1 (edited by Denai 07-12-2009 17:57:12)

Topic: MOdem ADSL LYNKSYS vs Hujan

Dear All,

Saya ada masalah dengan jaringan internet saya (speedy office), setiap hujan koneksi saya selalu down pada awal hujan dan setelah hujan mulai reda..dan hal ini akan terus berulang jika beberapa saat kemudian hujan lagi.

Jika tidak ada hujan, koneksi lancar2 saja (bisa dibilang cukup cepat..).

saya mengunakan modem Lynksys AG241.


permasalah ini pernah saya laporkan ke pihak terkait (telkomspeedy)...147..dan operator nya menyatakan tidak ada masalah jaringan ditempat saya..(saya lapor pas koneksi down ..ssat hujan)
Saya juga pernah lapor melalui web telkomspeedy melalui keluhan pelanggan, kemudian beberapa hari kemudian teknisi nya telp saya  (tidak datang) dan menyatakan tidak ada masalah jaringan.
Dan teknisi itu mengklaim itu ada masalah di Modem Lynksys saya..
Beberapa kali saya telah menjelaskan ke teknisi speedy tersebut bahwa hal ini akan terjadi kalau hari hujan, jika tidak hujan tidak ada masalah dengan koneksi saya....
Tp teknisi tersebut tetap bersikukuh dengan pernyataan nya itu..

Mungkin teman2 di forum dan Om Mod bisa bantu saya, apa memang benar Modem ADSL Lynksys akan down koneksi nya jika ada hujan???



hasil test jika tidak hujan

Last Result:
Download Speed: 909 kbps (113.6 KB/sec transfer rate)
Upload Speed: 104 kbps (13 KB/sec transfer rate)
Latency: 123 ms
07 Desember 2009 17:47:192.168.129.172


hasil tes jika hujan (awl dan akhir hujan)

tidak ada..karena koneksi down


http://www.speedtest.net/result/644979859.png


terima kasih..

Re: MOdem ADSL LYNKSYS vs Hujan

@Denai

kabel telpon yang menuju rumah mungkin sudah jelek,Waktu hujan, kualitas koneksi jadi turun, kalo pakai modem lain mungkin gak masalah, tapi linksys rentan dengan kualitas tsb.
coba kirimkan status modemnya

Re: MOdem ADSL LYNKSYS vs Hujan

hal ini persis pernah terjadi di tempat saya waktu awal - awal berlangganan. padahal SNR margin > 41 dB, line attn < 3 dB tapi kalo ujan apalagi ada petir pasti putus - putus. usut punya usut ternyata kabel DW (yang warna item dari tiang sampe KTB) sudah usang dan di bagian sambungan kabelnya terendam air hujan. akhirnya semua kabel diganti dan di bagian sambungan yang ada di tiang telepon sudah diberi penutup. alhasil sudah 4 tahun lebih speedy ditempat saya tidak pernah ada masalah (kecuali gangguan dari sentral).

solusinya coba call 117 (pengaduan gangguan telepon). bilang minta cek jaringan telepon dengan alasan "kalau hujan teleponnya mati/kemrosok" pasti deh langsung teknisi jaringan (bukan teknisi speedy) dateng ke tempat anda.

memang gampang - gampang susah kalo nge-trace suatu masalah. karena apabila kita tidak tau masalahnya dan dilaporkan kepada bagian yang salah hasilnya permasalahan tidak kunjung teratasi.

mudah - mudahan dengan adanya forum ini bisa membantu untuk determine masalahnya dimana dan take action yang tepat ...

Re: MOdem ADSL LYNKSYS vs Hujan

Bisa juga diminta ke pihak telkom untuk mengganti kabel dengan yg baru, kalo bisa sich langsung sampai kedalem rumah kabelnya biar bagus, jangan cuma sampai terminal KTB doang, soalnya di terminal KTB suka berkarat dan merusak kualitas jaringan.
Jadi nanti si kabel baru cuma melewati KTB saja dan masuk kedalem rumah hingga nongol didepan modem sesuai permintaan anda.

Jangan sekali-kali memberikan tips, jika mereka minta uang tips hubungi telkom, dan kasih tahu nama orang yg meminta tips tersebut.

Wujudkan desa anda terkoneksi oleh Internet dengan baik.

Re: MOdem ADSL LYNKSYS vs Hujan

@Zetzu: saya juga punya pemikiran yang sama..hal tersebut juga sudah saya utarakan ke teknisi tersebut (via phone)..tp tetap saja bapak teknisi tersebut tidak mau kalah dengan alasan yang tadi...
@Om Ian : tq infonya..selama ini saya kalo telp ke 147..khusus speedy aja..belum coba ke 117
@Om Pandai :ok om..saya coba....

ini balasan dari TELKOM nya

[TELKOM] Help Desk: [Teknis] hujan dan speedy
...
Thu, November 12, 2009 9:08:56 AM
From:   
Customer Care Telkom <noreply@telkom.co.id>
...
Add to Contacts
To:    xxxxxxx
Bapak/Ibu Yth,

Terimakasih telah menghubungi kami melalui channel web in di Portal Telkom Speedy, mohon maaf atas ketidaknyamanannya dalam menggunakan layanan Telkom Speedy.

Setelah kami cek tidak ada masalah dengan koneksi Speedy Bapak/Ibu. Tapi kami tetap akan melakukan pengecekkan lebih lanjut untuk Speedy bapak.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kepedulian Bapak / Ibu terhadap layanan Telkom Speedy kami ucapkan terimakasih. “Memberikan Pelayanan Lebih Baik dan Lebih Personal adalah Obsesi Kami†.

Salam Hangat.

Customer Care DIVRE I SUMATRA


nb: sampai detik ini gak ada teknisi Telkom ataupun teksini Speedy yang datang...

salam,

denai

Re: MOdem ADSL LYNKSYS vs Hujan

Zetzu wrote:

@Denai

kabel telpon yang menuju rumah mungkin sudah jelek,Waktu hujan, kualitas koneksi jadi turun, kalo pakai modem lain mungkin gak masalah, tapi linksys rentan dengan kualitas tsb.
coba kirimkan status modemnya

@Zetzu :

berikut status modem saat ini ( sedang cerah cuaca disini)...

DSL Status:        Up             
                  DSL Modulation Mode:       GDMT           
                  DSL Path Mode:       INTERLEAVED           
                  Downstream Rate:       1024 Kbps           
                  Upstream Rate:       128 Kbps           
                  Downstream Margin:       4 db           
                  Upstream Margin:       28 db           
                  Downstream Line Attenuation:       61           
                  Upstream Line Attenuation:       28           
                  Downstream Transmit Power:       0           
                  Upstream Transmit Power:       0           
                                  

PVC Connection
                                              
                  Encapsulation:       RFC 2516 PPPoE           
                  Multiplexing:       LLC           
                  QoS:       UBR           
                  PCR Rate:       0           
                  SCR Rate:       0           
                  Autodetect:       Disable           
                  VPI:       8            
                  VCI:      81            
                  Enable:       Yes           
                  PVC Status:       Applied -- OK

Re: MOdem ADSL LYNKSYS vs Hujan

Update

Dear All,

Baru 3 jam setelah laporan ke 117, datang teknisi Telkom ke tempat saya (2 orang)..selang beberapa lama setelah menaiki tiang Telkom depan warnet saya ( tiang yang tidak ada Box dan tiang yang ada Box) dan memeriksa kabel dari tiang ke warnet saya..Bapak teknisi Telkom tersebut mengatakan belum ketemu titik cerah dari masalah tersebut karena dia tidak menemukan kabel yang luka dan bermasalah di Box dan di tiang..

kembali saya jelaskan masalah itu hanya ada saat hujan, sedangkan sekarang kan gak hujan..ya tidak ada masalah apa-apa.

kemudian Bapak teknisi tersebut memberi saran ke saya, jika hari mau hujan (mulai gerimis) coba dilepas dulu kabel dari spliter ke telpon dan lihat perkembangan nya. Karena bapak tersebut curiga ada kabel dari spilter ke telphon bermasalah.

info sambungan saya

Tiang------ spliter----------Modem
                         ----------telpon


salam

Denai

8 (edited by manyu62698 12-12-2009 05:23:38)

Re: MOdem ADSL LYNKSYS vs Hujan

mungkin dari perkabelan luar rumah...bisa saja kabel ada yang terbuka...
telp teknisi telkom..bukan teknisi speedy...
minta di periksa perkabelan luarnya...lama perbaikan biasanya tergantung yang komplen....yaaaahhh~...sering2 telp aja...komplen....sampe koneksi anda stabil..
kalo d rumah saya sih udah bner pas ujan...kgk down lagi..cuman ngabisin waktu 1minggu koq...soalnya teknisi telkomnya sekalian cek kabel2 yang lain
ehehehe

ada gratis knapa cari mahal??hidup gratisan!!
kalo ada yang lbih murah, knapa gk??
murah tapi bagus, lbih baik lagi!^^
lbih bagus,lbih murah..why not?^^

Re: MOdem ADSL LYNKSYS vs Hujan

loh kok sama ya..koneksi putus sambung aja bukan hanya hujan tp ketika g hujan jg putus sambung..tp saya pake modem d-link 520B dan kabel telp sdh ganti, ga pake splitter, ga di pake telp,dan yg jd kambing hitam adalah modemku...hbs apa lagi yg mo disalahin...he he..

Re: MOdem ADSL LYNKSYS vs Hujan

Koneksi speedy dirumah malah kebalikan, kalau panas koneksi jadi lelet, tapi kalau hujan malah dapat full speed tp putus2 dulu diawalnya.. minta ganti kabel dari micro dslam sampe ke rumah kata orang telkom belum ada kabelnya... any solution?

Re: MOdem ADSL LYNKSYS vs Hujan

wah, ini koq serem amat ya mas :

                  Downstream Transmit Power:       0           
                  Upstream Transmit Power:       0

koq bisa 0 keduanya... apa ini artinya enggak ada data sama sekali ??

mungkin bang ian bisa kasih saran ?

---------------------------------------

Speedless
That Speed You Can't Trust

Re: MOdem ADSL LYNKSYS vs Hujan

Denai wrote:

@Zetzu :

berikut status modem saat ini ( sedang cerah cuaca disini)...

DSL Status:        Up             
                  DSL Modulation Mode:       GDMT           
                  DSL Path Mode:       INTERLEAVED           
                  Downstream Rate:       1024 Kbps           
                  Upstream Rate:       128 Kbps           
                  Downstream Margin:       4 db           
                  Upstream Margin:       28 db           
                  Downstream Line Attenuation:       61           
                  Upstream Line Attenuation:       28           
                  Downstream Transmit Power:       0           
                  Upstream Transmit Power:       0           
                                  

PVC Connection
                                              
                  Encapsulation:       RFC 2516 PPPoE           
                  Multiplexing:       LLC           
                  QoS:       UBR           
                  PCR Rate:       0           
                  SCR Rate:       0           
                  Autodetect:       Disable           
                  VPI:       8            
                  VCI:      81            
                  Enable:       Yes           
                  PVC Status:       Applied -- OK

Line Attenuation terlalu besar, kayaknya ada masalah dengan jaringan/line teleponnya.
Jangan telp 147 atau 117. Percuma ! mereka bisanya cuman ngomong doang. Coba datang ke plaza telkom. Barangkali beruntung diurusin. Tapi kalo apes kayak saya : http://opensource.telkomspeedy.com/foru … p?id=10825

Mau bilang apa ? Harus lapor kemana ? Apa perlu kantor telkomnya dibakar skalian ?
ES MOSI MODE = ON