPUTER? Boleh lah. MS-Office dapat dijalankan dengan mulus di semua terminal.

UNTUK WARNET? Sebagai terminal internet alat ini menurut saya, kurang bagus karena kita tidak dapat mengontrol kecepatan koneksi internet terminal per terminal. Untuk terminal internet lebih baik pake P2/P3 200-500 MHz bekas (harganya < 500 rb) dengan Terminal Server. Buang hard disk dan floppy disk untuk menghemat daya. Kalo penggunaan daya ingin lebih hemat lagi, ganti prosesor dengan yang untuk notebook.

UNTUK ONLINE GAMES? Jangan mimpi.

MENGHEMAT DAYA? 1) Pake monitor LCD. 2) Matikan komputer kalo lagi gak dipake.

1,730

(22 replies, posted in Antenna)

kalit wrote:

haloo....
kang ono tau gak toko yang jual PCMCIA card yang WIFI merek Orinoco ataupun merek apa saja yang penting ada antena eksternalnya......?
tolong ya kang ono...ini penting sekali.....
klo bisa nama tokonya and nomor teleponnya......biar langsung di inden....
ato kang ono bisa bantu gak...cariin barang nya nanti ditransfer uangnya...
masalhanya udah dicari dimedan gak ada toko yang jual barang itu.....
thanks ya kang ono atas bantuannya.....

Mau yang second gak? Saya punya stok 2 Orinoco pcmcia dan 2 USB avaya (dalamnya avaya pcmcia). Avaya n Orinoco adik-kakak.:)