Topic: VoIP

biar seru ah ..

buat yang mau experimen VoIP
bisa ambil software yang dibutuhkan + account gratis di
http://www.voiprakyat.or.id. VoIP Rakyat ini buatan
Anton Raharja cs dari SMK Jayawisata di Kali Malang Jakarta Timur.

Berbedangan VoIP Merdeka. VoIP Rakyat berbasis SIP
jadi lebih gampang utk menembus proxy.

Buat mereka yang ingin nelepon ke selular / telkom
jelas gak bisa kalau pakai VoIP Rakyat ini karena
memang VoIP Rakyat tidak punya ijin utk nelepon ke selular / telkom.
Tapi anda bisa berlangganan yang resmi
seperti www.infoasiatelecom.com, www.voipdiscount.com,
www.voipcheap.com ... juga harusnya TelkomSave smile) ..

Re: VoIP

Quote:

pak Onno,
pertanyaan saya: VoIP yg dimaksud ini untuk komunikasi PC to PC atau PC to PSTN ?, kalau ke PSTN interkoneksinya gimana dong, harus invest banyak gateway untuk terminasi ke PSTN ?, ujung-ujungnya mahal juga ?  pls dijelaskan, sy awam bgt nih, tks sebelumnya pak Onno.

PC ke PC jelas gampang ya ..
bisa pakai x-lite, sjphone bisa register ke www.voiprakyat.or.id

sebetulnya yang lebih sopan ada PC ke PABX, PABX ke PABX
baru yang agak gak sopan PC ke PSTN atau PABX ke PSTN

PC ke PABX, PC ke PSTN, PABX ke PABX atau PABX ke PSTN
pakai alat yang sama yaitu Analog Telepon Adapter (ATA)
harganya rata-rata sekitar Rp. 1.5 juta-an utk 2 port

Manualnya ada di http://www.voiprakyat.or.id di kiri bawah
termasuk manual konfigurasi SIP Phone

supaya tidak melanggar hukum anda dibatasi sampai PABX aja
utk PSTN sebaiknya langganan operator yang punya lisensi
seperti TelkomSave, InfoAsiaTelcom dll ..

Re: VoIP

Quote:
PC ke PC jelas gampang ya ..
bisa pakai x-lite, sjphone bisa register ke www.voiprakyat.or.id

sebetulnya yang lebih sopan ada PC ke PABX, PABX ke PABX
baru yang agak gak sopan PC ke PSTN atau PABX ke PSTN

PC ke PABX, PC ke PSTN, PABX ke PABX atau PABX ke PSTN
pakai alat yang sama yaitu Analog Telepon Adapter (ATA)
harganya rata-rata sekitar Rp. 1.5 juta-an utk 2 port

Manualnya ada di http://www.voiprakyat.or.id di kiri bawah
termasuk manual konfigurasi SIP Phone

supaya tidak melanggar hukum anda dibatasi sampai PABX aja
utk PSTN sebaiknya langganan operator yang punya lisensi
seperti TelkomSave, InfoAsiaTelcom dll ..

tapi kan semuanya itu berawal dari coba2 beli ATA yang 2 port disambungkan ke FWT flexy dan ternyata bisa, terus berkembang beli yang 36 port terus............... akhirnya ?............

saya lihat kang onno ada beberapa ISP di kota bandung yang memasang alat seperti itu. apakah ini termasuk pemasukan sampingan atau perbuatan melanggar hukum ? misalnya seperti centrin yang sudah mendapatkan lisensi. tapi kalau yang lain ?

Re: VoIP

Quote:
tapi kan semuanya itu berawal dari coba2 beli ATA yang 2 port disambungkan ke FWT flexy dan ternyata bisa, terus berkembang beli yang 36 port terus............... akhirnya ?............

lha memang begitu smile ..



Quote:
saya lihat kang onno ada beberapa ISP di kota bandung yang memasang alat seperti itu. apakah ini termasuk pemasukan sampingan atau perbuatan melanggar hukum ? misalnya seperti centrin yang sudah mendapatkan lisensi. tapi kalau yang lain ?

Explisit di KEPMEN 21/2001, bisa di ambil di www.postel.go.id
yang harus pakai ijin menteri
hanya VoIP yang diberikan pada masyarakat, dijual komersial dan tersambung ke telkom.

Jadi kalau hanya untuk keperluan antar PABX, PC-PABX, PABX-PABX, tidak komersial dan tidak tersambung ke telkom memang sah & tidak perlu ijin sama sekali koq ...

Re: VoIP

Quote:

pak Onno, dari dua jawaban pak Onno terakhir, kelihatan bhw dibutuhkan satu alat tambahan untuk interkoneksi ke PSTN atau PABX yaitu ATA. Tapi ATA ini kapasitas portnya terbatas. Kesimpulan saya yg bisa memanfaatkan teknologi ini hanya perusahaan, atau personal yg punya uang, artinya layanan VoIP murah ini tetap saja belum bisa dinikmati rakyat banyak. Sebab spy bisa dinikmati rakyat banyak, interkoneksi dengan PSTNnya tentunya harus di banyak lokasi dan membutuhkan perangkat semacam ATA tsb tapi dengan kapasitas port besar.  Kalau hal seperti ini mau dikelola oleh masy secara swadana, apa bisa ?

ATA hanya dibutuhkan kalau anda ingin punya gateway sendiri ke PABX atau ke PSTN. Harga ATA sekarang bisa dapet Rp. 350.000,-

ATA hanya dibtuhkan kalau anda ingin punya gateway sendiri.
Sebagian besar orang sebenernya gak butuh gateway tsb,
anda bisa langganan ke operator gateway yang ada
bisa http://www.voipdiscount.com. http://www.voipcheap.com,
http://www.infoasiatelecom.com, juga telkomsave dll ..

Re: VoIP

Quote:
ATA hanya dibutuhkan kalau anda ingin punya gateway sendiri ke PABX atau ke PSTN. Harga ATA sekarang bisa dapet Rp. 350.000,-

sayangnya waktu UU interkoneksi disahkan disitu ngga' dimasukkan mengenai interkoneksi dengan VoIP.

Re: VoIP

Quote:

Quote:
ATA hanya dibutuhkan kalau anda ingin punya gateway sendiri ke PABX atau ke PSTN. Harga ATA sekarang bisa dapet Rp. 350.000,-

sayangnya waktu UU interkoneksi disahkan disitu ngga' dimasukkan mengenai interkoneksi dengan VoIP.

Interkoneksi tidak melihat teknologi koq
interkoneksi lebih melihat menit & cost per menit ..

Re: VoIP

Quote:
Interkoneksi tidak melihat teknologi koq
interkoneksi lebih melihat menit & cost per menit ..


gimana ya kang Onno. rasanya kita agak sulit berkembang, karena mau coba ini itu pasti kepentok masalah regulasi.

gimana kalo kasusnya gini :
kita coba2 sambungin ATA ke FWT flexy atau sejenisnya. nah terus sudah beroperasi secara "underground" terus kena sweeping dan alatnya disita semua. terus ngasih "upeti" alat bisa diambil lagi terus gerilya lagi.....

Re: VoIP

Quote:
gimana kalo kasusnya gini :
kita coba2 sambungin ATA ke FWT flexy atau sejenisnya. nah terus sudah beroperasi secara "underground" terus kena sweeping dan alatnya disita semua. terus ngasih "upeti" alat bisa diambil lagi terus gerilya lagi.....

Kalau ATA-nya pake punya infoasiatelcom.com
itu legal koq gak masalah, malah mereka
punya jasa WARNET VoIP heheheh ,,

Kalau ATA beli sendiri
ya jangan di sambung ke Telkom lah
sambung ke PABX
juga jangan di komersialkan
jadi aman ..

10

Re: VoIP

Quote:
Kalau ATA-nya pake punya infoasiatelcom.com
itu legal koq gak masalah, malah mereka
punya jasa WARNET VoIP heheheh ,,

Kalau ATA beli sendiri
ya jangan di sambung ke Telkom lah
sambung ke PABX
juga jangan di komersialkan
jadi aman ..

saya sudah coba sambungkan ATA (2 port) ke PABX untuk jaringan telp di komplek. tapi speedy nampaknya sulit untuk VoIP. apalagi kalo siang .... aduh aduh........ gak nahan ...

Re: VoIP

Quote:
saya sudah coba sambungkan ATA (2 port) ke PABX untuk jaringan telp di komplek. tapi speedy nampaknya sulit untuk VoIP. apalagi kalo siang .... aduh aduh........ gak nahan ...

heheh kalau siang ya jelas tewas lah
buat web aja lemot smile .. apalagi voip ..

12

Re: VoIP

Quote:
heheh kalau siang ya jelas tewas lah
buat web aja lemot smile .. apalagi voip ..

alkisah ...
jaman dahulu kala ketika speedy masih launching di kota bandung, yang daftarnya pun masih dibawah ratusan. nah ketika itu koneksi inet pake speedy asik banget. mau siang ato malem kuencengggg. tapi sekarang ....? hehehehehe ... kayaknya asik tuh kalo user nambah, b/wnya juga nambah.