Topic: cara cek swicth modem

saya pernah baca artikel kalo koneksi internet dipengaruhi hardware

bagaimana cara cek modem adsl dan swicth kita pakah masih layak pakai atao harus harus diganti, apa ada program tertentu  yang bisa deteksi akurat

kejadiannya modem adsl saya pada waktu beli keposisi ready conek ke internetnya cepat tapi akhir ini harus nunggu +- 1,5 menit baru ready(nunggu lampu adslnya berenti kedip dan normalnya kok jadi lama)

2 (edited by abdi_wae 26-07-2008 20:45:01)

Re: cara cek swicth modem

halo pak jajak,

ada beberapa metode untuk cek koneksi - kalo untuk LAN bisa sebagai berikut :
1. cek fisik kabel data (berikut konektornya misal RJ45) dengan cable tester seperti FLUKE
2. kalo pada terminal (seperti modem atau router) - bisa dicek pada console (baik web GUI atau CLI) untuk interface masing2 - contoh : serial, atau ethernet - biasanya ada TX, RX, DTD, DTR, CRC dsb dan diperhatikan nilai outputnya.
3. kalo booting terminal (router/modem/switch) agak lama - bisa dicek pada syslognya/bootlog - biasanya BIOS atau OS-nya atau memorinya atau interface-nya sudah agak error/corrupt.

HTH.

Re: cara cek swicth modem

thanks kang abdi wae
infonya

Re: cara cek swicth modem

pak abdi, maaf saya awam dalam istilah teknis.
ada beberapa metode untuk cek koneksi - kalo untuk LAN bisa sebagai berikut :

1. kalo pada terminal (seperti modem atau router) - bisa dicek pada console (baik web GUI atau CLI) untuk interface masing2 - contoh : serial, atau ethernet - biasanya ada TX, RX, DTD, DTR, CRC dsb dan diperhatikan nilai outputnya.
apakah yg dimaksud di  badan interface-nya  tertera nilai output-nya? dan dengan tool apa kita mem-verifikasinya?

2. kalo booting terminal (router/modem/switch) agak lama - bisa dicek pada syslognya/bootlog - biasanya BIOS atau OS-nya atau memorinya atau interface-nya sudah agak error/corrupt.
cara men-cek syslog/bootlog tersebut dimana ya? terimakasih atas bantuan anda sebelumnya.

karena saya mendapatkan permasalahan yg sama dan tidak tahu mana yang bermasalah (komp, interface, jaringan, atau di sentral-nya)
muliakitchen@gmail.com