Topic: Melihat Dan Tips Menghilangkan Backdoor Pada Modem ADSL

Banyak yang berpikir bahwa Hacking itu adalah kerjaan anak kecil yang menggunakan skrip dan kelemahan sistem operasi ataupun kelemahan perangkat keras. Cari exploit terbaru, compile, dan jalankan maka Anda menjadi seorang Hacker. Hindari Hacker? Gunakan saja service pack terbaru, patch terbaru, antivirus terbaru, firewall dan IDS maka sistem anda akan aman dari hacker selamanya.

Anda salah besar jika berpikiran seperti itu. Jika ada yang mengatakan kepada anda "Komputer saya aman seratus persen karena bla, bla, bla, ... " maka bisa dipastikan itu adalah omong kosong. Tidak ada komputer yang aman seratus persen di dunia ini, kecuali jika anda menguburnya 100 meter dibawah permukaan tanah dan mematikannya permanen.


Backdoor? Apa Itu
-----------------

Ilustrasi: Backdoor itu diibaratkan adalah pintu belakang / pintu cadangan selain pintu utama pada suatu rumah yang mengijinkan tamu anda dan anda untuk masuk dan keluar. Misalnya: anda keluar rumah untuk membeli buku, anda keluar rumah untuk membeli jajanan, dan lain sebagainya.

Dengan menutup pintu ini, anda tidak dapat keluar untuk membeli buku, keluar untuk membeli jajanan, teman anda tidak dapat mengunjungi anda, dsb. Dalam dunia komputer pintu untuk keluar dan masuk adalah sebuah alat yang dinamakan Modem.


Cara Cek Backdoor Pada Modem Anda
----------------------------------

Untuk mengecek modem yang anda gunakan mempunyai backdooor atau tidak, anda dapat lakukan hal berikut:

1. Jalankan Aplikasi Browser Anda.
2. Pada kotak alamat URL ketikkan : [alamat-ip-modem]/Images/tb3.gif atau [alamat-ip-modem]/rom-0
   sebagai contoh: 192.168.1.1/Images/tb3.gif        ==> backdoor mengambil gambar / logo ISP.
   sebagai contoh: 192.168.1.1/rom-0            ==> backdoor mengambil ROM image modem anda.


Fungsi Backdoor Modem
---------------------

Bagi hacker, backdoor ini berfungsi untuk mengambil alih modem anda. Misalnya: mengubah pengaturan pada modem, dsb.


Cara Menghilangkan Backdoor Modem
----------------------------------

Beberapa cara yang paling sering digunakan dan efek sampingnya :


1). Update Firmware Terbaru

Cara ini paling berbahaya dan belum tentu sesuai, Cara ini akan melakukan proses flashing (format dan install ulang program) pada chipset modem anda. Jika proses flashing gagal "Say Goodbye To Your Modem". dan jika salah install program (versi dan model program modem harus sama dengan modem anda) untuk modem anda "Say Goodbye To Your Modem".


2). Mengaktifkan Fitur Firewall

Pada setiap modem modern, biasanya sudah terdapat fitur firewall, defaultnya: disabled. Anda dapat mengaktifkan fitur diruang administrasi modem anda. Akan tetapi beberapa layanan yang sering anda gunakan mungkin tidak akan dapat diakses lagi, misalnya: Telnet, SSH, POP3, SMTP, dsb.


3). Dengan Sengaja Membuka Port Tertentu

Defaultnya, halaman administrasi modem anda dapat diakses dengan Http (Port 80 / default webserver anda). Situasi ini timbul karena, anda belum mempunyai webserver dan belum mengaktifkan webserver anda. Agar default webserver anda tidak mengarah ke halaman administrasi modem anda. Anda dapat membuat dan mengaktifkan webserver tersebut dengan cara mengaktifkan fitur NAT pada modem anda.

Namun, dengan membuka port ini, anda akan mendapatkan kerumitan baru yaitu, anda harus mengatur webserver anda. Pengaturan webserver tidaklah sedikit dan tidaklah mudah dan pastinya anda akan mengeluarkan biaya untuk ongkos jasa setting webserver.


4). Menggunakan Proxy

Pada defaultnya, jika anda akses secara lokal halaman administrasi anda berada di alamat : 192.168.1.xyz. Jika di akses secara publik, maka akan menjadi pubic-ip, misalnya: 180.244.xyz.xyz. Alamat ip publik ini, jika diakses oleh orang lain dan anda belum mengaktifkan webserver, maka akan tampil halaman login administrasi modem anda. Dan jika ingin mengecek alamat backdoornya, dengan mudah dapat diakses di:  180.244.xyz.xyz/Images/tb3.gif atau 180.244.xyz.xyz/rom-0.

Banyak orang melakukan cara menggunakan Proxy, dengan maksud untuk menyembunyikan alamat IP publiknya agar tidak diakses oleh orang lain. Tragisnya adalah, banyak orang menggunakan alamat Proxy tanpa mengetahui konsekuensinya (end user agreement dan privacy policy nya tidak pernah dibaca dengan seksama).

Perlu diketahui, setiap penyedia layanan yang sudah mengikuti aturan standar internasional. Pasti mengaktifkan statistik / LOG penggunaan informasi yang keluar dan masuk yang melalui jaringannya. Jadi jika anda menggunakan alamat Proxy gratisan setiap aktifitas anda dimonitor oleh penyedia tersebut. Kecuali, anda menggunakan layanan proxy berbayar (PREMIUM) yang memberikan jaminan privasi yang lebih baik daripada layanan Free (gratisan).


5). Membuat Aturan-Aturan Firewall Khusus dan Mengaktifkannya

Perlu anda ketahui bahwa, serangan hacker itu berasal dari jalur komunikasi masuk (seseorang mengakses pintu anda) dan bukan jalur komunikasi keluar (anda mengakses pintu orang lain). Dengan membuat aturan-aturan Firewall pada pintu anda, anda dapat mengatur aksi akses tertentu yang mungkin membahayakan komputer anda.

Namun, efek samping dari tindakan ini adalah, terdapat Delayed Time (akses data lebih lama dari normal) karena terdapat filter / aturan-aturan tertentu yang memblokir untuk akses tertentu sebelum tindakan tersebut diproses oleh komputer anda.

Firewall dengan jenis ini berbentuk skrip perangkat lunak (iptables) yang perlu anda buat sendiri dan disimpan dalam bentuk berkas, yang kemudian dapat anda padukan di script system boot sistem operasi anda.

Alamat Konsultasi IT - Berbayar:
Albert - 0852 1177 7061

Semoga Bermanfaat
-----------------

Re: Melihat Dan Tips Menghilangkan Backdoor Pada Modem ADSL

Dengan menutup pintu ini, anda tidak dapat keluar untuk membeli buku, keluar untuk membeli jajanan, teman anda tidak dapat mengunjungi anda, dsb. Dalam dunia komputer pintu untuk keluar dan masuk adalah sebuah alat yang dinamakan Modem.

Re: Melihat Dan Tips Menghilangkan Backdoor Pada Modem ADSL

* RADENPOKER *
AGEN POKER TERPERCAYA di INDONESIA
BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 15%
BONUS NEXT DEPOSIT 10%
BONUS TURNOVER 0.5%
REFERRAL 15%
YM : groupraden @yahoo.com
whatsapp :+85598307890
PIN BB :593DD9A9 / 5C1406C6
Atau melalui livechat
1 ID BISA MAEN 5 GAME
**POKER,Q-KICK,CEME,BLAKCJACK, CAPSA SUSUN**
PEMAEN BISA JADI BANDAR DI DALAM GAME TERSEBUT
Website kami : radenpoker.com
Alternative link: radenpoker.net

Re: Melihat Dan Tips Menghilangkan Backdoor Pada Modem ADSL

nice info gan sangat bermanfaat, jadi lebih tau tentang modem ADSL thanks ya

Re: Melihat Dan Tips Menghilangkan Backdoor Pada Modem ADSL

info yang sangat bermanfaat....