Topic: Hikmah Puasa Sunnah

Sahabat, tahukah Anda bahwa puasa merupakan amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT? Allah bahkan menjanjikan ganjaran dan keutamaan yang besar bagi siapa saja yang ikhlas mengamalkan ibadah yang satu ini, baik yang wajib maupun sunnah. Hal ini tertuang dalam hadis Rasulullah yang artinya:

“Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa, sesungguhnya ia untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya, puasa adalah perisai, maka apabila salah seorang dari kalian berpuasa maka janganlah ia berkata-kata keji, dan janganlah berteriak-teriak, dan janganlah berperilaku dengan perilakunya orang-orang jahil, apabila seseorang mencelanya atau menzaliminya maka hendaknya ia mengatakan: Sesungguhnya saya sedang berpuasa (dua kali), demi Yang diri Muhammad ada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah pada hari kiamat dari wangi kesturi, dan bagi orang yang berpuasa ada dua kebahagiaan yang ia berbahagia dengan keduanya, yakni ketika ia berbuka ia berbahagia dengan buka puasanya dan ketika berjumpa dengan Rabbnya ia berbahagia dengan puasanya.” (HR Bukhari, Muslim, dan yang lainnya)

Apakah Puasa Itu?

Secara syariat, puasa sendiri artinya menahan diri dari makan, minum, berjimak, serta menghindarkan diri dari segala sesuatu yang membatalkannya, mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari dengan niat ikhlas karena Allah Ta’ala.

Sebagaimana shalat, puasa sendiri terbagi menjadi 2 macam, yakni puasa wajib dan puasa sunah, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan syarat dan waktu yang berbeda-beda. Layaknya shalat sunah, puasa sunah pun bisa dijadikan sebagai amalan untuk melengkapi kekurangan pada ibadah wajib yang kita lakukan.

Adakah Hikmah Menjalankan Puasa Sunnah?

Meskipun hukumnya sunah, Allah menjanjikan hikmah dan kenikmatan yang besar bagi umat Muslim yang rutin menjalani ibadah yang satu ini, antara lain:

Mengasah Rasa Empati

Melakukan ibadah puasa artinya menahan diri dari rasa lapar dan haus. Rasa lapar dan haus inilah yang akan mengasah rasa empati kita; betapa di luar sana masih banyak saudara-saudara kita yang tidak bisa makan dan minum dengan layak.

Hamba yang Berpuasa akan Mendapatkan 2 Kebahagiaan

Sesungguhnya Allah menjanjikan dua kebahagiaan untuk hamba-Nya yang menjalankan ibadah puasa, yakni kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika bertemu dengan-Nya. Hal ini sesuai dengan hadis yang artinya:

“… Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim no. 1151).

Menaikkan Derajat dan Mendekatkan Cinta Allah

Barang siapa rutin menjalankan puasa sunah, maka Allah akan naikkan derajatnya dan limpahkan cinta ke dalam hidupnya. Sebagaimana disebut dalam hadis yang artinya:

“Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya.” (HR. Bukhari no. 2506)

Masya Allah, sungguh besar ya hikmah menjalankan puasa sunnah ini. Semoga kita semua selalu diberi petunjuk dan kesehatan untuk terus melaksanakan perintah-perintah-Nya. Amin

Visit my office at Marketplace Umroh Indonesia