Topic: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

Halo smuanya,

saya sudah cukup lama menggunakan Telkom Speedy paket Unlimited Kantor dgn kecepatan 1Mbps, dan selama menggunakan dari pertama berlangganan tidak ada masalah berarti, namun beberapa minggu terakhir ini mulai terasa performance / kecepatan nya mulai menurun; apalagi jika saya mencoba mendownload dgn menggunakan BitTorrent.

Saya sudah mencoba melakukan speed test di website Telkom Speedy, dan ternyata hasil download speed adalah 773kbps (96.6 KB/sec transfer rate), dengan catatan BitTorrent saya matikan dan semua akses komputer-komputer lain ke internet juga saya matikan terlebih dahulu sebelum menjalankan speed test tersebut. *note: hasil test saya cantumkan dibawah post ini*

Jujur, saya sudah sangat bosan dengan jawaban dari Customer Support Speedy (147) karena mereka hanya dapat memandu user menggunakan prosedur standard spt: apakah hasil ping bagus? apakah lampu modem menyala dgn baik? mungkin web site yg saya kunjungi sedang sibuk.. mungkin koneksi Speedy sedang penuh.. dsb.

Semua pertanyaan dasar mengenai jaringan tersebut yang sering dilontarkan Customer Support Speedy mungkin berguna bagi novice users atau pengguna Speedy yg gaptek, namun tidak buat advanced users seperti saya yang notabene adalah network administrator, sehingga saya sudah paham betul mengenai masalah yg berkaitan dengan komputer dan jaringan.

Segala sesuatu nya sudah saya check; saya sudah sampai memformat dan menginstall ulang komputer workstation tanpa menginstall software lain apa pun, hasil nya tetap sama: koneksi internet Speedy akan melambat ketika BitTorrent digunakan.

Apakah user lain ada yg mengalami hal serupa seperti ini?

Mohon kontribusi suaranya, sebab yg kita semua (Speedy users) takutkan adalah praktik bandwidth throttling oleh Telkom; yaitu pembatasan koneksi dan kecepatan internet terutama untuk penggunaan BitTorrent. Praktik seperti ini sudah pernah dilakukan oleh beberapa ISP (Internet Service Provider) terkemuka di negeri Amerika sana, dan sangat merugikan konsumen apalagi jika tidak diberitahukan sebelumnya.

Terima kasih telah membaca posting saya ini.

http://images.telkomspeedy.com/speedtest/125.163.189.44_25042010_122603.png

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

setahu saya tidak ada mas telkom atau ISP yang membatasi penggunaan yang spt mas maksud, speedy office kan unlimited (tidak terbatas), yang dimaksud unlimited itu penggunaan bandwidth tanpa batas waktu, tetapi ada pembatasan pada kecepatan bandwidth, bandwidth tersebut juga ada bagiannya yaitu bandwidth lokal dan internasional.

jika bandwidth lokal yang disediakan telkom adalah hampir dedicated, tapi kalau internasional bandwidth yang sudah ditentukan dishare lagi ke beberapa pengguna.

saya belum pernah dengar praktik bandwidth throttling apalagi di amrik karena webhosting yang kita kenal kebanyakan di amerika mas..

mohon koreksinya atau tambahan dari rekan² KIOSER sejati.. big_smile

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

yogii wrote:

saya belum pernah dengar praktik bandwidth throttling apalagi di amrik karena webhosting yang kita kenal kebanyakan di amerika mas..

pak yogii, atau lebih baik saya panggil mas yogii..?

Mungkin Anda belum mengetahui hal ini yaitu mengenai bandwidth throttling karena belum pernah menggunakan ataupun mengetahui tentang BitTorrent?

Bandwidth throttling sudah menjadi istilah yg cukup terkenal dikarenakan penggunaan BitTorrent yg semakin luas diseluruh dunia, bahkan sudah dimasukkan kedalam Wikipedia (link URL= http://en.wikipedia.org/wiki/Traffic_shaping).

Sedangkan praktik bandwidth throttling oleh ISP dan internet provider lainnya memang jarang menjadi tajuk berita utama, mungkin dikarenakan para ISP menyembunyikan praktik seperti ini dari mata umum/publik.
Sebab utamanya jelas; yaitu untuk menghindari tuntutan dari para konsumen/users/internet subscribers dari ISP yg bersangkutan. Karena bandwidth throttling biasanya tidak pernah disebutkan secara rinci dan disertakan dalam klausul/perjanjian kontrak berlangganan..

Beberapa tahun yg lalu praktik bandwidth throttling sempat menjadi berita yg hangat dibicarakan, terutama dikalangan para computer-geek dan pengguna BitTorrent, seperti yg dilansir oleh TorrentFreak (link URL= http://torrentfreak.com/comcast-throttl … ossible/).
Bahkan setelah Amerika, praktik bandwidth throttling mulai merembet ke Utara yaitu ke negara Kanada, dan salah satu ISP disana bahkan mengakui nya seperti yg dilansir oleh web-blog terkemuka: Ars Technica (link URL= http://arstechnica.com/old/content/2007 … -p2p.ars).

Jadi ya, bandwidth throttling memang ada dan dilakukan secara sembunyi2 oleh banyak ISP. Pertanyaan nya apakah Telkom Speedy juga melakukannya???

yogii wrote:

yang dimaksud unlimited itu penggunaan bandwidth tanpa batas waktu, tetapi ada pembatasan pada kecepatan bandwidth,

Saya bingung dimana letak kesalahan dari penjelasan saya sebelumnya, mungkin karena ada kata2 saya yg salahkah?

Oke lah, kalau begitu saya akan mencoba dengan memberikan contoh yg paling gampang, gamblang & nyata: saya mencoba download sebuah file yg berupa update terbaru dari software anti-virus terkenal, biasa kalo saya download dahulu kecepatan nya dapat mencapai hingga 90-100 KB/sec, namun belakangan ini hanya menjadi 8-10 KB/sec..!

Jadi praktik bandwidth throttling bukanlah melulu besaran bandwidth, namun kecepatannya lah yg menjadi masalah. Waktu yg saya habiskan untuk mendownload sebuah file sekarang membengkak menjadi jauh lebih lama, dan yg menjadi pertanyaan saya adalah: mengapa sekarang jadi berubah???

Terima kasih sudah memberikan response dan membaca posting ini.

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

hehe... begitu rupanya ya mas.. big_smile, ketinggalan info saya..

saya penasaran, saya masih kurang mengerti dengan ini,

kilimanjaro wrote:

biasa kalo saya download dahulu kecepatan nya dapat mencapai hingga 90-100 KB/sec, namun belakangan ini hanya menjadi 8-10 KB/sec..!

apa proses download pertama kali kecepatannya 90-100KB/sec atau dari kecepatan 90-100KB/sec menurun ke 8-10KB/sec??

mungkin ini ada hubungannya dengan besar jalur bandwidth ke internasional yang disahre atau mungkin pembatasan download yang berformat .torrent.

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

@kilimanjaro
Bittorent clientnya apa ? udah coba ganti port nya blon ?
terus status di clientnya apa ? (port nya keblock ato engga)
udah test "enable DHT" blon ?

beberapa kemungkinan :
1. Connection ke tracker nya ada masalah (trackernya down ato trackernya yang emang diblok dsb)
2. koneksi upload Seeder-nya yang emang lambat  (test download torrent yang seedernya lebih dari 100 dapet speed koneksi sama ato engga)

@Yogi
dari yang gw alamin, torrent justru yang paling lancar, walopun traffic lagi padet, secara dia bisa multiple connection, jadi download itu dapetnya lebih cepet daripada directdownload
yang gw rasain sih begitu yah.

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

coba torrent cari yang dari negara lain seeder-nya.
sapa tahu memang traffic speedy ke negara itu pas sibuk (sering sibuk malah....)

contoh speedy gw. kalo torrenting dari EU lambat POL. kalo torrenting dari JP wuzwuzz

"saat suatu kejadian berhenti diberitakan, masyarakat akan melupakannya"

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

slyphnier wrote:

@kilimanjaro
Bittorent clientnya apa ? udah coba ganti port nya blon ?
terus status di clientnya apa ? (port nya keblock ato engga)
udah test "enable DHT" blon ?

beberapa kemungkinan :
1. Connection ke tracker nya ada masalah (trackernya down ato trackernya yang emang diblok dsb)
2. koneksi upload Seeder-nya yang emang lambat  (test download torrent yang seedernya lebih dari 100 dapet speed koneksi sama ato engga)

moreuse wrote:

coba torrent cari yang dari negara lain seeder-nya.
sapa tahu memang traffic speedy ke negara itu pas sibuk (sering sibuk malah....)

@all:

Clientnya pakai BitComet. Port ok, DHT connected, TCP/IP HO-Limit 50; tidak ada masalah.
Sudah jalan lebih dari setahun, kecepatan normal download di 80kbps dan upload memang selalu dibatasin di kecepatan 8kbps.
Trackers-nya selalu populer (seeders > 100) dan baru2 semua (max seminggu-an sejak posted).

AFAIK, tracker buat torrent tidak berpengaruh diambil dari negara mana; yang berpengaruh
adalah clientnya (yang berpotensi jadi seeder) dari negara mana. Misalnya kalo ada torrent dari Jepang yang tidak populer di Jepang tapi populer di Eropa dan notabene client dari Eropa banyak, maka peers di Eropa atau peers dengan routing terdekat ke Eropa lebih cepat dari peers di negara asal tracker tersebut.

Maaf melenceng sedikit dari permasalahan, saya ingin kembali ke topik dan ingin menjelaskan
lebih detail keluhan saya.

Fakta 1:
Sejak berlangganan Speedy tanggal X (>1thn) dengan paket seharga (+/-) 700 ribu/ bulan, kecepatan download adalah konsisten, siang/malam, berkisar 80-100kbps. Ini dilihat dari:
1. download dengan protokol torrent
2. download dengan protokol http, via rapidshare dan hotfile
3. download dengan protokol ftp
Saya yakin kalau Telkom punya sejarah download/upload per-client, dapat dilihat average download saya perhari yang konsisten. Company punya file server untuk keperluan d/l dan u/l 24jam.

Fakta 2:
Sejak hari Jumat 23 April 2010 sampai hari ini, kecepatan berkurang drastis menjadi avg 2-5kbps untuk protokol http dan 10-20kbps untuk torrent. Saya langsung melakukan proses eliminasi masalah, juga mencoba beberapa sumber download lainnya untuk torrent dan http tetapi tidak ada solusi pada kecepatan untuk download dan upload, tetap lambat. Beberapa situs juga susah dibuka, karena lambat sekali.

Fakta 3:
Saya mencoba begadang dan memantau proses download. Pada tengah malam kecepatan mulai bertambah dan setelah sampai jam 2 pagi, kecepatan download dan upload kembali normal. Catatan di sini,  saya anggap normal pada 80-100kbps download dan 8kbps upload (restricted intentionally), karena memang itu paket Speedy yang saya ambil. Setelah jam 7 pagi, kecepatan kembali melambat.

Teori:
Telkom bisa membatasi bandwidth d/l dan u/l pada beberapa situs (seperti rapidshare, hotfile atau megaupload) dan membuka bandwidth pada malam hari. Ini menjelaskan mengapa download/upload yang saya coba untuk rapidshare dan hotfile melambat. Telkom juga bisa membatasi beberapa tracker torrent berdasarkan class-D IP, yang membatasi berdasarkan hosting groups.
Ini juga masuk akal karena pada Fakta 2 kecepatan torrent lebih baik dari http diakibatkan karena download/upload torrent berdasarkan pada clientnya (otomatis IPnya dari banyak asal dan acak).

Jika memang terjadi pembatasan partial bandwidth d/l dan u/l (partial karena tidak 24jam) maka jelas saya keberatan dengan paket yang saya ambil (+/-) 700 ribu/bulan. Misalnya, anggap pembatasan terjadi dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam, dan open pada jam 12 malam sampai jam 6 pagi; logikanya, 1/4 adalah normal dan 3/4 adalah bandwidth throttling. Jelas ada rasa tidak rela untuk membayar dengan biaya yang sama, 4/4.

Beberapa hal yang tidak bisa saya cek dan buktikan adalah:
- Perbaikan jaringan di Telkom (kabel, loacl-server, routing, dll) yang dilakukan siang hari.
  Namun saya ragu karena hari Sabtu dan Minggu siang juga lambat.
- Kalau memang Telkom melakukan bandwidth-throttling, mereka tidak (belum) mengakuinya.
  Tapi hal ini bisa juga karena kesalahan setting (human error) atau perubahan hardware/software di Telkom yang mengakibatkan resetting yang salah atau tidak disengaja.


Saya mengharapkan perhatian Telkom untuk keluhan saya, dan juga mungkin pendapat teman2 di sini yang juga mengalami hal ini.

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

@moreuse
torrent mah yang penting seeder...ga pengaruh tuh torrent darimana
kalo dari jpn ceped, itu mah gara2 seedernya ajah yang punya connection upload kenceng (secara di jpn pada pake fibreoptics yah ga aneh)
gw download darimana ajah kenceng2 ajah tuh as long seedernya banyak

@kilimanjaro
kalo dibatesin sih torrent sampe detail gitu gw ga tau juga... cuman emang hotfile.megaupload.rapid kayanya di throttling sama telkom, pagi ini sempet diopen/reset kayanya, download super kenceng dari site2 itu

seperti yang gw bilang, kalo telkom ngebatesinnya dari tracker percuma, lah masih bisa dapet peer dari DHT kok.. kalo di limit dari ip.. gw rasa tuh telkom bakalan cape sendiri monitoring ip2 torrent
and kaya yang gw bilang, speed torrent itu ditentuin dari quality speed seeder bukan tracker
tracker mah cuman ngasih info peer doank
yang mungkin dibatesin itu upload rate loe, coba upload rate loe dapetnya berapa
ngetest telkom ngelimit user loe ato engga gampang sih
loe coba speedtest ajah, ke daerah international yang deket2, dapetnya berapa (secara speedtest kan ga pernah di limit) kalo misal dapetnya kecil, yah berarti trafficnya lagi full
loe complain speedy nya lambat
kalo misal speedtest bisa dapet kenceng, tapi internet download loe kayanya dilimit, yah loe coba dulu ganti settingan (port target diganti, lupa gw bitcomet bisa ganti port ato engga, gw pake utorrent skrg) kalo masih leled juga loe liad, complain ke telkom bilang masalah koneksi mana yang lambat, smoga dibantu sama telkom
cek juga sejarah pemakean internet loe... kalo dalem sebulan total download loe 100GB lebih yah mungkin udah automatis, user lebih 100GB di limit bandwith IX nya
gw sampe hari ini blon ada masalah sama torrent sih

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

slyphnier wrote:

yang mungkin dibatesin itu upload rate loe, coba upload rate loe dapetnya berapa ngetest telkom ngelimit user loe ato engga gampang sih
loe coba speedtest ajah, ke daerah international yang deket2, dapetnya berapa (secara speedtest kan ga pernah di limit) kalo misal dapetnya kecil, yah berarti trafficnya lagi full
loe complain speedy nya lambat

Saya jadi bingung tujuh keliling, kenapa jadi upload rate yg dibahas?!?

slyphnier wrote:

kalo telkom ngebatesinnya dari tracker percuma, lah masih bisa dapet peer dari DHT kok.. kalo di limit dari ip.. gw rasa tuh telkom bakalan cape sendiri monitoring ip2 torrent

Bukan masalah cape sendiri atau tidak, tapi memang betul dilakukan dgn cara ini tidak? Anda meremehkan kegigihan seorang network administrator kalau begitu, karena saya pernah kenal seorang admin jaringan yg niat sekali melakukan access restrictions dgn menggunakan IP address.

slyphnier wrote:

and kaya yang gw bilang, speed torrent itu ditentuin dari quality speed seeder bukan tracker tracker mah cuman ngasih info peer doank

Lho.., saya sudah paham betul koq cara kerja BitTorrent, seperti yg sudah saya jelaskan secara singkat tapi jelas di posting saya sebelumnya.

slyphnier wrote:

kalo misal speedtest bisa dapet kenceng, tapi internet download loe kayanya dilimit, yah loe coba dulu ganti settingan (port target diganti, lupa gw bitcomet bisa ganti port ato engga, gw pake utorrent skrg)

Saya sudah coba hal-hal seperti yang Anda sebutkan (tweaking settings and possible problems on the software or OS even). Untuk siang hari semua usaha saya percuma, bandwidth u/l dan d/l tetap lambat. Dan sesuai Fakta 3, malam hari normal. *baca posting saya sebelumnya*
(In fact, saat message post ini saya ketik -setelah tengah malam saya sedang mendownload sebuah file dari rapidshare dengan kecepatan 88KB/s).

slyphnier wrote:

cek juga sejarah pemakean internet loe... kalo dalem sebulan total download loe 100GB lebih yah mungkin udah automatis, user lebih 100GB di limit bandwith IX nya

Kan saya sudah bilang dari awal posting kalau saya mengambil paket Speedy yg Office Unlimited (skrg diganti menjadi paket Executive), jadi seharusnya tidak dilimit setelah over 100GB. Begitu kata2 dan janji dari Telkom...

PS: bisa minta tolong untuk tidak menggunakan "loe" dan "gw"..? Maklum mungkin karena saya sudah ada umur, telinga jadi gatal kalau mendengar panggilan gaul spt itu..

Ngomong2, dimana ya bpk. Dr. Onno W Purbo? Saya coba liat2 thread post lain kliatannya beliau sudah jarang muncul lagi.?

10 (edited by kingbonsu 08-05-2010 20:46:43)

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

pak kilimanjaro, saya juga merasa bingung dengan telkom speedy akhir2 ini.

Apakah user lain ada yg mengalami hal serupa seperti ini?

Respond: hal serupa terjadi pada speedy saya juga, paket 1mbps

Oke lah, kalau begitu saya akan mencoba dengan memberikan contoh yg paling gampang, gamblang & nyata: saya mencoba download sebuah file yg berupa update terbaru dari software anti-virus terkenal, biasa kalo saya download dahulu kecepatan nya dapat mencapai hingga 90-100 KB/sec, namun belakangan ini hanya menjadi 8-10 KB/sec..!

Respond: yup... saya juga mengalami hal serupa, saya memakai antivirus bit defender 2010 dari akhir taun 2009, setiap kali update itu selalu bisa tembus 90-110KB/sec, tapi belakangan ini cuman 10-15KB/sec paling cepat... hal serupa terjadi bila saya mendownload file menggunakan IDM (internet download manager). saya baru format pc, reinstall antivirus, update 54Mb butuh waktu approx. 4,5 jam..... saya cancel, saya download pagi hari dengan speed 100KB/sec.

Fakta 2:
Sejak hari Jumat 23 April 2010 sampai hari ini, kecepatan berkurang drastis menjadi avg 2-5kbps untuk protokol http dan 10-20kbps untuk torrent. Saya langsung melakukan proses eliminasi masalah, juga mencoba beberapa sumber download lainnya untuk torrent dan http tetapi tidak ada solusi pada kecepatan untuk download dan upload, tetap lambat. Beberapa situs juga susah dibuka, karena lambat sekali.

respond: situs internasional kan? saya punya addon bitmeter pada komputer saya, dan saya selalu mengawasi trafik download dan upload. example : youtube, facebook kadang2 DNS nya error, dll.

Fakta 3:
Saya mencoba begadang dan memantau proses download. Pada tengah malam kecepatan mulai bertambah dan setelah sampai jam 2 pagi, kecepatan download dan upload kembali normal. Catatan di sini,  saya anggap normal pada 80-100kbps download dan 8kbps upload (restricted intentionally), karena memang itu paket Speedy yang saya ambil. Setelah jam 7 pagi, kecepatan kembali melambat.

respond: saya juga melakukan test yang sama. malam hari setelah lewat jam 12 saya bisa dapet speed 100KB/sec lagi, update antivirus, download torrent, download file menggunakan IDM, youtube video streaming juga. sampai jam 8-9 pagi lalu speed turun drastis... sperti koneksi dial up.

Jika memang terjadi pembatasan partial bandwidth d/l dan u/l (partial karena tidak 24jam) maka jelas saya keberatan dengan paket yang saya ambil (+/-) 700 ribu/bulan. Misalnya, anggap pembatasan terjadi dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam, dan open pada jam 12 malam sampai jam 6 pagi; logikanya, 1/4 adalah normal dan 3/4 adalah bandwidth throttling. Jelas ada rasa tidak rela untuk membayar dengan biaya yang sama, 4/4.

respond: saya mulai merasa tertipu dengan paket speedy 1mbps, saya bayar 645 ribu + ppn 700rb. tapi tidak mendapatkan layanan yang sesuai, ini seperti menggunakan paket socialia / load cuman unlimited...

test local.. tidak pernah ada masalah sama sekali.
http://www.speedtest.net/result/807985479.png

test internasional... saya ga tau mo bilang apa lagi.. kalau memang ada masalah di jaringan internasional speedy ya, harusnya open lah ke konsumen. bikin news ato pemberitahuan lah.
PS:Kan saya sudah bilang dari awal posting kalau saya mengambil paket Speedy yg Office Unlimited (skrg diganti menjadi paket Executive), jadi seharusnya tidak dilimit setelah over 100GB. Begitu kata2 dan janji dari Telkom... <==== janji guombal
http://www.speedtest.net/result/807990190.png

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

1. spedol internasional down / sering gangguan
2. jumlah seed dikit.
3. coba download diatas jam 12malem sampai jam 6 pagi, khususnya hari kerja

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

selaen bandwith yang dibatasin, kemungkinan yang lebih besar itu connection IX speedynya udah udah pol abis, jadi yang tentu ajah bittorent jadi lambat
sampe hari ini bittorent di gw ga ada problem, emang per-torrent downloadnya turun... yang harusnya bisa fullspeed di 1 torrent, skrg ga bisa ... pertorrent 50-80kbps lah, tergantung seedernya juga, kalo seedernya kenceng, masih bisa dapet fullspeed jg
tapi kalo gw run 2-3 torrent, masih bisa dapet full bandwith

@kingbonsu
emang ngerasa dilimit setelah pake bandwith 100gb yah ?

@nzserve
yang gw rasain sih, seed banyak juga speednya emang turun akhir2 ini
cuman daripada download direct tetep lebih ceped torrent

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

slyphnier wrote:

selaen bandwith yang dibatasin, kemungkinan yang lebih besar itu connection IX speedynya udah udah pol abis, jadi yang tentu ajah bittorent jadi lambat
sampe hari ini bittorent di gw ga ada problem, emang per-torrent downloadnya turun... yang harusnya bisa fullspeed di 1 torrent, skrg ga bisa ... pertorrent 50-80kbps lah, tergantung seedernya juga, kalo seedernya kenceng, masih bisa dapet fullspeed jg
tapi kalo gw run 2-3 torrent, masih bisa dapet full bandwith

@kingbonsu
emang ngerasa dilimit setelah pake bandwith 100gb yah ?

@nzserve
yang gw rasain sih, seed banyak juga speednya emang turun akhir2 ini
cuman daripada download direct tetep lebih ceped torrent

saya pake paket yg 1mbps unlimited, jadi seharusnya 100gb download juga ngga masalah. yang jadi masalah sih koneksi internasional, browsing lama, download direct juga lama, yang saya bingung, ini paket 1mbps, 2mbps, 3mbps (ya saya tau ada "up to 1mbps") tapi hari sabtu, minggu juga ngga ngaruh, jadi saya rasa ini di limit habis2an. paket 1mbps kaya dial up aja ini mah, bayar 645rb + ppn tapi speed hampir mirip kaya paket socialia....

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

kemungkinan yah
kan tiap user di set per paket... nah buat international connection juga diset demikian...
yang jadi masalah bandwith internationalnya ga memenuhi kebutuhan user (kelebihan beban)
misal 100 user paket 1mb... bandwith internationalnya disediain cuman 50mb

itu aja kalo pemikiran diset per paket... kemungkinan, pake 1mb/2mb/3mb diganbung semua bandwith internationalnya, gimana ga rebutan tuh
jadi akhir2 ini sie yang gw rasain gitu bro, rebutan...

yang keimbasnya yang game-online latency pasti kacau, secara bandwith gateway udah peak,
yang download biasa juga speed turun (termasuk streaming)
kalo torrent sih kan multiple peer, jadi yah biar pelan dapet bandwithnya dari peer banyak yah bisa dapet speed yang better...
benernya ini yang makan bandwith gede sih, apalagi kalo usernya ga tau setting yang tepat... blon user2 yang kena virus/trojan yang makanin bandwith juga
yah udah deh koneksi kacau deh
tapi bukan berarti gara2 torrent/trojan jadi leled koneksinya, buktinya beberapa bulan yang lalu ga ada masalah, lagian kan udah dibatesin peruser max speednya, ditambah koneksi lokal yang baik2 saja

jadi kesimpulannya... bandwith international speedy yang udah overload...
user ditambah terus tiap ari... bandwith international blon blon
sama kaya PLN... kalo udah kepepet/kepenuhan baru ditambahin bukannya sebelon penuh ditambahn wakakakka (soal PLN ngutip dari : http://www.detikfinance.com/read/2010/0 … h-kepepet)

ini koneksi pagi ini lancar... sampe jem 9an pol di jem 10an pasti udah deh gameonline nya lag lagi...

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

ini hari minggu, mas... setau saya hari minggu/sabtu tuh ngga pernah sampe jaringan internasional full. masih pagi pula, kemungkinan pada masih tidur. masa udah di limit2? anehnya disitu saya. dan setau saya... buat maen game online ngga butuh bandwith gede2, yang perlu tuh ping yg bagus ke game servernya. (khususnya game server internasional)

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

kalo dari yang saya rasain sih yah, emang torrent saya juga ada penurunan, biasanya yang darimana juga fullspeed, skrg beberapa torrent ajah yang bisa fullspeed
tapi yah buat saya sendiri sih belum ngerasa terganggu secara hari kerja jam 12-5 sore masih bisa dapet 100kbps+ (maksa sih ini, download 3 ato lebih torrent, kalo satu torrent doank ga mungkin bisa dapet 100kbps in total heheehe)

kalo misal sama speedynya dilimit2, torrent masih bisa diakalin sih biasanya yah... ya ga tau juga speedy ngelimit gimana, rahasia speedy dah koneksi kita diapain, yang pasti user ngerasaa bandwithnya turun

buat torrentnya coba ganti port nya (ato di set randomize setiap start) . pake connection DHT network . sama Protocol Encryptionnya di set ON
ditambah network tweaking, tweak2nya bisa dicari di speedguide.net, mao gampang download and install ajah tcp/ip optimizernya
smoga membantu ^^

kalo soal game-online, makanya gameonline saya bilang juga kena imbas, karena traffic yang padet/full pasti bikin latency naek.
Pagi2 bisa dapet 300ms ... mulai dari jem 10 tiba2 langsung naek jadi 800ms kan aneh tuh... (catatan: kalo lagi maen gameonline, koneksi semua buat itu gameonline doank)
gw sih lapor terus ajah ke speedy... sampe bener hehehe

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

slyphnier wrote:

kalo dari yang saya rasain sih yah, emang torrent saya juga ada penurunan, biasanya yang darimana juga fullspeed, skrg beberapa torrent ajah yang bisa fullspeed
tapi yah buat saya sendiri sih belum ngerasa terganggu secara hari kerja jam 12-5 sore masih bisa dapet 100kbps+ (maksa sih ini, download 3 ato lebih torrent, kalo satu torrent doank ga mungkin bisa dapet 100kbps in total heheehe)

kalo misal sama speedynya dilimit2, torrent masih bisa diakalin sih biasanya yah... ya ga tau juga speedy ngelimit gimana, rahasia speedy dah koneksi kita diapain, yang pasti user ngerasaa bandwithnya turun

buat torrentnya coba ganti port nya (ato di set randomize setiap start) . pake connection DHT network . sama Protocol Encryptionnya di set ON
ditambah network tweaking, tweak2nya bisa dicari di speedguide.net, mao gampang download and install ajah tcp/ip optimizernya
smoga membantu ^^

kalo soal game-online, makanya gameonline saya bilang juga kena imbas, karena traffic yang padet/full pasti bikin latency naek.
Pagi2 bisa dapet 300ms ... mulai dari jem 10 tiba2 langsung naek jadi 800ms kan aneh tuh... (catatan: kalo lagi maen gameonline, koneksi semua buat itu gameonline doank)
gw sih lapor terus ajah ke speedy... sampe bener hehehe

bisa coba liat traceroute ke game servernya? saya cuman iseng pengen tau itu trace route masih lewat singtel apa ngga untuk backbone internasionalnya...

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

buat server info nya http://www.robtex.com/dns/gamepotusa.com.html#records
ip servernya 64.245.124.*

hasil dari traceroute beberapa hari yang lalu
hasil tracert ke ip 64.254.124.196

2  134 ms  48 ms  44 ms 1.static.118.astinet.telkom.net.id [ip difilter for security]
3  21 ms  22 ms  23 ms 125.160.1.249
4  350 ms  351 ms  351 ms p16-1-1-3.r02.sngpsi02.sg.bb.gin.ntt.net [129.25
0.10.65]
5  327 ms  332 ms  314 ms p64-4-1-2.r21.tokyjp01.jp.bb.gin.ntt.net [129.25
0.6.21]
6  343 ms  340 ms  344 ms ae-3.r21.osakjp01.jp.bb.gin.ntt.net [129.250.4.2
14]
7  337 ms   *   335 ms as-1.r21.snjsca04.us.bb.gin.ntt.net [129.250.3.1
97]
8  375 ms   *   335 ms equinixexchange.ir1.sanjose-ca.us.xo.net [206.22
3.116.85]
9  336 ms  336 ms  337 ms vb2000d1.rar3.sanjose-ca.us.xo.net [207.88.13.98
]
10  487 ms  493 ms  489 ms 207.88.14.98.ptr.us.xo.net [207.88.14.98]
11  476 ms  473 ms  463 ms 207.88.186.158.ptr.us.xo.net [207.88.186.158]
12   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
13   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
14   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
15   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
16   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
17   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
18   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
19   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
20   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
21   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
22   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
23   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
24   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
25   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
26   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
27   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
28   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
29   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
30   *    *    *   è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。

トレースを完了㠗㠾㠗㠟。

itu timeout dari hop 12 saya rasa emang diset server nya begitu buat security
server gamenya jg ga terima ping kok

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

dari hop ke 1-2 aja bisa di liat itu udah ada yang ngga bener.
dan itu astinet.. kayanya udah ngga lewat singtel lagi.

ngiri nih.. negeri impian spoiler dr temenku di UPenn
http://www.speedtest.net/result/808598734.png
dia sampe ketawa masa sih masih ada koneksi internet dibawah 1mbps.
mau di test internasional juga masih bagus
http://www.speedtest.net/result/808599464.png

wkwkwkwk

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

kingbonsu wrote:

dari hop ke 1-2 aja bisa di liat itu udah ada yang ngga bener.
dan itu astinet.. kayanya udah ngga lewat singtel lagi.

ngiri nih.. negeri impian spoiler dr temenku di UPenn
http://www.speedtest.net/result/808598734.png
dia sampe ketawa masa sih masih ada koneksi internet dibawah 1mbps.
mau di test internasional juga masih bagus
http://www.speedtest.net/result/808599464.png

wkwkwkwk

coba aja pemerintah kita ini peduli dengan Teknologi Informasi, pasti internet di indonesia merdeka ini kenceng, tp yang terjadi, korupsi dibudidayakan dan hukuman yang kurang tegas, msak korupsi 6 milyar hukumannya sama kayak hukuman maling ayam, padahal menurut saya indonesia mampu untuk menyamai bandwidth² luar.

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

@kilimanjaro : screenshoot nya dongk, saya pengen liat,,,

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

@kingbonsu
hop 2 sengaja gw edit buat security, kan gw tulis diatas, sengaja hasil tracert hop 2 buat security
kalo hasil hop 1 mah ga usah ditanya... <1 ms lah kekekee
kayanya kemaren waktu copy paste... hop ke 1nya kaga ke copy kayanya
neh hasil tracert hari ini... kayanya ada yang dirobah sama speedy... berasa sih pagi2 mayan ok buat gameonline... ping bisa dibawah 400ms

  1    <1 ms    <1 ms    <1 ms  192.168.1.1
  2   119 ms    57 ms    57 ms  1.static.118.astinet.telkom.net.id [ip diedit buat security]
  3    26 ms    40 ms    58 ms  125.160.1.249
  4   361 ms   357 ms   369 ms  p16-1-1-3.r02.sngpsi02.sg.bb.gin.ntt.net [129.250.10.65]
  5   324 ms   366 ms   341 ms  p64-4-1-2.r21.tokyjp01.jp.bb.gin.ntt.net [129.250.6.21]
  6   371 ms   335 ms   358 ms  as-2.r21.snjsca04.us.bb.gin.ntt.net [129.250.5.81]
  7   351 ms   326 ms   385 ms  ae-2.r07.snjsca04.us.bb.gin.ntt.net [129.250.5.57]
  8   396 ms   414 ms   339 ms  xe-11-1-0.edge1.SanJose3.level3.net [4.68.111.189]
  9   342 ms   332 ms   326 ms  vlan99.csw4.SanJose1.Level3.net [4.68.18.254]
10   512 ms   473 ms   380 ms  ae-94-94.ebr4.SanJose1.Level3.net [4.69.134.253]
11   375 ms   387 ms   418 ms  ae-2-2.ebr4.NewYork1.Level3.net [4.69.135.186]
12   368 ms   408 ms   301 ms  ae-84-84.csw3.NewYork1.Level3.net [4.69.134.122]
13   308 ms   317 ms   317 ms  ae-34-89.car4.NewYork1.Level3.net [4.68.16.134]
14   305 ms   304 ms   305 ms  level3-upc-us-nyc01a-rd1-gige-5-0.aorta.net [64.158.176.142]
15     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
16     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
17     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
18     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
19     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
20     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
21     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
22     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
23     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
24     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
25     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
26     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
27     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
28     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
29     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。
30     *        *        *     è¦ 求㠌タイムアウト㠗㠾㠗㠟。


yah sama lah, gw juga pernah ngerasain fibreoptics speed...
download torrent 2mb / sec .... 1gb cuman 10menit-an doank
kalo dirupiah perbulan cuman bayar 600rebu doank

@yogii
ga tau bener ato engga, cuman temen gw katanya pernah denger rumor dulu korea katanya mao investasi di indonesia and bikin jaringan fibreoptics tapi ditolak ... ga tau bener ato engga
takut bangkrut kali telkomnya wakakaka

23 (edited by nzserve 10-05-2010 00:21:41)

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

@slyphnier + yogii
1. bukanya takut, tapi sudah bangkrut.
2. bukanya di tolak tapi investor males, krn kenak politik, pajak yang tinggi, pembagian saham, pungutan di mana2, belum sempat louncing, udah habis tuh dana.
3. fiberoptik? andaikan ada n murah pasti dah pindah...buat aja proposal n kirim ke google ^_^ pasti dah, kalau di terima IT yang untung banget...hehe
4. pemerintah tidak peduli? bener baget tuh, kalau dari pribadi, mereka itu takut akan IT, padahal IT yang bisa membuat negara maju loh, contoh USA, Rusia, dsb...tul dak?

Tambahan:
mereka tidak akan bergerak bila tidak ada yang melopori, bila ada yang melopori maka terjadi revolusi

sekedar info, materi cari sendiri:
1. pernah google di **** pada lembar utamanya, sehingga google merubah halaman utama + scurity nya, "~Peace~"
2. pernah terjadi revolusi di dunia telekomunikasi ind pada tahun 2005-sampai sekarang, dimana para pemengang hp dak isa konek sama sekali selama 2 hari (lebih) + sinyal tv pada burek semua, gara ****, sehingga para dev me-maintenace servernya + harga pulsa pada turun semua, "~Peace~" => pernah dibahas di forum tetangga (kalau dak dihapus)...

nah sekarang tinggal siapa yang mau + berani melopori tuh
(resiko tanggung sendiri "~Peace~")..

@moderator
Maaf...hanya sekedar share saja

24 (edited by yogii 10-05-2010 00:43:05)

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

nzserve wrote:

@slyphnier + yogii

4. pemerintah tidak peduli? bener baget tuh, kalau dari pribadi, mereka itu takut akan IT, padahal IT yang bisa membuat negara maju loh, contoh USA, Rusia, dsb...tul dak?

Tambahan:
mereka tidak akan bergerak bila tidak ada yang melopori, bila ada yang melopori maka terjadi revolusi

Betul sekali mas nzserve, lihat negara maju, sistem pertahanan kuat, ada yang masuk ke daerah teritorial mereka bisa kedetek disistem, kalau indo, patroli baru ketahuan, hahaha.. dan juga negara maju mungkin sistemnya sudah diatur komputer, kalau indonesia tercinta ini, masih manual hahaha,, makanya masih ada kesempatan korupsi..

nzserve wrote:

nah sekarang tinggal siapa yang mau + berani melopori tuh
(resiko tanggung sendiri "~Peace~")..

sptnya jaman sekarang ga masalah mas jika rakyat indo kompak, karena berbicara politik sekarang bebas (sesuai sistem pemerintahan yang demokrasi).

nzserve wrote:

@moderator
Maaf...hanya sekedar share saja

ya pak moderator, sekedar share dan menyemangatkan para pejuang IT kita untuk semakin maju.. big_smile

Re: Telkom Speedy membatasi penggunaan BitTorrent?!?

internet bukan buat pertahanan ajah (emang banyak denger sih cyber-army yang lebih aktif daripada tentara beneran)
tapi internet udah sarana/kebutuhan sehari2, dimana internet bisa menggantikan televisi/koran dalam berita dalam dan luar negeri....dsbnya

di jepang bisa ada network/monitoring kaya begini
http://sonotaco.jp/main.php
http://hp.vector.co.jp/authors/VA034934 … index.html
mungkin ga ada hubungan banyak sama internet speed, tapi termasuk salah satu penggunaan internet