Topic: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

mohon petunjuk dari senior-senior yg telah berpengalaman untuk pemasangan tiang antena ketinggian 2 pipa yang baik dan benar. Rencananya untuk menyangga sebuah antena tipe Grid 2,4 GHz.
pertanyaan saya :
sebaiknya berapa dim ukuran pipa bagian bawah ?
bagaimana cara memasang kawat penegang pada tiang tersebut ?
bagaimana konstruksi landasannya ? perlukah dibuatkan cor beton seperti memasang tiang bendera ?

untuk sementara ini dulu deh, nanti pasti saya tanya lagi kalau belum jelas smile
Terima kasih.

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

2 pipa itu berapa meter mas?

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Kalau saya, pipa yg dipakai 1" dan  1 1/4". Pipa yg 1" (saya sebut pipa A) yg 1 1/4" (sy sebut pipa B).

Pada pipa B, 1 mtr dr ujungnya (nanti pd posisi diatas) sy lubangi tembus dgn bor ukuran sekitar 5mm.
Ujung atas pipa A sekitar 50cm (bagian atas) diberi klem dahulu spy pipa nanti tdk masuk seluruhnya ke dlm pipa B, dan pd bagian bawah diberi tanda (dgn cat atau apa saja) sekitar 1 mtr dr ujungnya.
Masukan pipa A kedalam pipa B seluruhnya sehingga tersisa 50 cm (krn ada klem yg terpasang). Kemudian pipa di dirikan pd posisi yg di kehendaki dan pipa B pd ujung atasnya diberi kawat spaner / sling pada 3 arah penjuru secara simetris ( 3 ini minimal, syukur bisa 4 penjuru lebih baik). Kencangkan dgn baik.

Kemudian pasang antena dan seluruh kelengkapannya pada pipa A yg masih tersembul 50 cm tadi, juga dipasang kawat spanernya.

Setelah beres, baru pipa A ditarik keatas (keluar dr pipa B) sampai ketemu/kelihatan tanda cat yg dibuat tadi, pada lubang 5 mm yg kita buat adalah tempat unt memasukan/memberi paku atau besi sbg penahan spy pipa A tidak mlorot turun kebawah dan diperkuat lagi pada sambungan pipa A dan B dgn klem. Kencangkan kawat spaner pd pipa A.

Beres dah.............
Yuk... dicoba

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Tambahan.
Kalau posisi ditanah tdk perlu dicor, cukup ditanam ditanah sekitar 30 cm, dibawah pipa yg akan ditanam diberi dasar/alas batu saj yg agak lebar 10cm x 10cm, kemudian diurug tanah. Tujuannya agar pipa tdk amblas ketanah, dan kalau pipa tsb terisi air (krn hujan) airnya bisa lgs terbuang ke tanah.

Tapi kalau mau di cor, pipa harus diberi lubang pd posisi diatas cor2-an, agar air yg masuk pipa bisa terbuang.
Mudah2 an bisa unt bahan pertimbangan.

Nuwun.

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Terima kasih mas Wheru, penjelasannya sangat detail dan lengkap. akan segera saya aplikasikan.  pertanyaan susulan dari saya :

bagaimana cara mengikat spanner/sling pada ujung pipa? apakah ada klem khusus? kalau ada fotonya akan sangat membantu, karena selama ini saya hanya tau cara mengikat spanner/sling pada bagian bawah yang menggunakan alat pengencang.

dari keterangan mas Wheru saya masih bingung tentang pointing antennanya. apakah tiang yg telah dipasangi spanner masih bisa diputar2 untuk ponting antenna? lalu jika sudah fixed arahnya apakah ada langkah untuk mengunci arahnya?

terima kasih.

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Yg saya biasa lakukan unt "pegangan" kawat spaner pada pipanya adalah dgn memasang klem pipa saja, atau ada bbrp teman membuat "kupingan" (cara di las) pd ujung pipa tsb unt mengkaitkan kawat.
Unt bagian bwh betul menggunakan pengencang kawat, dgn kekencangan yg biasa saja dlm arti bahwa fungsi spaner hanya unt menjaga keseimbangan pipa saja karena jika sdh berdiri tegak lurus, maka beban berat adalah di pipa tsb bukan di spaner.

Unt pointing, stlh pipa berdiri dan dispaner pipa B nya, saya akan naik keujung pipa B unt memasang semua peralatan AP out door nya sekalian arahkan (kira2 saja dahulu) ke posisi yg dituju, juga mengkaitkan sekalian spaner unt pipa A.
Kemudian naikan (angkat keluar pipa A dari pipa B) sampai batas cat yg kita tandai dst............. sampai kita psg paku/besi di lobang pipa B.

Cek lagi arah pointing antena secara pasti dgn melihat signal receive yg didapat. dgn cara memutar sedikit pipa A agar di dpt signal yg paling optimal.
Jika sdh ok, kunci posisi pipa A dan B dgn klem ( posisi besi klem melengkung yg ada bautnya mengenai pipa A dan besi klem yg datar/plat mengenai pipa B ).
Kemudian turun unt mengencangkan spaner pipa A.
Selesai.

Akan lebih enak / mudah jika dikerjakan 2 orang atau lebih.
Mudah2 an bisa tambah jelas. Kalau ada usul yg lain / lebih enak lagi, monggo kita saling berbagi ilmu.

Matur nuwun.

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Tambahan:
Jangan lupa ditambahkan penangkal petir.

wheru wrote:

Unt pointing, stlh pipa berdiri dan dispaner pipa B nya, saya akan naik keujung pipa B unt memasang semua peralatan AP out door nya sekalian arahkan (kira2 saja dahulu) ke posisi yg dituju, juga mengkaitkan sekalian spaner unt pipa A.

Wew...manjat tower monopole yang hanya berdiameter 1".....
Saya mah kaga dah..

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Yg dipanjat cuma yg 1 1/4"  (pipa bawah).
Tinggi pipa tuh juga cuma 6 mtr koq....??

Lagian pipa yg dipakai standar medium B atau mau yg paling bagus pake yg medium A (tapi konsekwensinya perlu tenaga lebih karena bobot pipanya lebih berat), jangan pake yg medium C bisa bengkok ntar pipanya (walau gak di panjat).

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Terima kasih mas Wheru, infonya sudah sangat detail dan runtun. kalau urusan standar pipa medium A, B, C kan bisa saya tanya saat beli pipa di toko besi terdekat smile
Sekali lagi terima kasih mas Wheru, semoga sumur ilmu anda yang saya timba hari ini sumber airnya makin jernih dan bermanfaat bagi banyak orang. amien

buat admin : saya usul topik ini di 'sticky' dong, karena saya rasa ini topik penting yg pasti dibutuhkan sebelum seseorang memutuskan untuk memilih tower triangle.
terima kasih.

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Amin.
Terima kasih kembali mas kojak

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

saya dukung deh untuk dapet 'sticky'..

saya sendiri masih make 1 pipa... 1" utk penyangga grid, blum berani nambah...
ada lagi 1 pipa 3/4" utk penyangga bullet2+omni...,
nambah ilmu neh....

tks om wheru & laennya

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Tuk mas kr15n4.

Saya tidak pernah mempergunakan pipa ukuran lebih kecil dari 1" .
1" adalah ukuran terkecil yg saya pakai unt pipa yg paling atas. Lebih kecil dr 1" pipa riskan melengkung juga ukuran klem unt meletakan peralatan AP outdoor nya sdh terlalu kecil .

Jadi sekali lagi saran saya, pipa yg paling atas adalah 1" atau 1 1/4". jangan lebih kecil dari 1".

Juga ada sedikit lagi saran dari saya mengenai kawat spaner nya. Jika memakai kawat biasa usahakan ukurannya yg sesuai dgn ketinggian pipa ( 1 pipa, 2 atau 3 pipa). Jadi pada intinya pakailah kawat tunggal, usahakan kawat spaner jangan dipilin  ( biasanya 2 kawat atau 3 kawat  dipilin  jadi 1 ). Karena kawat yg dipilin menjadikan kawat retak dan pori-pori kawat terbuka. Ini berakibat kawat cepat karatan efeknya ya tidak panjang umur dan lebih cepat minta diganti. Efek karatan cepat sekali terjadi bila lokasi di daerah pegunungan.Yang saya alami dlm waktu 4 bln bisa dikatakan kondisi kawat sudah menurun hingga 20%.

terimakasih rekan2 tuk responya, semoga bermanfaat.
Matur nuwun

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Boleh tahu  mas wheru,

misal pake 2 pipa ukuran 1" dan 1 1/4" kawatnya pakai ukuran berapa?

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Dengan posisi 3 spaner simetris masing2 pada pipa 1" dan 1 1/4", saya masih menggunakan kawat tunggal ukuran 2 mm.

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

wheru wrote:

Yg dipanjat cuma yg 1 1/4"  (pipa bawah).
Tinggi pipa tuh juga cuma 6 mtr koq....??

manjatnya gimana mas? pake tangga? ato langsung seperti orang panjat kelapa? smile

Kerjakan Hobimu, Orang akan Membayarmu

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Tiangnya perlu dikasih ijuk apa ga?   lol

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

tks om wheru...

brarti klo beli lagi yg lebih gedhe dari 1"...
sementara yg ada dulu, soale sudah kepake...

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Tiang dikasih ijuk buat apa mas micro ??

Saya belum pernah memakai bahan dan alat yg bernama "ijuk".  Mungkin mas micro punya pengalaman dgn ijuk dalam mendirikan pipa tiang antena, boleh nih bagi2 pengalamanya biar saya dan rekan2 yg lain bisa tahu fungsi dan kegunaan ijuk dalam mendirikan pipa antena..........

Mas piccolo_ijo
Dlm mendirikan pipa antena saya akan berusaha memilih dahulu posisi yg enak. Artinya kalau memungkinkan pipa yg paling bawah bisa menempel pd dinding / tembok. Jadi nanti kita naik aja ke tembok terus keujung pipa (gak usah manjat dr bwh).

Nah kalau mesti pajat pipa dr bawah, kita harus bikin alat buat manjat. Kalau saya bikinnya dr plat siku L panjang sekitar 35 - 40 cm kemudian bor ditengahnya dan diberi klem besi ukuran 1 3/4". Kalau mau agak mudah boleh pakai plat siku L yg lobang2 (biasa buat bikin rak) tapi pilih yg tebal. Bikin 3 atau 4 buah.

Cara naiknya, pasang alat tadi pd pipa setinggi anda berdiri dgn tangan keatas dan kencangkan baut klemnya. Lalu anda naik ke alat tadi, dan pasang alat yg kedua pd pipa dan posisikan setinggi anda berdiri dgn tangan keatas (spt yg di bwh td) lalu kencangkan. Kemudian anda naik naik kealat panjat yg  kedua, dan pasang  alat yg ketiga dst. Sampai posisi badan anda bisa berdiri nyaman untuk mengerjakan pekerjaan di pipa atas.

Jangan lupa pakai sabuk pengaman (spt di mobil itu lho .... biar safe). Jadi tangan bisa bebas bergerak / bekerja tapi tubuh aman terikat pd tiang.
Bagi yg tdk biasa saya sarankan hanya mendirikan tiang antena dgn 2 pipa saja (anda hanya akan naik sampai pd tiang pertama saja).

Diusahakan pakai 1" adalah saran saya saja koq. Kalau mas kr15n4 mau pakai 1" dan yg atas pakai 3/4" ya monggo saja. Hanya pertimbangannya sdh sy uraikan diatas.

Terima kasih, monggo kalau ada saran dan pengalaman dr rekan lain silahkan di bagi2, dan kalau ada kesalahan mohon saya di maafkan dan di betulkan.

Maturnuwun.

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Elektron (petir) sangat mudah berpindah ke permukaan logam yang yang lancip, maka dari itu penangkal petir terbuat dari logam dan lancip.

Kalau ijuk memang lancip-lancip tapi apa dia dapat menghantarkan listrik.

Hahhaahah.... lol

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Apa betul itu mas wijayakto, maksud mas micro pemakaian ijuk itu  dipergunakan unt penangkal petir ???
Mudah2 an tidak lah.
Saya sdh pikir2 dgn otk saya yg pas2 an ini koq rasanya gak masuk akal.

Tapi kalau betul, wah ... ilmu baru jadi pingin tahu nih.

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

@wheru: sekedar bagi-bagi pengalaman saya di kalsel sini.Tapi soal bener ga nya bisa jadi penangkal petir ga taw juga  big_smile, mungkin ada pengalaman dari rekan yang lain????

http://opensource.telkomspeedy.com/foru … p?id=10461   => ini kisahnya lol

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Ouww .. gitu

Sekedar usul nih, dari pada diberi ijuk yg kita blm tahu manfaatnya gimana kalau pas disambungan kedua pipa itu kita beri rumah2 an yg fungsinya sebagai sarang burung saja.
Jadi tu kalau ada keluarga burung yg blm punya rumah biar nempati sarang itu, mungkin bisa beranak pinak disitu. Jadi kita bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan alam sekitar.
Setuju ??

He he he...........

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Kan masih tetep dikasih ijuk, buat sarangnya. tongue

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

Kalau burungnya udah banyak,sikat ama booster 4watt, setara microwave,jadi ga perlu repot panggang segala lol

Re: Tanya : cara memasang tiang antena yg benar

wheru wrote:

Ouww .. gitu

Sekedar usul nih, dari pada diberi ijuk yg kita blm tahu manfaatnya gimana kalau pas disambungan kedua pipa itu kita beri rumah2 an yg fungsinya sebagai sarang burung saja.
Jadi tu kalau ada keluarga burung yg blm punya rumah biar nempati sarang itu, mungkin bisa beranak pinak disitu. Jadi kita bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan alam sekitar.
Setuju ??

He he he...........

itu namanya tameng hidup. pas kena petir, burungnya dulu yang hangus... he he he big_smile:D:D

Kerjakan Hobimu, Orang akan Membayarmu