1 (edited by ThreeDee 02-09-2014 01:28:01)

Topic: Akses Internasional Telkom Speedy Medan Berantakan + Bermasalah

Ini terjadi malam harinya. Dari pagi sampai sore hari tidak ada masalah sama sekali. Tapi pada malam harinya akses ke website internasional semuanya bermasalah.

- Semua akses ke website internasional selalu error. Saya harus me-refresh beberapa belas kali sebelum akhirnya website yang dimaksud bisa diakses, itu pun dengan error (kehilangan format, gambar tidak dapat di-load, text tidak beraturan). Perlu beberapa kali refresh lagi sebelum akhirnya website bisa ditampilkan utuh, sebelum akhirnya error lagi dan harus di-refresh beberapa belas kali lagi.

- Semua download dari server luar dan upload ke server luar bermasalah. Hampir semua download terputus di tengah jalan. Sebagian besar error. Hanya beberapa yang bisa tetap berjalan dari NVIDIA dan Intel, itu pun dengan transfer rate yang tidak stabil dan selalu dibawah 30KB/s.

- Ping ke semua website internasional melonjak drastis. Rata-rata website bisa menembus 300-400ms dalam keadaan idle, dan 700-800 bahkan 1000-1200ms dan RTO kalau sedang ada akses. NVIDIA dan Intel bahkan menembus 500-700ms dalam keadan idle tidak ada akses.

- Anehnya akses lokal tidak terpengaruh sama sekali. Ping ke Telkom Speedy dan Open Source selalu dibawah 10ms. Tidak ada RTO. Tidak ada error. Semua website lokal dapat diakses tanpa masalah.

- Download dari server lokal pun bisa menembus 100KB/s dan tidak terputus.


Sekadar catatan untuk petugas Telkom Sumatera Utara supaya jangan cari-cari alasan:

- Teman-teman saya yang tinggal di daerah yang berbeda (Cemara Asri, Sutomo, Setia Budi) juga mengalami masalah yang sama pada malam harinya. Singkatnya, bukan saya saja yang kena.

- Router tidak ada masalah. Begitu juga dengan kabel telepon yang baru diganti. Jadi jangan kirim teknisi anda ke rumah saya lagi! Masalah di jaringan sentral atau sentral anda yang jelek, bukan di jaringan di rumah saya. Selalu seperti ini. Anda datang ke rumah, tidak menemukan masalah, balik ke kantor dan dari kantor anda menelepon, "...ternyata masalahnya di sentral/jaringan kita." Waktu terbuang percuma!

- Ini terjadi malam harinya dan tiba-tiba saja. Dari pagi sampai sore saya tidak mengalami masalah apa pun.