Topic: Mengenali jenis bahan Jeans

Bagi Anda yang dapat mengenali bahan-bahan tekstil yang mudah memudar baik adalah salah satu tips bagaimana untuk berbelanja pakaian atau pakaian rapi. Karena ketika Anda sudah tahu apa karakteristik bahan tekstil yang mudah luntur, maka tentu saja Anda dapat membuat ini sebagai referensi untuk mendapatkan kain yang bebas dari memudar.

Tidak dapat dipungkiri bahwa proses pembuatan bahan tekstil juga akan mempengaruhi harga. Ini berarti bahwa harga kain yang lebih mahal kualitas juga akan lebih baik, dan tentu saja ini juga akan mempengaruhi puas atau tidaknya pakaian yang Anda inginkan untuk membelinya.
Selain itu, materi atau jenis kain juga menentukan apakah kain mudah pudar atau tidak. Seperti kain katun misalnya, jika Anda memilih bahan dasar kain katun maka itu tidak mungkin pakaian akan memudar atau luntur, karena salah satu keuntungan dari kain yang terbuat dari kapas meskipun terbuat dari bahan berwarna akan selalu konsisten dengan warna sebelumnya.
Sementara itu, beberapa jenis kain untuk jeans rentan terhadap luntur terutama saat mencucinya. Namun, ada juga beberapa cara yang dapat dilakukan sehingga bahan ini tidak mudah luntur bila dicuci, msalnya dengan mencuci kain dengan menggunakan dertergen non-abrasif.
Terutama untuk kain jeans yang mudah pudar, maka Anda dapat juga mengatasi dengan menambahkan cuka dalam cuciaan yang berfungsi untuk melapisi warna jeans sekaligus melindungi warna kain sehingga tidak cepat memudar. Dalam hal ini Anda dapat menambahkan 1/8 cuka pada air cucian.
Mengatasi bahan tekstil yang mudah luntur juga dapat dilakukan dengan tidak menemurnya lansung di bawah sinar matahari, karena ini akan merusak warna kain. Dalam hal ini Anda memeras kain dengan tangan kemudian kering di bawah sinar matahari  tidakl langsung.
Mengenali bahan tekstil yang tidak mudah luntur memang gampang-gampang susah, sehingga bagi seseorang yang awam akan sulit mengenalinya secara baik dan benar. Tetapi dalam hal ini bagi Anda seseorang yang masih sangat awam untuk mengenali ciri-ciri kain yang mudah luntur, maka sebagai alternatif Anda dapat meminta bantuan dari para ahli kain untuk menentukannya secara tepat.