Topic: Petunjuk Bertanya dan Pembuatan Tutorial - Penting, Mohon Dibaca dulu.

Assalamu'alaikum wr. wb. smile

Rekan KIOSer semua,
belajar jaringan komputer/networking mungkin sangat menyenangkan bagi sebagian dari kita, tapi berhubung namanya jaringan "komputer saling terhubung" maka ada baiknya bagi rekan2 KIOSer (baik yang bertanya maupun yang memberikan tutorial pada forum KIOS networking) untuk mengikuti petunjuk umum berikut ini untuk digunakan pada saat belajar jaringan komputer pada laboratorium rekan2 semua. Hal ini sangat penting mengingat jaringan komputer saling terhubung antara satu dengan lainnya - petunjuk ini ditujukan agar kelas belajar jarkom rekan2 semua tidak mengganggu fasilitas umum.

ada beberapa poin penting yang wajib di-ikuti dalam belajar jarkom :
1. masalah pengawas atau instruktur
belajar jarkom mungkin bisa secara mandiri (tanpa pengawas) bila materi belajarnya tidak membutuhkan koneksi secara langsung ke internet (seperti pembahasan teori OSI layer dsb), tapi bila materi belajarnya diperlukan koneksi ke internet - maka sebaiknya rekan2 KIOSer semua dipandu oleh seorang instruktur agar dapat belajar secara aman.

2. masalah koneksi laboratorium belajar :
apakah laboratorium rekan2 terhubung atau tidak terhubung secara langsung ke jaringan internet? hal ini sangat penting diperhatikan - sebaiknya, untuk bahan belajar materi dasar (seperti teori, instalasi aplikasi dan yang setara) cukup gunakan laboratorium yang tidak terhubung dengan internet (LAN saja).

3. masalah penggunaan IP address
terutama bagi rekan2 yang bertanya atau memberikan tutorial - sebisa mungkin gunakan alamat IP private (bukan IP Publik) - agar tidak mengganggu layanan umum, dan sama seperti poin no 2 sebisa mungkin jangan terhubung ke internet bila tidak diperlukan.

Telah disediakan 3 kelas IP Private yang dapat digunakan untuk laboratorium jarkom :
- kelas A -> 10.0.0.0 netmask 255.0.0.0 atau /8
- kelas B -> 172.16.0.0 netmask 255.240.0.0 atau /12
- kelas C -> 192.168.0.0 netmask 255.255.0.0 atau /16
+ IPv6 dengan prefix fc00:: /7 ULA per rfc 4193

4. masalah penggunaan nama domain :
bagi rekan2 yang bertanya atau memberikan tutorial jarkom, sebisa mungkin gunakan nama domain berakhiran .lokal sebagai TLD-nya - dengan kata lain, menggunakan nama domain yang tidak dapat digunakan di internet. sebagai contoh : domain contoh.lokal, testing.lokal, coba.lokal dst.

nama domain berakhiran .com .net .org maupun .co.id .ac.id dsb adalah merupakan nama TLD dns yang wajib menggunakan pendaftaran dan dapat diterima/terpublikasi ke internet - jadi hindari/jangan menggunakan TLD tersebut agar tidak mengganggu layanan umum.

5. masalah penggunaan aplikasi untuk testing koneksi :
memang untuk materi belajar jarkom dibutuhkan beberapa aplikasi untuk mengecek/testing koneksi jaringan - ada beberapa yang dapat dijumpai baik internal/built-in pada OS (seperti ping dsb) maupun aplikasi tambahan lain. Pastikan penggunaan aplikasi tersebut secara baik dan benar dan hanya digunakan pada lingkup laboratorium terbatas - jangan terhubung ke internet agar tidak mengganggu layanan umum.

6. masalah belajar routing protokol dan penggunaan ASN
belajar jarkom tentunya belajar routing protokol seperti RIP, IGRP, EIGRP, OSPF, ISIS, IBGP dan EBGP dsb. untuk belajar routing protokol tahap awal - sebisa mungkin hindari koneksi ke internet (baik secara langsung maupun tidak langsung via NAT) dan mintalah pengawasan instruktur agar aman.

seperti kita tahu routing protokol menggunakan beberapa metode untuk mengirim dan menerima notifikasi update subnet jaringan melalui unicast, broadcast dan multicast - hal ini wajib dipelajari terlebih dahulu sebelum kita praktekkan pada laboratorium terbatas dan tanpa internet.

RIP menggunakan port UDP 520 multicast 224.0.0.9
IGRP menggunakan IP 9
EIGRP menggunakan IP 88 multicast 224.0.0.10
OSPF menggunakan IP 89 multicast 224.0.0.5
BGP menggunakan TCP 179
dst.

seperti kita tahu juga ada beberapa routing protokol yang perlu menggunakan autonomous system number (ASN) seperti : IGRP, EIGRP, OSPF, BGP (pendek kata kedua IGP dan EGP) -> pastikan rekan2 menggunakan ASN yang telah dialokasikan untuk penggunaan private - seperti :
OSPF -> ASN ? rfc4940
BGP -> ASN 64512 sampai dengan ASN 65535
ISIS -> NSAP prefix 49.a.b.c.d.e.f
dan tidak terkecuali dengan IGRP/EIGRP

jadi mohon diperhatikan - agar dipastikan laboratorium rekan2 semua tidak terhubung ke internet agar aman.

7. Cara menyampaikan pertanyaan
Agar pertanyaan teman2 dapat mudah dimengerti dan cepat mendapatkan bantuan dari rekan2 KIOSer lainnya - jangan lupa untuk menyertakan hal berikut :
- bila pertanyaan seputar jaringan, ada baiknya disertakan skema/diagram sederhana dari jaringan yang ingin ditanyakan, dan menjelaskan kebutuhannya secara baik, lengkap dengan contoh alamat IP dan subnetnya (tapi bukan IP yang sebenarnya ya - hanya contoh saja untuk dipahami), perkiraan jumlah pengguna, service/layanan apa saja yang ada didalam jaringan dan yang setara...
- bila pertanyaan seputar error pada konfigurasi baris perintah, sertakan command yang dijalankan, contoh konfigurasi yang sudah dikerjakan, berikut hasil debug outputnya/errornya, dan yang setara...
- bila pertanyaan seputar sistem operasi (baik sistem operasi pada embedding device seperti router/switch dsb, maupun sistem operasi komputer biasa), jangan lupa sertakan sistem operasi apa yang digunakan, versinya, tipe dan spek mesin-nya (x86, ram atau lainnya), dan yang setara...
- jangan pernah memposting pertanyaan yang bertujuan hanya untuk mencoba/testing kemampuan sesama member karena hal tersebut tidak baik dan tidak akan pernah berguna. Kita semua di-KIOS sama2 masih belajar tidak lebih tidak kurang.
- jangan pernah memposting pertanyaan hanya untuk mencari jawaban instan dari komunitas tanpa mempelajari/mencoba menjawab pertanyaan sendiri terlebih dahulu.

8. Cara menjawab pertanyaan
Agar jawaban rekan2 KIOSer mudah dipahami oleh rekan2 yang bertanya agar kiranya :
- pertanyaan dijawab dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas
- menjawab dengan teori secukupnya (bila diperlukan)
- dst...

catatan untuk penanya dan penjawab :
- mohon diingat rekan2 penanya bahwa rekan2 KIOSer yang menjawab pertanyaan anda adalah secara sukarela dan sesuai dengan kemampuannya (cara pandangnya, pemahaman teorinya, pengalamannya, waktu luangnya dsb)
- mohon diingat oleh rekan2 penjawab bahwa ada kalanya bahwa rekan2 KIOSer yang bertanya memang benar2 tidak mengetahui/memahami apa yang ditanyakan (mungkin secara teori atau prakteknya, atau cara pandangnya, pengalamannya dsb)
- untuk kita harus saling menghargai antara satu sama lainnya ya:)
- bila jawaban dari komunitas membantu rekan2 sekalian - alangkah baiknya bila rekan2 juga memberikan sumbangsih kembali dengan donasi/sedekah yang dapat diberikan sendiri secara langsung kepada sesama kita yang membutuhkan bantuan (fakir miskin, yatim piatu)

9. Antara dukungan gratis dari komunitas dan kebutuhan mendesak
ada kalanya rekan2 KIOSer bertanya mewakili tempat kerjanya/perusahaan atas kesulitan yang dihadapi dan membutuhkan jawaban yang agak urgen/cepat/professional. Karena jawaban dari komunitas bersifat sukarela - maka pertanyaan yang membutuhkan bantuan urgen/cepat/professional dapat langsung di-posting pada subforum jual-beli/fjb KIOS http://opensource.telkomspeedy.com/foru … .php?id=70  dan berkomunikasi/konsultasi secara langsung dengan rekan2 KIOSer yang mungkin dapat memberikan dukungan secara komersil (harap maklum, kita semua butuh untuk mencari nafkah).

10. Artikel networking
sebagian artikel seputar networking (seputar web cache/squid, bandwidth management/webhtb, pemisahan bandwidth lokal-internasinal) - telah kami pindahkan ke bagian subforum artikel - jadi, pergunakan dulu fasilitas search/pencarian untuk beberapa kata kunci/topik diskusi yang ingin rekan2 tanyakan.

untuk petunjuk2 bertanya dan menulis belajar jarkom lainnya yang mungkin kelupaan abdi tulis disini - silahkan untuk di-follow up oleh rekan2 lainnya agar rekan2 KIOSer semua bisa belajar jarkom dengan aman dan nyaman dan sukses dalam belajarnya smile

semoga sukses buat rekan2 KIOSer semua smile

Wabillahit taufiq wal hidayah,
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Re: Petunjuk Bertanya dan Pembuatan Tutorial - Penting, Mohon Dibaca dulu.

bingung nih maksudnya akang abdi teh kumaha nyak
topiknya mah petunjuk bertanya dan pembuatan tutorial
tapi isinya belajar jarkom
?.......

Re: Petunjuk Bertanya dan Pembuatan Tutorial - Penting, Mohon Dibaca dulu.

ikut nyimak dulu pak. saya belum paham maksud pak abdi_wae..

Re: Petunjuk Bertanya dan Pembuatan Tutorial - Penting, Mohon Dibaca dulu.

nah... akhirnya keluh kesah sy dibuatkan jalan keluar ama kang abdi_wae... kebanyakan copas sih tapi gak tahu apa yg dikerjakan dan paling sebel pertanyaan yg pernah dipertanyakan oleh member lain krn kemalasan untuk mencarinya terlebih dahulu sebelum menjawab....

nama persegi jadinya ada dimana2... baik account linux maupun dns-nya.... kacau dah ama yg copas gak dipahami dulu....

mungkin sy jg sih memberikan contoh tidak yg umum....

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Petunjuk Bertanya dan Pembuatan Tutorial - Penting, Mohon Dibaca dulu.

setuju...
kebanyakan emang kayak gitu kang...
tapi btw,, yang kang abdi bikin itu informasi ttg penggunaan forum atau informasi tips trik belajar,, masih kurang paham euy...

Re: Petunjuk Bertanya dan Pembuatan Tutorial - Penting, Mohon Dibaca dulu.

@ barob dan ade smile

topiknya mah petunjuk bertanya dan pembuatan tutorial
tapi isinya belajar jarkom
?.......
--------------------

tapi btw,, yang kang abdi bikin itu informasi ttg penggunaan forum atau informasi tips trik belajar,, masih kurang paham euy...

smile

sama kok, ada bagian yang masuk ke tips bertanya dalam forum dan ada bagian masuk tips pembuatan tutorial atau untuk belajar (untuk jarkom khusus subforum networking ini)  smile

hanya sekedar guideline smile

7 (edited by xeon 27-12-2010 23:53:44)

Re: Petunjuk Bertanya dan Pembuatan Tutorial - Penting, Mohon Dibaca dulu.

opikdesign wrote:

nah... akhirnya keluh kesah sy dibuatkan jalan keluar ama kang abdi_wae... kebanyakan copas sih tapi gak tahu apa yg dikerjakan dan paling sebel pertanyaan yg pernah dipertanyakan oleh member lain krn kemalasan untuk mencarinya terlebih dahulu sebelum menjawab....

nama persegi jadinya ada dimana2... baik account linux maupun dns-nya.... kacau dah ama yg copas gak dipahami dulu....

mungkin sy jg sih memberikan contoh tidak yg umum....

hehe... saya nggak lho om.. big_smile

BTW, sedikit cerita pengalaman saya. Terus terang dulu saya jg suka copas, gimana ga enak tinggal copy paste, langsung jadi.haha...

Sadarnya pas ada error, mampus loh... sad gimana trouble shootingnya hayo.. lha wong bikinnya cuma copas. akhirnya tobat dech... dikit demi sedikit mulai menelaah setiap tutorial, bingung dgn istilah2, cari di om google. Sedikit tips, mulailah belajar memahami dgn apa yg mau kalian buat, step by step,jgn banyak2 dulu..mabok ntar big_smile

thanks to this forum.. smile