Topic: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

Untuk para penghobi antena, berikut ini ada disain antena sektoral dengan gain sekira 20 dB yang cukup mudah untuk dibuat.

http://www.baraya.net/images/InvAmos-4x5-00a.png
Tampak Depan
http://www.baraya.net/images/InvAmos-4x5-00b.png
Tampak Samping

Ukuran:
       mm wavelengths
A      33          0.27
B      61          0.50
C      61          0.50
D      21.5        0.176
E      21          0.172
F      10.8        0.0885
G      32.5        0.264             (from refl. surface to dipole wire axis)
X      102.5       0.840
dw     2           0.0164            (dipole elements copper wire diameter)

http://www.baraya.net/images/InvAmos-4x5-01.png
http://www.baraya.net/images/InvAmos-4x5-02.png
http://www.baraya.net/images/InvAmos-4x5-03.png

http://www.id-ddns.net/images/ddns-small.jpg

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

pak mus... refektor nya pakai apa nih?!

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

Reflektor boleh pake grid atau pelat biasa.

http://www.id-ddns.net/images/ddns-small.jpg

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

pengalaman saya, pakai PCB Blank....
agar gak karatan sy pilox dgn clear (sejenis pernis/pelapis).

tp temen sy pakai aluminium setebal 3-5cm hasilnya lebih bagus cuman berat...

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

opikdesign wrote:

pengalaman saya, pakai PCB Blank....
agar gak karatan sy pilox dgn clear (sejenis pernis/pelapis).

tp temen sy pakai aluminium setebal 3-5cm hasilnya lebih bagus cuman berat...

Tebel amat, 3-5 mm kali? big_smile
Kalau saya sih seringnya pake alumunium 1-1,5 mm.

http://www.id-ddns.net/images/ddns-small.jpg

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

mustofa wrote:
opikdesign wrote:

pengalaman saya, pakai PCB Blank....
agar gak karatan sy pilox dgn clear (sejenis pernis/pelapis).

tp temen sy pakai aluminium setebal 3-5cm hasilnya lebih bagus cuman berat...

Tebel amat, 3-5 mm kali? big_smile
Kalau saya sih seringnya pake alumunium 1-1,5 mm.

iya big_smile salah ketik... tongue

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

sepertinya ada yang kurang ....

masang pigtail nya dimana dan gimana ?
btw ... bener2 pencerahan ...
sip ... lah buat sesepuh kios ... big_smile

=================================================
Bersahabat dengan PfSense dan KIOSer
http://lh5.ggpht.com/_EoHpBdvKwL8/TSfJzYIQekI/AAAAAAAACUk/SafJX7cMjBo/s800/powere.jpg

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

serangku wrote:

sepertinya ada yang kurang ....

masang pigtail nya dimana dan gimana ?
btw ... bener2 pencerahan ...
sip ... lah buat sesepuh kios ... big_smile

Perhatikan warna ungu di tengah gambar pertama. Itu posisi untuk konektor. Penempatannya seperti ini.
http://www.baraya.net/images/balun-3.jpg
(Gambar ini untuk InvertedAmos yang bukan array)

http://www.id-ddns.net/images/ddns-small.jpg

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

sip, keren pak mus

kalo ada kesempatan pengen bikin ah,

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

si_faisal wrote:

sip, keren pak mus

kalo ada kesempatan pengen bikin ah,

udah bikin aja.... klo untuk jarak menengah lumayan bagus nih antena.

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

modalin ya big_smile

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

insya alloh saya coba buat dengan bahan2 yg tersedia di sini ...
insya alloh saya upload gambarnya setelah jadi ...
mumpung ada waktu longgar ... big_smile

mohom bimbingan pak mus ... big_smile

=================================================
Bersahabat dengan PfSense dan KIOSer
http://lh5.ggpht.com/_EoHpBdvKwL8/TSfJzYIQekI/AAAAAAAACUk/SafJX7cMjBo/s800/powere.jpg

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

Pak mus, ini antena sektoral atau directional ?

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

anto_DIGIT wrote:

Pak mus, ini antena sektoral atau directional ?

Terima kasih atas pertanyaan dam sekaligus koreksinya mas anto.

Antena InvertedAmos sebetulnya memang merupakan antena sectoral tetapi ketika dibuat dalam bentuk array, seperti di atas, yang terjadi bukan saja pada peningkatan gain tapi juga pada penyempitan lebar sudut-pancarnya.

Oleh sebab itu, antena ini lebih tepat disebut sebagai antena directional.

http://www.id-ddns.net/images/ddns-small.jpg

15 (edited by anto_DIGIT 30-08-2009 10:29:00)

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

Sebenarnya kalau antena sektoral 90, 120, dan 180 derajat lebih banyak yg membutuhkan.

Mungkin dijcoba jumlah array 2 saja, dan diperbanyak jumlah lipatan keatas & bawah x 2, Tapi vertical radiationnya akan menyempit.

PErbandingannya dng antena sektoral 8quad ?
http://picasaweb.google.com/gunpwk/Antena8QuadSectoral#

Kalau kita sudah punya antena omni 15dB, apakah kita bisa memodifikasinya menjadi antena sektoral, dng menambah reflektor dng ukuran dan jarak tertentu ?

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

pak mustofa,
kenapa di tempat saya tidak bisa lihat gambarnya ya?

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

pak mustofa, ukuran antena diatas ada hitung2annya gak? kenapa panjang masing seperti ini ?

Ukuran:
       mm wavelengths
A      33          0.27
B      61          0.50
C      61          0.50
D      21.5        0.176
E      21          0.172
F      10.8        0.0885
G      32.5        0.264             (from refl. surface to dipole wire axis)
X      102.5       0.840
dw     2           0.0164            (dipole elements copper wire diameter)

Terima kasih

18 (edited by anto_DIGIT 01-12-2009 08:30:24)

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

Antena ini apakah sebenarnya layak untuk dicoba ?
- Antenna ini butuh ketelitian tinggi ... menekuk kawat tembaga dng ukuran tepat dan sama persis itu susah juga ..apalagi mesti bikin 8 pasang ? Kalau tdk tepat bukannya malah mengurangi S/N ?
- sudut pola radiasinya horizontal-nya kecil, banyak dng antenna lain serupa yg lebih mudah membuatnya ..
- mending sedikit modif di antenna ini, yaitu dng mengurangi jumlah array jadi separonya saja, jadi 2x5  ... biar bener2 jadi antenna sektoral ..
Ada yg pernah coba dan berhasil ?

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

Ada tutorial pembuatannya yang lengkap gak. Butuh banget nih buat bikin antena di sekolah.

Mathur Thank You

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

@iron mouse pembuatan bisa dilihat: http://yu1aw.ba-karlsruhe.de/vhf_ant.htm.

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

mantab2....
pingin bikin tapi kira2 casingnya make apa yahh?
yg tahan panas hujan...

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

ada yg siap jual g? gue beli yg uda jadinya aja boleh g?

Yang kaya makin kaya, Yang miskin makin miskin, Yang korup makin korup, Yang pintar makin pintar, Yang bodoh makin bodoh, Yang jujur jadi bingung mau jujur terus atau tidak

23 (edited by kr15n4 06-12-2010 18:50:03)

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

....

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

kr15n4 wrote:
hate_spammer wrote:

ada yg siap jual g? gue beli yg uda jadinya aja boleh g?

kalo omni di sini: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2722005

itu yg jualnya kurang jelas boz....trus emang itu ud bagus modelnya ky yg bang opik buat? ada yg jual juga g parabola ky indivison? jd Misal bukan pake wajan tapi pake parabola j(biar g malu diliat tetangga)...siap beli

Yang kaya makin kaya, Yang miskin makin miskin, Yang korup makin korup, Yang pintar makin pintar, Yang bodoh makin bodoh, Yang jujur jadi bingung mau jujur terus atau tidak

Re: Antena Sektoral: InvertedAmos 4 x 5 elemen

serangku wrote:

    sepertinya ada yang kurang ....

    masang pigtail nya dimana dan gimana ?
    btw ... bener2 pencerahan ...
    sip ... lah buat sesepuh kios ... big_smile

Perhatikan warna ungu di tengah gambar pertama. Itu posisi untuk konektor. Penempatannya seperti ini.
http://www.baraya.net/images/balun-3.jpg
(Gambar ini untuk InvertedAmos yang bukan array)

Balun nya pake tipe kabel apa yah...? RG 58 U bisa gak...?