Topic: [ASK] Cara instal Radio Online di VPS | Live dan AutoDJ

Bismillah

saya dari bengkulu sudah kenalan di thread regional bengkulu

ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan tentang step by step build radio online. Terkhusus untuk mas Ian moderator forum yang ahli dalam hal seting radio online.

saya ada masalah tentang radio online,
Posisi sekarang ini radio udah jalan pake icecast, saya instal di ubuntu 12.

nah radio sudah autoDJ cuma yang ane belum tau :

1. Cara live kan dari kompi kita sendiri
2. caranya agar file2 itu bisa diputar terjadwal.
3. cara buat web interfacenya agar bisa di atur seperti widget tampilan winamp jd visitor bisa pilih sendiri file yg mau di dengar
4. cara buat widget biasa untuk di share di blog2 tetangga. ane cari di google katanya pake jwplayer. ane udah berhasil instal di hosting tapi gak ngerti cara makenya

tolong mas untuk berbagi ilmunya. atau kalau ada tutorial lengkap saya minta linknya.

Jazakallah Khoir smile

Re: [ASK] Cara instal Radio Online di VPS | Live dan AutoDJ

halo,

wah ini pertanyaannya langsung banyak big_smile

ada 2 cara agar radio streaming bisa didengar oleh orang lain :
1. menggunakan server sendiri, artinya kita hanya mengandalkan koneksi internet sendiri untuk listener. Server dapat ditempatkan di localhost dan listener akan mengakses IP publik koneksi kita. Jangan lupa untuk melakukan port forwarding di modem ADSL (jika menggunakan speedy). cara ini banyak kekurangannya, karena server dan koneksi harus stabil dan on 24 jam. Sementara itu bandwidth upstream akan sangat termakan tiap ada listener terhubung.

2. menggunakan hosting server. Nah cara ini yang paling banyak digunakan. jadi kita feed audio streaming ke server DNAS (distributed network audio server) atau icecast, dan server tersebut yang akan mendistribusikan live streaming radio kita.


sementara jika ingin diputar terjadwal, anda bisa menggunakan audio player yang bisa diatur playlistnya atau menggunakan WHMsonic, untuk mengatur lagu yang akan diputar apabila station off air. Sayangnya hosting radio streaming + WHMsonic ini tergolong lumayan mahal


nah kalo untuk player di web yang bisa milih konten yang akan didengar, istilahnya adalah podcasting. isinya bisa berupa lagu maupun rekaman siaran. betul, dengan menggunakan JW player dan dibuat playlistnya. sementara file *.mp3-nya tinggal diupload saja ke server.

Re: [ASK] Cara instal Radio Online di VPS | Live dan AutoDJ

Bisa minta tutorial step by stepnya mas, sebab saya masih newbie dalam hal ini.
oh ya saya sempat kirim pesan juga ke ym dan FB mas hehe smile

sekarang saya udah instal shoutcast di vps ubuntu 12.04
sudah berhasil on air di kompi saya menggunakan winamp dengan plugin shoutcast dsp for winamp.

nah saya telah meletakkan beberapa file mp3 di vps. saya bingung gimana caranya mengaktifkan autoDJ dan cara supaya file2 ini bisa di putar terjadwal.