Topic: Akses Internet Lewat PLN

Sy punya mimpi. Sy ingin akses di Indonesia bisa diakses lewat jaringan PLN. jadi setiap prangkat elektronik yang nyambung ke listrik bìsa konek Internet. Bisa ga ya mìmpì ini diwujudkan?
hehehe smile)

Re: Akses Internet Lewat PLN

bisa gan,,
kan dijawa udah ada namanya PLN net gan
tuh pake arus listrik gan
hahah

Re: Akses Internet Lewat PLN

sudah ada... bulan pln net tapi ICON+...
lihat http://www.iconpln.net.id/

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Akses Internet Lewat PLN

opikdesign wrote:

sudah ada... bulan pln net tapi ICON+...
lihat http://www.iconpln.net.id/

oh sudah ada ya. mantab dah

Re: Akses Internet Lewat PLN

opikdesign wrote:

sudah ada... bulan pln net tapi ICON+...
lihat http://www.iconpln.net.id/

ahh masaak iya bang mod.... smile smile smile
masak icon+ sudah bisa menerapkan teknologi tsb ?
PJB (pembangkitan jawa bali) yg sekarang dipegang icon+ kok katanya pake f.o. ?
kenapa nggak pake jaringan SUTT atau SUTET yg kabel tembaganya telah membentang sepanjang pulau jawa

sayangnya referensi ttg teknologi itu masih langka
penasaran juga nih bang..
kalo lewat jaringan PLN dalam satu rumah sih bisa dan sudah ada alatnya di pasaran
tapi kalo sudah melewati trafo trus gimana ya, kan gak nyambung tuh
kumparan dan kumparan pada trafo kan terpisah, daya listrik tersalur secara induksi
tapi, nggak tahu juga ya barangkali ada teknis lain..

atau masak tiap akan melewati trafo dijumper dulu pake 2 wireless.. roll:rolleyes:
bang opik kalo punya referensinya... share dong..  smile smile smile

Re: Akses Internet Lewat PLN

Teknologi PLC saat ini memang baru memungkinkan koneksi dalam satu kumparan. Koneksi antar-kumparan tentu akan menggunakan bridge/router. Masalah itu urusannya penyelenggara jasa koneksi Internet bukan urusan pengguna/pelanggan.

HTH

http://www.id-ddns.net/images/ddns-small.jpg

7 (edited by opikdesign 22-11-2010 16:34:04)

Re: Akses Internet Lewat PLN

@jontir

sudah dijawab oleh pak mustofa...
data tidak bisa dilewatkan/diteruskan lewat induksi/trafo,
jadi koneksi data akan di jumper dengan bridge/router.
jalur pembagkit listrik sampai distribusi ke rumahan/pemakai lain, sudah melewati banyak trafo...

teknologi PLC dari ICON+, ada team moderator yg sudah pernah merasakan untuk koneksi kampus-nya... terus terang sy belum pernah merasakan, coba tanya2 dgn om mod si_faisal, di kampus-nya pakai astinet dan icon+...

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Akses Internet Lewat PLN

salam kenal bang mod
thx, bang mustofa dan bang opik
sudah lama saya penasaran hal ini
ok bang, dpt pencerahan dikit nih..

mustofa wrote:

Teknologi PLC saat ini memang baru memungkinkan koneksi dalam satu kumparan.

bhw saat melewati trafo musti dijumper dg cara tertentu
maka sebelum dan setelah pada tiap titik jumper ini tentu alatnya tdk sederhana, karena terpasang pd tegangan yg tinggi, kalo dalam kota pasti lewat JTM 20.000 volt, kalo backbone antar kota/propinsi malah lewat SUTT/SUTET 150.000-500.000 volt atau lebih
wuih hebat, betapa rumit teknik isolator dan mengatasi induksi/interferensinya
sangat menarik nih untk sekedar pengetahuan, krn tentu saja tdk bisa mempraktikannya  smile

opikdesign wrote:

teknologi PLC dari ICON+, ada team moderator yg sudah pernah merasakan untuk koneksi kampus-nya... terus terang sy belum pernah merasakan, coba tanya2 dgn om mod si_faisal, di kampus-nya pakai astinet dan icon+...

bang opik, dan salam kenal bang faisal,
untuk koneksi yang dari icon+ apakah penyalurannya dari icon+ sampai ke lokasi kampus itu full melalui jaringan tembaga PLN ? ataukah kombinasi f.o. dan lewat jala-jala PLN?
terima kasih

Re: Akses Internet Lewat PLN

trima kasih rekan-rekan atas jawaban. nambah pengetahuan juga
hehehe :-)
oh iya icon+ itu pake FO jga ya soalnya sy pernah liat sambungannya di jalan daerah cibeureum. cimahi.