Topic: [help] koneksi share folder di winxp agar bisa read/write dipinux

rekan2x pengguna PINUX ato yang mengerti masalah ini di Linux mohon bantuannya ya....
saya baru belajar mengenai linux baru 5 hari ini... jadi mohon maaf kalo saya awam banget mengenai masalah linux..
saya mempunyai PC win XP sp2 yang didalamnya terdapat full share folder bernama simpandata yang bisa diakses read/write oleh 10 pc klien win xp sp2 yang sudah ada.
seluruh proses penyimpanan baik download ato proses data yang ada di 10 pc klient saya arahkan ke fullshare folder yang ada di PC win xp yang bertindak sebagai server data.
nah sekarang saya mau menambah PC klien lagi tapi saya mau menggunakan linux sbg OS nya.
kebetulan PINUX adalah distro pertama yang saya coba.
oh iya nama pc win xp yang bertindak sebagai serverdata itu adalah = server
workgrup=aza.net
ip server= 192.168.0.200
username pc server win xp=desktop
password pc server win xp itu gak ada
full share folder yang ada di server= simpandata
userlogin PINUX=user
password login PINUX= password

dari seting awal saya sudah berhasil menyambungkan pc pinux aku ke workgrup aza.net.
dari hasil tanya sana tanya sini saya berhasil menyambungkan full share folder yang ada di pc server ke PINUX dengan perintah seperti ini:
mount -t smbfs //server/simpandata /mnt/simpandata -o username=desktop,password=
perintah di atas aku sisipkan di etc/rc.lokal (karena waktu itu ada yang nyaranin sisip in di fstab gak jalan karena saat booting fstab di proses dulu baru etch0 -nya jadi gak bisa ter mount
,dan akhirnya di PINUX untuk folder di /mnt/simpandata berhasil terdapat isi dari full share folder yang ada di pc server win xp. (thank's atas bro @urangkayosr di kaskus.us atas ilmu nya)

tapi pertanyaannya adalah: kenapa kalo setiap aku login user di PINUX kok gak bisa read/write di folder /mnt/simpandata tersebut?
Tapi kalo aku login root di PINUX bisa melakukan read/write di PINUX...

Gimana caranya ya bro semua apa ada setingan yang perlu aku tambahin.. please ya... aku mau memasyarakatkan komunitas Open Source di daerah ku (disamping gak ada duit buat beli OS ori win xp untuk nambahin pc klient... he he he)
bagi yang mengerti masalah ini mohon bantuannya ya..

Re: [help] koneksi share folder di winxp agar bisa read/write dipinux

mungkin solusi yang gampang di add aja user anda itu agar masuk dalam group root smile ..

3 (edited by abdi_wae 04-08-2007 07:27:40)

Re: [help] koneksi share folder di winxp agar bisa read/write dipinux

p_dianto wrote:

tapi pertanyaannya adalah: kenapa kalo setiap aku login user di PINUX kok gak bisa read/write di folder /mnt/simpandata tersebut?
Tapi kalo aku login root di PINUX bisa melakukan read/write di PINUX...

coba cek isi /mnt/simpandata? ada isinya ggak?

menurut saya - malah jelas ggak bisa, karena share-nya / username-nya beda dan ggak dikasih password.

kalo login pake root - bisa read/write? --> bagian ini yang masih agak rancu.. R/W di samba gitu? --> seharusnya sih tetap ggak bisa karena kita juga harus melihat dari sisi share-rights di windows.

atau coba cek ls -l /mnt/simpandata --> other dapat right apa?

coba ini :
1. buat account di windows : username "coba" password "coba",
2. share folder c:\coba --> beri akses r/w/x untuk account user coba,
3. buat account di linux --> username "coba" password "coba",
4. login di linux sebagai user "coba",
5. coba browse serverdata --> klik share "coba",
6. login sbg user "coba" pass "coba",
---> ini untuk yang mudah.

tambahan, kadangkala autentikasi dari linux ke windows agak sulit - dibanding sebaliknya.
7. kalo ggak bisa masuk juga --> silahkan utak-atik bagian security setting di windows.
8. mounting samba --> selama sudah bisa lihat isi share direktori di windows --> sudah OK, tinggal di mount.

HTH.

Re: [help] koneksi share folder di winxp agar bisa read/write dipinux

wah asik nih banyak orang pinter ....
smile

betul sama yang dibilang abdi_wae. memang untuk windows terutama XP ada rights-nya. selain itu secara default windows tidak akan mensharing folder seperti program files dan windows, kalo salah satu foldernya di protect dari windows juga tidak bisa read/write

Re: [help] koneksi share folder di winxp agar bisa read/write dipinux

onnowpurbo wrote:

mungkin solusi yang gampang di add aja user anda itu agar masuk dalam group root smile ..

aku udah masuk start menu -> system setting -> users and groups di situ untuk user udah aku masukkan ke dalam root. aku close dan aku restart tetep kalo aku masuk mnt/simpandata dengan login user enggak bisa nambah folder itu bos...

ini bung onowpurbo betulan ato bung onnowpurbo jadi2xan nih? he he he maaf ya bung...

kalo emang bung onnowpurbo betulan salam kenal dari aku ya bung...
harusnya bung onno nih jadi mentri lho karena pemikirannya yang luar biasa...
tolongin ya bung onno tentang masalahku ini
smile

Re: [help] koneksi share folder di winxp agar bisa read/write dipinux

abdi_wae wrote:
p_dianto wrote:

tapi pertanyaannya adalah: kenapa kalo setiap aku login user di PINUX kok gak bisa read/write di folder /mnt/simpandata tersebut?
Tapi kalo aku login root di PINUX bisa melakukan read/write di PINUX...

coba cek isi /mnt/simpandata? ada isinya ggak?

menurut saya - malah jelas ggak bisa, karena share-nya / username-nya beda dan ggak dikasih password.

kalo login pake root - bisa read/write? --> bagian ini yang masih agak rancu.. R/W di samba gitu? --> seharusnya sih tetap ggak bisa karena kita juga harus melihat dari sisi share-rights di windows.

atau coba cek ls -l /mnt/simpandata --> other dapat right apa?

coba ini :
1. buat account di windows : username "coba" password "coba",
2. share folder c:\coba --> beri akses r/w/x untuk account user coba,
3. buat account di linux --> username "coba" password "coba",
4. login di linux sebagai user "coba",
5. coba browse serverdata --> klik share "coba",
6. login sbg user "coba" pass "coba",
---> ini untuk yang mudah.

tambahan, kadangkala autentikasi dari linux ke windows agak sulit - dibanding sebaliknya.
7. kalo ggak bisa masuk juga --> silahkan utak-atik bagian security setting di windows.
8. mounting samba --> selama sudah bisa lihat isi share direktori di windows --> sudah OK, tinggal di mount.

HTH.

maaf bro abdi_wae aku agak gak ngerti gimana caranya seting untuk share folder di windows xp. simapn data itu aku letakkan di harddisk yang terpisah dari c:. yaitu di partisi simpandata (d:) dan didalamnya ada folder simpandata yang aku klik kanan -> sharing and security -> didalam network shring and security nya aku centang untuk share this folder on the network, share name adalah simpandata, dan aku centang juga untuk Allow network users to change my file.

apa ada setingan lagi di xp yang kurang bro selain cara tsb di atas.. emang sih dgn cara tsb di atas 10 client win xp udah selama 3 bulan ini gak ada masalah untuk merubah data di folder simpandata tsb.

tapi ya itu tadi karena aku mo nambahi lagi pake linux siapa tau settingan di atas masih kurang....

oh iya untuk folder mnt/simpandata permission nya ternyata punya nya root... kemarin ada temen dari jogja family code yang nyaranin agar permission nya dirubah pake user dengan mengetikkan perintah:
chown -R nobody:nogroup foldernya

aku ketikkan di konsole dengan login root seperti ini:
chown -R user:user /mnt/simpandata
dan
chmod 777 /mnt/simpandata

jawabannya adalah Operation not permitted

iya untuk folder /mnt/simpandata udah terdapat isi folder simpandata yang terdapat di win xp...

gimana ya bro

Re: [help] koneksi share folder di winxp agar bisa read/write dipinux

oh iya kemarin aku juga menanyakan pertanyaan di atas ke pointermultimedia melalui YM jawabannya seperti ini nih:

pointermultimedia: PINUX dan XP bisa saling share printer dan folder, sebaiknya samakan workgroup namenya dan subnet networknya. untuk share folder di XP pro, ijinkan all user pada security folder property.

pointermultimedia: dan perintahnya harus lengkap

pointermultimedia: /bin/mount -t smbfs -o username=Administrator,password=xpadminpass,
workgroup=PINUXNETWORK //XP/FOLDER /pinuxshare


nah dari jawaban di atas aku modif denga seperti ini:
/bin/mount -t smbfs -o username=desktop,password=,
workgroup=aza.net //server/simpandata /mnt/simpandata


cuman rekan2x di pointer multimedia gak jelasin tuh perintah di ketikkan lewat console ato di masukkan ke etc/rc.lokal karena langsung di logout YM -nya.
setelah aku masukkan di etc/rc.lokal hasilnya adalah:


nihil coy....


huwahuwahuwa gimana dong

8 (edited by abdi_wae 05-08-2007 02:57:04)

Re: [help] koneksi share folder di winxp agar bisa read/write dipinux

p_dianto wrote:

apa ada setingan lagi di xp yang kurang bro selain cara tsb di atas.. emang sih dgn cara tsb di atas 10 client win xp udah selama 3 bulan ini gak ada masalah untuk merubah data di folder simpandata tsb.

tapi ya itu tadi karena aku mo nambahi lagi pake linux siapa tau settingan di atas masih kurang....

oh iya untuk folder mnt/simpandata permission nya ternyata punya nya root... kemarin ada temen dari jogja family code yang nyaranin agar permission nya dirubah pake user dengan mengetikkan perintah:
chown -R nobody:nogroup foldernya

aku ketikkan di konsole dengan login root seperti ini:
chown -R user:user /mnt/simpandata
dan
chmod 777 /mnt/simpandata

jawabannya adalah Operation not permitted

iya untuk folder /mnt/simpandata udah terdapat isi folder simpandata yang terdapat di win xp...

gimana ya bro

OK,
1. di server xp coba di set tools|folder option|use simple file sharing --> tanda centang dibuang.

2. udah create user dan password yang sama belum? di dua sisi?

3. caranya ngeset right di linux coba pake ini :

chmod -R 777 /mnt/simpandata --> rwx untuk semua sampai ke sub-dir(untuk testing aja)
chown -R coba /mnt/simpandata --> semua file disitu punya user coba,
chgrp -R coba /mnt/sipandata --> semua file punya group coba.

--> set ini sewaktu tidak mounting data windows xp (alias sewaktu kosong --> atau file anda akan hilang nanti kalo ada error).

4. mount -t cifs atau smbfs //xp/coba /mnt/simpandata -o username=coba

5. di windows, kalo buat direktori yang mau dishare bukan di system disk --> berarti udah OK --> semua user boleh rwx --> tapi coba dicek lagi.

6. dibagian samba create workgroup default aja (buat testing) --> ganti ke WORKGROUP kayak punya windows.

7. testing master browsing jalan ggak?

smbclient -L <windows_ip> -U coba

8. testing login dari pinux ke xp pake cara mounting - jalan ggak?

coba dulu deh + dioprek2 lebih dalam.

semua ini ggak ada hubungannya ama rc.local. --> itu kan cuma option kalo mau initiate dari booting.


HTH.