Topic: Studi Kasus Perusahaaan

Kantor pusat dan kantor-kantor pembantu lainnya berlokasi di utara Jakarta. Pabriknya sendiri berlokasi di daerah perbatan Jakarta, yang berjarak 8 km dari kantor pusatnya. Server ditempatkan di kantor pusat dengan beberapa clients yang ditempatkan di pabrik. Jarak terjauh dari kantor cabang dan pusatnya adalah 12 km. Gudang dan 2 kantor pembantu lainnya tidak tergantung dari kantor pusat (independent). Di kantor pembantu dan gudang, terdapat beberapa PC yang terhubung dengan LAN. Pabrik dan kantor pusat dihubungkan dengan leased line 64kbps, dimana data dari kantor pembantu dan gudang, dikirimkan ke kantor pusat setiap pagi jam 08.00. Koneksi internet tersedia hanya di kantor pusat, dan tidak di¬-shared ke kantor lainnya.
Pabrik beroperasi 10 jam setiap harinya, selama 6 hari dalam seminggu. Akhir-akhir ini, mereka merasakan bahwa bandwith tidak cukup dalam mendukung proses bisnis. Terkadang koneksi dapat terganggu, terutama di jam-jam sibuk (peak hours). Di samping itu, top level executives mengharapkan agar tersedianya informasi secara real time di seluruh kantor. Setelah melakukan diskusi dan brainstorming tercetuslah beberapa kebutuhan yang ditangkap oleh IT manager dan para staf, yaitu kebutuhan akan real time data, pengawasan terhadap aktivitas di kantor-kantor pembantu atau pabrik dan komunikasi suara.

Yang ingin ditanyakan:
permasalahan apa saja yang dihadapi oleh PT. Menggelegar Badai?
solusi untuk mengatasi setiap permasalahan yang terjadi!

Re: Studi Kasus Perusahaaan

aryanugrahaipb wrote:

Yang ingin ditanyakan:
permasalahan apa saja yang dihadapi oleh PT. Menggelegar Badai?
solusi untuk mengatasi setiap permasalahan yang terjadi!

Ini soal ya mas, apa kasus beneran. smile
Permasalahan yg dihadapi antara lain :
1. Masalah Integritas data dan sistem Informasi
2. Masalah Jariangan Internet (WAN) /VPN belum ada.
3. Masalah Internet, dg BW sekecil itu tentunay tdak mecukupi untuk kebutuhan bisnis. Ada rasio BW/user yg standar.

Salam