Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

mohon maaf sebelumnya kalo pertanyaan ini terkesan cupu  smile
maklum baru belajar tongue
saya install openVPN di win2003 dan server sudah terkoneksi dengan client dari server tidak bisa ping IPVPN server sendiri dan tidak bisa ping IPVPN client, sedangkan dari client bisa pin IPVPN client sendiri tetapi tidak bisa ping IPVPN server....
kira2 permasalahannya di mana ya???  @___@
apakah setelah openVPN terkoneksi saya bisa mengkonekkan ODBC Sql Server sama seperti saya memakai VPN Telk*m??

Terima kasih pencerahannya  smile

~Work Hard, Play Harder~

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

ijin menyimak om moderator.. smile

53 (edited by yogii 11-10-2010 21:26:40)

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

blm ada lanjutannya nih om momod, saya izin ikutan belajar ya om untuk menambah ilmu saya yang masih sekecil semut?? smile

ada beberapa pertanyaan master,

1.jadi setelah membangun vpn ini apakah hanya dapat meremote 1 komputer saja atau bisa 2 bahkan lebih komputer dalam lan yang berada dibawah wan?

2.                 WAN A --------------- VPN------------- WAN B (ip 10.10.10.20)
                (ip 10.10.10.10)                                       |
                                                      ip 192.168.3.10-192.168.3.20

   Misalkan dari WAN A, bagimana cara saya mengakses folder yang telah dishare pada client WAN B ip 192.168.3.10 dan 192.168.3.11?

dan bagaimana cara saya mendefenisikan banyak ip tersebut di router agar bisa di akses?

Mohon pencerahannya kepada awam seperti saya om moderator.
Terima Kasih banyak atas sharing ilmunya, semoga ilmu berbuah pahala yang berlimpah amin.. smile

54 (edited by woodyimut 29-12-2010 13:58:15)

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

Mau ikut nimbrung nih.....,saya dah berhasil untuk mengkoneksikan site to site via openVPN, tapi cuman untuk 2 site,(kantor A-B) gimana supaya bisa mengkoneksikan 3 site atau lebih....


                                                          KANTOR A/openVPN server
                                                                               |

                                          ----------------------      INET      ------------------
                                          |                                                                   |
                                   openvpn client                                             openvpnclient 
                                          |                                                                   |             
                                    KANTOR B                                                     KANTOR C



Mungkin ada teman2 yang bisa membantu...., thanks before

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

silahkan main2 kesini

http://www.smallnetbuilder.com/security … th-openvpn

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

ikurniawan wrote:

ikutan ya kakak2 senior maklum saya masih awam, kalau untuk setting VPN di router speedy bagaimana ya? apa saja yang harus di input smile

aq punya pertanyaan yang sama dengan ini,,tolong bantuannya dunk tuk nubie ini suhu,,,

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

@ woody smile

saya dah berhasil untuk mengkoneksikan site to site via openVPN, tapi cuman untuk 2 site,(kantor A-B) gimana supaya bisa mengkoneksikan 3 site atau lebih....

untuk menyambungkan 2 atau lebih VPN site - istilahnya disebut DMVPN - dynamic multipoint VPN - sila dicari dulu saja ya, karena penjelasannya cukup panjang smile

cara kerjanya sebenarnya cukup sederhana yaitu masih berkisar pada proses routing antara 3 atau lebih site tersebut hanya saja kadangkala ada yang tidak kompatibel smile

insyaAlloh, semoga membantu smile

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

DMVPN.. istilah cisco sekali big_smile

reza vendor netral aja deh

silahkan main2 kesini

http://packetgeek.securitygeek.net/2009 … iscos.html
sepertinya ada solusi opensourcenya


hth
smile

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

@ faisal smile

DMVPN.. istilah cisco sekali big_smile

reza vendor netral aja deh

hehehe... ambil manfaat baiknya saja = anggap saja DMVPN itu istilah generik smile
DM = dynamic multipoint -> kan sudah bisa diambil pengertian generiknya smile

ditambah dgn penambahan penjelasan abdi berikutnya - mohon disimak kembali smile

cara kerjanya sebenarnya cukup sederhana yaitu masih berkisar pada proses routing antara 3 atau lebih site tersebut hanya saja kadangkala ada yang tidak kompatibel smile

insyaAlloh, yg coba abdi ambil adalah NEXT_HOP dalam proses routing ke spoke_site selanjutnya setelah sebuah spoke_router sambung ke hub_router , jadi bukan masalah proprietary atau oss - ini hanya masalah routing smile

mohon dikoreksi bila salah ya smile

insyaAlloh semoga membantu smile

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

OK...meluncur ke TKP gan.....,thanks....atas referensinya....:))

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

masih bingung nih..gan, dah saya coba beberapa tapi tetep gk connect2 untuk client lebih dari satu...,mungkin sudah ada yng menemukan openvpn site to multipoint...???
saya mengunakan os clearos untuk routenya

thanks atas bantuannya..

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

woodyimut wrote:

masih bingung nih..gan, dah saya coba beberapa tapi tetep gk connect2 untuk client lebih dari satu...,mungkin sudah ada yng menemukan openvpn site to multipoint...???
saya mengunakan os clearos untuk routenya

thanks atas bantuannya..

coba cari trouble-shoot di situs openVPN, terkadang perlu bantuan iptables untuk DNAT dan SNAT agar kedua sisi bisa saling komunikasi... menurut pengalaman saya sih, tapi klo di ClearOS saya kurang tahu tetapi seharusnya sama saja koq...

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

ikutan nimbrung nih.. masih newbie soalnya smile

saya mau tanya nih, saya kan masih baru di linux, jadi coba2 buat koneksi vpn pake openvpn. begini kurang lebih skemanya:
(peer to peer)

pc rumah(ubuntu 8.04) <---> modem cdma <---> intenet <--> modem gsm <---> laptop (win xp)
     |                                                                                                                     |
      --------------------------------------------------------- openvpn (vpn) --------------------------------------

yang mau saya tanyakan adalah:
1. apakah koneksi tersebut dapat dilakukan ,soalnya saya sudah coba tapi selalu gagal (salah seting mungkin)
2. untuk file konfigurasi server.conf dan client.ovpn kira2 bagaimana bentuknya?
3. sebagai info, laptop (win xp) yang melakukan dial ke pc rumah (ubuntu) jadi pakai openvpn GUI untuk windows.

dan apabila pecobaan ini dilakukan di vmware, maka bagaimana cara setingannya?
soalnya tadi saya baca kalo vpn dapat di sim,ulasikan menggunakan vmware.

mohon pencerahan dari para master, soalnya saya dah hampir setress akibat percobaan ini
terima kasih sebelumnya.

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

@jimmy2362

VPN seperti topology anda ini bisa dilakukan koq...
sudah benar, ubuntu-nya jadi VPN server dan si laptop men-dial-nya,

klo menggunakan CMWare,
jangan salah mengatur interface-nya

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

65 (edited by jimmy2362 08-08-2011 04:09:02)

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

sebelumnya terima kasih buat bang opick atas jawabannya. (tapi request pertemanan saya di facebook kok ga di respon ya sad )
begini bang opik serta master2 semuanya, saya sudah bisa melakukan koneksi diantara keduanya (baik server dan client sudah sama2 bisa ping) terus yang saya mau tanyakan kenapa ya kok koneksi keduanya hanya bisa lewat browser saja. jadi untuk folder sharing dan file nya baik di client dan server sama2 tidak bisa di akses. untuk ubuntu saya coba pasang xampp trus bisa di loading oleh client.
apakah memang open vpn ini hanya untuk koneksi melalui browser saja (web server) ataukah dapat juga dilakukan  koneksi secara langsung (browse file layaknya jaringan lokal, file yg di share saja) saya masih bingung nih.
saya juga mau tanyakan bagaimana topologinya?

apakah seperti ini?

komp desktop (ubuntu) <--> modem cdma <--> internet <--> modem cdma <--> laptop (xp)
           |                                                                                                                 |
           ------------------------------------------- tunnel ----------------------------------------

#disini maksudnya si "clent" bisa melihat file yg di share oleh server (ubuntu) secara langsung,

atau seperti ini?

komp desktop (ubuntu) <--> modem cdma <--> internet <--> modem cdma <--> laptop (xp)
     |     |                                                                                                                 |    |
     |      -------------------------------------------tunnel ---------------------------------------     |
     |                                                                                                                             |
[jaringan lan 1]                                                                                                     [jaringan lan 2]

#disini maksudnya si "clent" dan si "server" harus memiliki jaringan lan masing2, jadi keduanya hanya bertindak sebagai gateway saja. dan browse file hanya bisa dilakukan oleh "jaringan lan 1" dan "jaringan lan 2" saja.

mohon petujuknya para master2 sekalian smile

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

VPN memang fungsinya menghubungkan 2 jaringa LAN dengan meng-enkrip melewati jaringan public agar secure, tentunya dari sisi client dan server bisa sharing apapun mulai file didalam folder share sampai akses lainnya...

memang betul, VPN bermacam-macam...
topology ke dua itu adalah VPN site-to-site...
LAN 1 dan LAN 2 jangan ber-subnet sama agar mudah di implementasikannya masalah ip route maupun DNAT dan SNAT-nya...

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

mas saya punya topologi vpn kaya gini :


Client 1                                     Server                                Client2
eth0: 192.16.10.10----------eth0:192.16.168.100---------eth0:172.16.253.10
tun0: 10.8.0.6                    tun0: 10.8.0.1                     tun0:10.8.0.10

di Client1, routing menuju network 192.16.168.0 gw 10.8.0.6 -->lewat tunneling
route add -net 192.16.168.0/24 gw 10.8.0.6 devtun0

tpi saat d traceroute mase menggunakan jalur fisiknya, bukan lewat tunneling

dmana masalahnya mas ??
mohon bantuannya,

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

misi om2 para mastah ikut nimbrung ni , pgn belajar

misi gan,mw tanya tentang vpn dan ip routing yang berhubungan dengan tugas akhir ane ni, 
untuk topologi nya seperti ini

karena untuk uji coba jadi didesain untuk jaringan lokal
desainya kira2 seperti ni ;

                   

freenas/ File Server <-------> [PC ROUTER + VPN SERVER] <==========  CLient vpn
eth0 : 192.168.2.2/24                 eth0 : 192.168.2.1/24        tunnel chanel     ip 192.168.0.2/24
                                                eth1 : 192.168.0.1/24



jadi disini tersedia vpn server dengan pc router yang menggunakan linux (debian lenny),
klien yang ingin mengakses ke ftp server dalam kasus ini freeNas harus terhubung dengan vpn,

karena saya cukup nubie untuk permasalahan ini, yang ingin ane tanya;

-konfigurasi ip routing pada server sehingga klient dapat terkoneksi ke file server
-ane menggunakan openvpn, sedkit review dan referensi agar desain di atas dapat di impementasikan


mohon pencerahannya, dan ane sangat berterima kasih buat kontribusi dan bantuannya  smile

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

assalamualaikum.saya orin mahasiswa tingkat akhir yang lagi buat proyek akhir tentang VPN. mau tanya kalo tomatoUSB sma firmware tomato versi baru 1.28 sama ngga sih??minta jawabannya ya akang2 sma pa onno. mksih

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

misi mastah2, ane ijin nanya dong...

ane ada kendala ketika setting server.conf pd OpenVPN ane....

#################################################
# Sample OpenVPN 2.0 config file for #
# multi-client server. #
# #
# This file is for the server side #
# of a many-clients <-> one-server #
# OpenVPN configuration. #
# #
# OpenVPN also supports #
# single-machine <-> single-machine #
# configurations (See the Examples page #
# on the web site for more info). #
# #
# This config should work on Windows #
# or Linux/BSD systems. Remember on #
# Windows to quote pathnames and use #
# double backslashes, e.g.: #
# "C:\\Program Files\\OpenVPN\\config\\foo.key" #
# #
# Comments are preceded with '#' or ';' #
#################################################

# Which local IP address should OpenVPN
# listen on? (optional)
local 192.168.0.110

# Which TCP/UDP port should OpenVPN listen on?
# If you want to run multiple OpenVPN instances
# on the same machine, use a different port
# number for each one. You will need to
# open up this port on your firewall.
port 80

# TCP or UDP server?
;proto udp

# "dev tun" will create a routed IP tunnel,
# "dev tap" will create an ethernet tunnel.
# Use "dev tap0" if you are ethernet bridging
# and have precreated a tap0 virtual interface
# and bridged it with your ethernet interface.
# If you want to control access policies
# over the VPN, you must create firewall
# rules for the the TUN/TAP interface.
# On non-Windows systems, you can give
# an explicit unit number, such as tun0.
# On Windows, use "dev-node" for this.
# On most systems, the VPN will not function
# unless you partially or fully disable
# the firewall for the TUN/TAP interface.
;dev tap
dev tun

# Windows needs the TAP-Win32 adapter name
# from the Network Connections panel if you
# have more than one. On XP SP2 or higher,
# you may need to selectively disable the
# Windows firewall for the TAP adapter.
# Non-Windows systems usually don't need this.
;dev-node VPN_Tap

# SSL/TLS root certificate (ca), certificate
# (cert), and private key (key). Each client
# and the server must have their own cert and
# key file. The server and all clients will
# use the same ca file.
#
# See the "easy-rsa" directory for a series
# of scripts for generating RSA certificates
# and private keys. Remember to use
# a unique Common Name for the server
# and each of the client certificates.
#
# Any X509 key management system can be used.
# OpenVPN can also use a PKCS #12 formatted key file
# (see "pkcs12" directive in man page).
ca /etc/openvpn/easy-rsa/keys/ca.crt
cert /etc/openvpn/easy-rsa/keys/server.crt
key /etc/openvpn/keys/easy-rsa/server.key # This file should be kept secret

# Diffie hellman parameters.
# Generate your own with:
# openssl dhparam -out dh1024.pem 1024
# Substitute 2048 for 1024 if you are using
# 2048 bit keys.
dh /etc/openvpn/easy-rsa/keys/dh1024.pem

# Configure server mode and supply a VPN subnet
# for OpenVPN to draw client addresses from.
# The server will take 192.168.0.110 for itself,
# the rest will be made available to clients.
# Each client will be able to reach the server
# on 192.168.0.110. Comment this line out if you are
# ethernet bridging. See the man page for more info.
server 192.168.0.110 255.255.255.0

# Maintain a record of client <-> virtual IP address
# associations in this file. If OpenVPN goes down or
# is restarted, reconnecting clients can be assigned
# the same virtual IP address from the pool that was
# previously assigned.
ifconfig-pool-persist ipp.txt

# Configure server mode for ethernet bridging.
# You must first use your OS's bridging capability
# to bridge the TAP interface with the ethernet
# NIC interface. Then you must manually set the
# IP/netmask on the bridge interface, here we
# assume 10.8.0.4/255.255.255.0. Finally we
# must set aside an IP range in this subnet
# (start=10.8.0.50 end=10.8.0.100) to allocate
# to connecting clients. Leave this line commented
# out unless you are ethernet bridging.
;server-bridge 192.168.0.4 255.255.255.0 192.168.0.50 192.168.0.100

# Push routes to the client to allow it
# to reach other private subnets behind
# the server. Remember that these
# private subnets will also need
# to know to route the OpenVPN client
# address pool (10.8.0.0/255.255.255.0)
# back to the OpenVPN server.
;push "route 192.168.0.0 255.255.255.0"
;push "route 192.168.0.100 255.255.255.0"

# To assign specific IP addresses to specific
# clients or if a connecting client has a private
# subnet behind it that should also have VPN access,
# use the subdirectory "ccd" for client-specific
# configuration files (see man page for more info).

# EXAMPLE: Suppose the client
# having the certificate common name "Thelonious"
# also has a small subnet behind his connecting
# machine, such as 192.168.40.128/255.255.255.248.
# First, uncomment out these lines:
;client-config-dir ccd
;route 192.168.0.128 255.255.255.248

# Then create a file ccd/Thelonious with this line:
# iroute 192.168.0.128 255.255.255.248
# This will allow Thelonious' private subnet to
# access the VPN. This example will only work
# if you are routing, not bridging, i.e. you are
# using "dev tun" and "server" directives.

# EXAMPLE: Suppose you want to give
# Thelonious a fixed VPN IP address of 10.9.0.1.
# First uncomment out these lines:
;client-config-dir ccd
;route 10.9.0.0 255.255.255.252

# Then add this line to ccd/Thelonious:
# ifconfig-push 10.9.0.1 10.9.0.2

# Suppose that you want to enable different
# firewall access policies for different groups
# of clients. There are two methods:
# (1) Run multiple OpenVPN daemons, one for each
# group, and firewall the TUN/TAP interface
# for each group/daemon appropriately.
# (2) (Advanced) Create a script to dynamically
# modify the firewall in response to access
# from different clients. See man
# page for more info on learn-address script.
;learn-address ./script

# If enabled, this directive will configure
# all clients to redirect their default
# network gateway through the VPN, causing
# all IP traffic such as web browsing and
# and DNS lookups to go through the VPN
# (The OpenVPN server machine may need to NAT
# the TUN/TAP interface to the internet in
# order for this to work properly).
# CAVEAT: May break client's network config if
# client's local DHCP server packets get routed
# through the tunnel. Solution: make sure
# client's local DHCP server is reachable via
# a more specific route than the default route
# of 0.0.0.0/0.0.0.0.
;push "redirect-gateway"

# Certain Windows-specific network settings
# can be pushed to clients, such as DNS
# or WINS server addresses. CAVEAT:
# http://openvpn.net/faq.html#dhcpcaveats
;push "dhcp-option DNS 4.2.2.1"
;push "dhcp-option DNS 4.2.2.2"

# Uncomment this directive to allow different
# clients to be able to "see" each other.
# By default, clients will only see the server.
# To force clients to only see the server, you
# will also need to appropriately firewall the
# server's TUN/TAP interface.
;client-to-client

# Uncomment this directive if multiple clients
# might connect with the same certificate/key
# files or common names. This is recommended
# only for testing purposes. For production use,
# each client should have its own certificate/key
# pair.
#
# IF YOU HAVE NOT GENERATED INDIVIDUAL
# CERTIFICATE/KEY PAIRS FOR EACH CLIENT,
# EACH HAVING ITS OWN UNIQUE "COMMON NAME",
# UNCOMMENT THIS LINE OUT.
;duplicate-cn

# The keepalive directive causes ping-like
# messages to be sent back and forth over
# the link so that each side knows when
# the other side has gone down.
# Ping every 10 seconds, assume that remote
# peer is down if no ping received during
# a 120 second time period.
keepalive 10 120

# For extra security beyond that provided
# by SSL/TLS, create an "HMAC firewall"
# to help block DoS attacks and UDP port flooding.
#
# Generate with:
# openvpn --genkey --secret ta.key
#
# The server and each client must have
# a copy of this key.
# The second parameter should be '0'
# on the server and '1' on the clients.
;tls-auth ta.key 0 # This file is secret

# Select a cryptographic cipher.
# This config item must be copied to
# the client config file as well.
;cipher BF-CBC # Blowfish (default)
;cipher AES-128-CBC # AES
;cipher DES-EDE3-CBC # Triple-DES

# Enable compression on the VPN link.
# If you enable it here, you must also
# enable it in the client config file.
comp-lzo

# The maximum number of concurrently connected
# clients we want to allow.
;max-clients 100

# It's a good idea to reduce the OpenVPN
# daemon's privileges after initialization.
#
# You can uncomment this out on
# non-Windows systems.
;user nobody
;group nobody

# The persist options will try to avoid
# accessing certain resources on restart
# that may no longer be accessible because
# of the privilege downgrade.
persist-key
persist-tun

# Output a short status file showing
# current connections, truncated
# and rewritten every minute.
status openvpn-status.log

# By default, log messages will go to the syslog (or
# on Windows, if running as a service, they will go to
# the "\Program Files\OpenVPN\log" directory).
# Use log or log-append to override this default.
# "log" will truncate the log file on OpenVPN startup,
# while "log-append" will append to it. Use one
# or the other (but not both).
;log openvpn.log
;log-append openvpn.log

# Set the appropriate level of log
# file verbosity.
#
# 0 is silent, except for fatal errors
# 4 is reasonable for general usage
# 5 and 6 can help to debug connection problems
# 9 is extremely verbose
verb 3

# Silence repeating messages. At most 20
# sequential messages of the same message
# category will be output to the log.
;mute 20


(ane bingung ketika mengisi form berkaitan dengan IP, port, netmask, router gateway dll ttg jaringan...)

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

Maaf numpang bertanya sama teman2 ..

saya sedang menyelesaikan VPN server dan VPN client,
VPN server menggunakan Windows Server 2008 dan telah dikonfigurasi VPNnya
dan di sisi Client pun sudah di konfigurasi, namun pada saat VPN Client konek terhadap VPN Server otomatis Internet tidak konek seperti membuka browser semisal Google.com dan jika di ping, tampil ''Request Time Out'' .

bagaimana caranya agar internet pada VPN Client tetap terkoneksi walau sedang dalam koneksi ke VPN Server.
Terima Kasih ...

Re: Proyek dokumentasi VPN dgn OpenVPN

mantep nih, harus dioptimalkan.