Topic: QoS SPEEDY

Keluhan terhadap kualitas layanan speedy banyak dikemukakan oleh para pelanggan speedy di berbagai forum diskusi, surat pembaca, dan blog mulai dari yang menggunakan bahasa santun sampai dengan yang sangat kasar/vulgar.
Keluhan tersebut jika dicermati lebih disebabkan oleh:
1. kekurangtahuan pelanggan speedy tentang QoS speedy, dan
2. kekurangterbukaan speedy menginformasikan QoS speedy tersebut.

Menjelang peluncuran speedy multispeed pihak speedy sebetulnya pernah mempublikasikan tentang QoS untuk setiap paket baru speedy cuma kemudian itu dihapus kembali. Penghapusan informasi tersebut tentu ada dasar pertimbangannya, saya tidak tahu persis tentang hal tersebut, tetapi itu menjadikan para pelanggan speedy tidak memiliki pedoman dalam menilai apakah layanan yang diberikan oleh speedy kepada mereka telah sesuai atau tidak?
Sementara itu, kalau saya perhatikan, keluhan para pengguna speedy dapat dibagi ke dalam 3 kelompok, yaitu:
1. pengguna yang menuntut agar kecepatan akses speedy ke mana pun sesuai dengan line speed speedy.
2. pengguna yang menuntut agar kecepatan akses speedy setidaknya lebih besar dari 50% dari line speed speedy.
3. pengguna yang menuntut agar status downstream/upstream rate di modem mereka sesuai dengan line speed speedy.

Keluhan untuk kelompok 1 dan 2 dapat diminimalkan melalui penyampaian informasi tentang QoS speedy dan sosialisasi tentang pengertian layanan broadband atau bandwidth sharing. Keluhan untuk kelompok 3 dapat diminimalkan melalui penyampaian informasi praktis terhadap pengguna speedy tentang masalah-masalah yang mungkin terjadi dalam jaringan speedy, modem + splitter, dan dalam jaringan lokal para pengguna speedy. Dengan begitu diharapkan penyampaian keluhan pelanggan speedy kepada pihak speedy dapat disampaikan secara lebih terarah dan tepat masalah.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas maka di dalam thread ini akan dibahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan masalah tersebut.

http://www.id-ddns.net/images/ddns-small.jpg

2 (edited by windo 01-07-2009 17:40:36)

Re: QoS SPEEDY

@ om mustofa...
om... jangan kan kita sebagai konsumen... terkadang customer service nya aja kalo di tanya soal qos masih bingung kok.adalah hal wajar apa bila kita sebagai konsumen tahu detail nya karena produk yang di keluarkan oleh telkom di bagi beberapa kelas.selama ini patokan yang masih berlaku adalah jaminan ke brass nya aja bukan ke konsumen.

maaf kalo misal ada rincian soal qos produk speedy multispeed ada baik nya di cantum kan sumber nya diperoleh dari mana..  maaf lagi.. ini bisa di jadikan bukti dan tolak ukur apa bila kita mo complain atas kualitas akses kita

sekedar urun pendapat aja

http://img21.imageshack.us/img21/3261/nyemot3.gif

Re: QoS SPEEDY

@windo

Idealnya memang sumbernya dicantumkan secara jelas namun seperti telah saya sebutkan di atas, informasi tersebut yang tadinya ada di portal speedy tidak ditampilkan kembali. Oleh sebab itu, tanpa bermaksud melangkahi kewenangan speedy saya coba tampilkan kembali tabel QoS Speedy tersebut dengan maksud untuk memberikan sekadar gambaran terhadap pengguna speedy tentang QoS speedy yang pernah direncanakan oleh pihak speedy, yaitu sebagai berikut.
http://download.ei-ji.net/Gambar/qos.jpg
Sekiranya pihak speedy tidak lagi memberlakukan QoS sesuai tabel tersebut, saya himbau agar ada informasi resmi tentang hal tersebut untuk kebaikan kita bersama.

Jika kita melihat QoS speedy di dalam tabel tersebut maka para pengguna speedy dapat dengan mudah menilai apakah layanan speedy untuk paket yang diambilnya telah sesuai atau belum. Sebagai misal, layanan paket Game baru dapat dikatakan tidak sesuai jika speed yang diterima oleh pengguna speedy kurang dari 43 KBps (344 kbps).

Saya pikir mas windo sepakat dengan saya bahwa di sejumlah thread banyak pengguna speedy paket Game yang sudah menyatakan ketidakpuasannya kepada speedy padahal mereka masih mendapatkan layanan di atas 500 kbps dari speedy.

TAMBAHAN: (untuk yg gak mau baca thread ini secara lengkap)
QoS tersebut adalah untuk Line Speed Internasional (IX). Pengalaman saya sendiri, selama ini speed koneksi IX selalu mendapatkan lebih dari itu.
Sementara untuk domestik (IIX) adalah sesuai Line Speed. Tentu tidak bisa full 100% karena ada degradasi jaringan dan banyak aspek lainnya.

http://www.id-ddns.net/images/ddns-small.jpg

Re: QoS SPEEDY

nambahin dikit, QoS tersebut adalah QoS untuk Line Speed Internasional alias IX. nah kalo speed domestik bisa full, tapi tidak bisa full 100% karena ada degradasi jaringan dan banyak aspek lainnya.

perlu dicermati lagi bahwa QoS untuk IX tersebut adalah nilai minimal dari sebuah layanan (paket) kenyataannya pelanggan mendapatkan speed jauh di atas itu. apabila mendapat dibawah itu, coba dicek kembalis status modemnya, dari mulai SNR margin, line atetnuation, modulation sampai data rate. karena speed yang di jamin telkom speed dedicated adalah dari modem sampai BRAS, setelah itu bandwidthnya shared dengan QoS di tabel atas.

5 (edited by windo 01-07-2009 18:54:09)

Re: QoS SPEEDY

ian wrote:

nambahin dikit, QoS tersebut adalah QoS untuk Line Speed Internasional alias IX. nah kalo speed domestik bisa full, tapi tidak bisa full 100% karena ada degradasi jaringan dan banyak aspek lainnya.

perlu dicermati lagi bahwa QoS untuk IX tersebut adalah nilai minimal dari sebuah layanan (paket) kenyataannya pelanggan mendapatkan speed jauh di atas itu. apabila mendapat dibawah itu, coba dicek kembalis status modemnya, dari mulai SNR margin, line atetnuation, modulation sampai data rate. karena speed yang di jamin telkom speed dedicated adalah dari modem sampai BRAS, setelah itu bandwidthnya shared dengan QoS di tabel atas.

@mas ian...
1. berarti patokan nya apabila bandwith internasional kita (misal up to 1 Mb)kurang dari setengah standart qos diatas (344 kbps dikurangi hambatan di jalur akses misal setengah nya ) kita berhak komplain

2. praduga pribadi aja... seperti nya telkom tdk berani menampilkan standart qos nya mungkin di sebab kan kualitas jaringan nya yang berbeda beda tiap lokasi, shg berakibat bandwith yg di terima pelanggan berbeda

3. apakah standart qos yang di tampilkan oleh  om_mustofa juga di ketahui oleh pihak telkom yang di daerah.. shg apabila terjadi komplain bisa menanggapi dengan benar dan baik ( cuma bertanya... wink)  )

http://img21.imageshack.us/img21/3261/nyemot3.gif

6 (edited by NoRacism.ORG 01-07-2009 22:27:23)

Re: QoS SPEEDY

mustofa wrote:

http://download.ei-ji.net/Gambar/qos.jpg

untuk semi_unlimited_1 : QOS = 12KB/s .. ??
yang ditampilkan speedy baik saat promo-promo maupun di situs resmi adalah upto 384Kbps (~48KBps)..
( tidak sedikitpun disinggung mengenai QOS yg "sebegitunya" )..

ini,, para konsumen yang tidak teliti,,
atau JUSTRU mind-games dari pihak speedy y mas?
(hanya bertanya.. :-)

==============================

"More Information More Knowledge More Wise"

Re: QoS SPEEDY

yup... diberi sticky... sesuai harapan sy...
sebenernya klo jeli banyak yg harus diberi sticky...

good luck para admin dan mod...

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: QoS SPEEDY

NoRacism.ORG wrote:

untuk semi_unlimited_1 : QOS = 12KB/s .. ??
yang ditampilkan speedy baik saat promo-promo maupun di situs resmi adalah upto 384Kbps (~48KBps)..

nah ini salah satu contoh yang kurang teliti ... tongue kan sudah saya sebutkan berulang - ulang dari dulu juga

ian wrote:

... speed yang di jamin telkom speed dedicated adalah dari modem sampai BRAS, setelah itu bandwidthnya shared dengan QoS di tabel atas.

jadi jika status modem anda sudah tertera sesuai dengan paket yang diambil berarti kewajiban telkom sudah terpenuhi. lain halnya juka paket yang diambil speedy 3 mbps tapi status modem hanya tertera 1024 kbps nah ini bisa komplain, bisa jadi karena line speed di DSLAM belum dirubah atau memang kondisi jaringan yang jelek. Seandainya kondisi jaringan yang jelek, setelah kita mengganti kabel dari KTB sampai splitter maka kita berhak untuk meminta telkom mengganti jaringan dari DW - DP.

sekali lagi saya tekankan bahwa kenalilah produk yang anda beli, jangan sampai anda kecewa karena ekspektasi yang berlebihan.

9 (edited by jadesterne 02-07-2009 11:01:29)

Re: QoS SPEEDY

Untuk Masalah Line IX Speedy yg pada Jongkok sejak 3 bln terakhir, menimbang :

Kontrak Berlangganan Sambungan Telekomunikasi "Telkom Speedy"
Antara PT. Telekomunikasi Indonesia Dengan Pelanggan.

Pasal 3. Hak, Kewajiban, Tanggung Jawab dan Larangan Para Pihak
Ayat 6. Kewajiban Telkom
Poin a. Memberikan Pelayanan yang BAIK, JUJUR dan TRANSPARAN Kepada PELANGGAN.

Menurut pendapat para sahabat dan sesepuh...Apakah pihak Telkom sudah memenuhi point BAIK, JUJUR dan TRANSPARAN untuk masalah ini???

Secara pribadi menurut saya, Pihak Telkom Terlalu Arogan untuk berlaku JUJUR dan Transparan dalam menyikapi masalah ini. Bagaimana tidak, dari awal pemasangan speedy selama lebih kurang 7 bln saya menikmati layanan yg prima (download dr ln IX berjalan antara 115-120kbps) tetapi sejak 3 bln yg lalu kecepatannya tiba-tiba turun hingga kurang dari 50kbps. Sebagai pengguna timebase tentunya merasa sangat di rugikan, usaha komplain sudah dilakukan berulang kali tetapi dari pihak telkom sendiri tidak pernah memberikan penjelasan yg logis dan masuk akal. Jawabannya selalu sama "Laporan anda kami terima dulu" tanpa adanya tindak lanjut yg bermanfaat.

Hal yg mengganjal, mengapa hanya pada waktu pelaksanaan WORLD OCEAN CONFERENCE kecepatanya bisa di kembalikan.....apakah karena Speedy sebagai penyedia layanan akses Internet kecepatan tinggi merasa malu kepada para delegasi Internasional dengan layanannya yg merayap???

Saatnya untuk JUJUR... "JANGAN ADA DUSTA DI ANTARA KITA"

Re: QoS SPEEDY

@ bang mustofa & ian :
klo boleh tahu,, abang-abang ini pakai speedy juga atau ISP lain??
kalau speedy, boleh dnk di share Bandwith yang diterima..
masa' si ga ngalamiin problem IX yg JONGKOK kayak kite2 disini..

==============================

"More Information More Knowledge More Wise"

Re: QoS SPEEDY

NoRacism.ORG wrote:

@ bang mustofa & ian :
klo boleh tahu,, abang-abang ini pakai speedy juga atau ISP lain??
kalau speedy, boleh dnk di share Bandwith yang diterima..
masa' si ga ngalamiin problem IX yg JONGKOK kayak kite2 disini..

Saya pake speedy (3 line beda lokasi) juga seperti anda atau yang lainnya.  1) Di rumah pake paket speedy Game digunakan untuk warnet.  2) Titip di rumah adik pake paket speedy Executive digunakan untuk RT/RW-net dengan jumlah pengguna sebanyak 18 orang.  3) Di rumah anak saya pake paket speedy Game digunakan untuk warnet.

Koneksi speedy saya juga tidak selalu mulus kok, cuma frekuensinya sekira 10%, sehari ngedrop sekira 2-3 jam. Untuk yang paket Game rata-rata saya dapat 850 kbps (kalau warnet lagi penuh, minimal 4 terminal, karena setiap terminal saya set bandwidthnya 96 kbps dengan limit 256 kbps). Untuk yang paket Executive rata-rata saya dapat 1,6 Mbps (kalau member rt/rw-net lagi aktif, minimal 6 terminal, karena setiap terminal saya set bandwidthnya 96 kbps dengan limit 256 kbps).
Beberapa minggu ini koneksi internasional sedang ngedrop, katanya sedang ada perbaikan.

Router saya pake Ubuntu 9.04 dengan Squid-ZPH + WebHTB.

Ini speedtest saya ke IIX
http://www.speedtest.net/result/508341306.png

HTH.

http://www.id-ddns.net/images/ddns-small.jpg

12

Re: QoS SPEEDY

NoRacism.ORG wrote:

@ bang mustofa & ian :
klo boleh tahu,, abang-abang ini pakai speedy juga atau ISP lain??
kalau speedy, boleh dnk di share Bandwith yang diterima..
masa' si ga ngalamiin problem IX yg JONGKOK kayak kite2 disini..

saya pakai speedy juga kok, siang ini sepertinya mulai berangsur normal :
http://www.speedtest.net/result/508350993.png

Re: QoS SPEEDY

Nah kebetulan ni dr kemaren ada yg pengen ak tanyain soal speed dari speedy ini...
Ak br pasang speedy family yg katanya dpt jatah 384Kbps sampe 3GB...
yg ak penasaran...dengan quota segitu...SEHARUSNYA...berapa si speed untuk download dan upload yg SEMESTINYA...???? baik untuk donlod dari situs lokal maupun internasional....
makasih banyak sebelumny untuk jawaban dari temen2 disini...

-best regard-
nomen

Re: QoS SPEEDY

@ kang mustofa :
thx bget nie dagh share koneksi nya..
kesimpulan : anda pun mengalami DROP namun ~ 10% (sekitar 2-3 jam dalam sehari)..
berarti kita-kita disini sama-sama DROP tapi si akang cukup berntung karena berkisar 10% ,
saia dan kawan-kawan kampus 100% pak.. ^^

mustofa wrote:

Beberapa minggu ini koneksi internasional sedang ngedrop, katanya sedang ada perbaikan.

ho..sedang ada perbaikan rupanya...
bersyukur due dapat info seperti ini,,, artinya sedang ada langkah ke arah yang lebih baik (tentunya selama perbaikan menurut saia wajar saja terjadi DOWN seperti sekarang, semoga cepat berlalu...............) .

Btw router nya pakai ubuntu 9.04 ? ^^kalau saia untuk laptop baru saja mau migrasi dari Microsoft ke Ubuntu 9.04 Desktop Edition (setelah UAS selesai..), Mohon bimbingannya....^^

@ kang ian :
iyap kang.. ^^ trims info nya,, nanti malam saaia cek....

==============================

"More Information More Knowledge More Wise"

15 (edited by CruiZ 02-07-2009 17:09:35)

Re: QoS SPEEDY

saya pernah ke plaza spedy  dan cobain paket 1 m 2 m dan 3 mpbs

saya test pake speedtest.net ke negara yang sama semuanya dan alhasil koneksi internasionalnya sama semua ga jadi dech saya upgrade koneksi.

klo gak salah di kontrak ada tulisan klo 1mpbs itu garansi ke iix ajah  klo internasional mah ga ada garansi, soalnya gua dah berbulan2 komplain tentang maslah koneksi lemot iixnya dan gak di gubris, tapi akhirnya ada teknisi ngomong  garansi 1mpbs 2 mpbs dan lain2 itu  garansi iix dan sudah tertulis di kontrak
jadi yang pake spedy kalian semua sudah  TERTIPU!!!!!!!

hahaha

Re: QoS SPEEDY

tinggal satu nih yang belum terealisasi(ribet nulisnya):)

1. Gimana caranya supaya ada petinggi speedy ikutan dalam forum ini
2. Gimana caranya supaya petinggi speedy bisa tongkrongin ni forum supaya memberi solusi
    atas pertanyaan seputar layanan speedy

"LANJUTKAN" pelayanan speedy "LEBIH CEPAT LEBIH BAIK" biar sekencang motor "MEGAPRO" karena "HARAPAN ITU MASIH ADA"

kkkkkkkkkk....

Real friendship is a rare and precious gift, strong,
stable, yet fragile, and never to be taken for granted

17 (edited by bebas 02-07-2009 17:23:03)

Re: QoS SPEEDY

kang...pake paket yang 3 mbps ya? kok bisa segitu...settingnya gimana? saya rencananya mo migrasi juga...mohon bimbingannya...
saya cuma segini pake paket 1 mbps....adakah yang salah dengan settingan modem, komputer dll? atau malah masalah kabel? karena di modem datanya seperti ini...
                       Downstream  Upstream
SNR Margin (dB):     33.0      31.0
Attenuation (dB):     20.0      7.5
Output Power (dBm):     0.4      16.8
dan pake mode G.dMT

ini hasil speedtest
http://www.speedtest.net/result/508462351.png

terima kasih...kang

Real friendship is a rare and precious gift, strong,
stable, yet fragile, and never to be taken for granted

18

Re: QoS SPEEDY

ya, saya memang menggunakan speedy 3 mbps. status modem ditempat saya seperti ini :

http://opensource.telkomspeedy.com:5432/furusato/files/images/stat_3_mbps.jpg

19 (edited by antonio_glory 02-07-2009 18:14:25)

Re: QoS SPEEDY

Memang secara pribadi menurut saya, Pihak Telkom  sangat AROGAN tdk JUJUR dan TRANSPARAN dalam menyikapi masalah ini. Bagaimana tidak, dari awal pemasangan speedy  (download dr lokal maupun internasional biasanya berjalan antara 110-120kbps) tetapi sejak 2 bln yg lalu kecepatannya tiba-tiba turun atau drop hingga kurang dari 50% nya, dan ini sangat merugikan pelanggan yg menggunakan timebase. Dan saya sendiri tau betul paket 50 jam time base yg saya gunakan seharusnya mendapatkan bandwidth smp 1 kbps atau sekitar 110 -120 KBps. Usaha komplain sudah dilakukan berulang kali tetapi dari pihak telkom sendiri tidak pernah memberikan penjelasan yg logis dan masuk akal. terakhir ada org telkom dtg ke tmp saya, setelah di cek dia blg kondisi modemnya bgs ga ada mslh, stelah itu dia blg lg hy melaporkan ke pusat, jd meskipun org telkom dtg ke tmp saya tdk ada pemecahan mslh sm skali.  jd untuk apa org telkom dtg ke tmp saya kl ternyata tdk ada solusinya, sm sperti yg sbelum2nya, tdk ada perubahan.... Kl Seandainya pihak Telkom mengatakan jujur sedang dlm perbaikan, setelah itu dpt menginformasikan makan wkt brp lama perbaikannya saya jg bs mengerti, dr pd sperti skarang tdk ada kepastian sm skali...

20 (edited by windo 02-07-2009 23:05:42)

Re: QoS SPEEDY

http://www.speedtest.net/result/508563928.png

http://www.speedtest.net/result/508586265.png

kira 2 kalo kecepatan segitu sdh masuk qos apa belom yaaa... mohon penjelasan nya.. masih newbie nih

saya masih di kampung jadi cuma memakai speedy office aja.. maaf cuma bertanya..:)

http://img21.imageshack.us/img21/3261/nyemot3.gif

Re: QoS SPEEDY

boleh numpang tanya,

apa beda QoS user yang mendapatkan IP 118.xyz.xyz.xyz
dengan user yang IP nya 125.xyz.xyz.xyz

kalo gk sala kata pak IAN, IP yang 118.xyz.- entah apa nya astinet gitu..(lupa), jadi lebih mantap dari yang 125.xyz.-....

THX dolo ye

Re: QoS SPEEDY

om ... bisa gak data qos tsb diatas dijadikan referensi untuk meminta haknya konsumen, tentunya sebelumnya telah yakin bahwa kondis status dan jaringan sudah baik. terus ... khan kalo komplain ke CS, sebagian besar tidak mengerti masalah teknis tsb, kira2 kepada siapa untuk komplainnya tsb diarahkan ....

terima kasih telah memberikan informasi yang sangat mendasar bg konsumen speedy
keep sticky om ....

=================================================
Bersahabat dengan PfSense dan KIOSer
http://lh5.ggpht.com/_EoHpBdvKwL8/TSfJzYIQekI/AAAAAAAACUk/SafJX7cMjBo/s800/powere.jpg

Re: QoS SPEEDY

serangku wrote:

om ... bisa gak data qos tsb diatas dijadikan referensi untuk meminta haknya konsumen, tentunya sebelumnya telah yakin bahwa kondis status dan jaringan sudah baik. terus ... khan kalo komplain ke CS, sebagian besar tidak mengerti masalah teknis tsb, kira2 kepada siapa untuk komplainnya tsb diarahkan ....

terima kasih telah memberikan informasi yang sangat mendasar bg konsumen speedy
keep sticky om ....

@mas serangku

sebelum kita jadikan patokan... kita harus tahu dolo data tsb sumber nya dari mana... tdk mungkin kita mengajukan komplain dengan data yg tdk bisa kita sebutkan sumber nya...

secara logika aja.. data tsb dolo nya ada di website resmi speedy... kenapa sekarang tdk ada.. coba mas pikir kan...

http://img21.imageshack.us/img21/3261/nyemot3.gif

Re: QoS SPEEDY

ian wrote:

nambahin dikit, QoS tersebut adalah QoS untuk Line Speed Internasional alias IX. nah kalo speed domestik bisa full, tapi tidak bisa full 100% karena ada degradasi jaringan dan banyak aspek lainnya.

perlu dicermati lagi bahwa QoS untuk IX tersebut adalah nilai minimal dari sebuah layanan (paket) kenyataannya pelanggan mendapatkan speed jauh di atas itu. apabila mendapat dibawah itu, coba dicek kembalis status modemnya, dari mulai SNR margin, line atetnuation, modulation sampai data rate. karena speed yang di jamin telkom speed dedicated adalah dari modem sampai BRAS, setelah itu bandwidthnya shared dengan QoS di tabel atas.

mas ian...

kalo berpatokan dengan apa yang mas ian katakan... kaya na banyak pelanggan speedy yang akan komplain deh... maaf punya saya masih versi lama.. akan tetapi rata 2 yang di terima adalah maksimal 500 kbps untuk akses lokal nya dan maksimal 300 kbps untuk akses internasional nya...

maaf sekedar urun bicara saja

http://img21.imageshack.us/img21/3261/nyemot3.gif

Re: QoS SPEEDY

ian wrote:

ya, saya memang menggunakan speedy 3 mbps. status modem ditempat saya seperti ini :

http://opensource.telkomspeedy.com:5432 … 3_mbps.jpg

kang tolong dong setingan untuk Linksys AG241V2 nya. tx