Topic: Koneksi Terputus-putus Padahal SNR Margin bagus. Penyebabnya apa ya?

Saya adalah pelanggan Speedy sejak tahun 2012, kurang lebih 3 bulan yang lalu (Juli 2015) saya migrasi ke paket Indihome 5 Mbps. 2 bulan pertama setelah migrasi saya tidak mengalami kendala apapun dalam koneksi internet saya, sampai akhirnya bulan September akhir ADSL saya suka putus-putus.
Saya cek status SNR Margin di modem juga bagus (berada pada kisaran 27 dB dengan data rate 13823 Kbps downstream), saya cek angkat gagang telepon dan tekan 0 juga tidak ada suara keresek2 di telepon.

Dari situ saya kira kalo kabel telepon saya di tiang longgar kan (kondisi kabel telepon saya dari tiang sampai splitter utuh tanpa sambungan), saya telepon 147 dan dibuatkan laporan. Besoknya teknisi (yang biasa datang saat ada trouble) mengunjungi rumah saya dan dia cek kabel telepon di tiang katanya bagus, dia bilang begini: "kabelnya bagus, kemungkinan jaringannya yang nggak kuat. kalo gitu saya coba putar dulu jalurnya dari gardu".
Setelah itu teknisi meninggalkan rumah dan nggak balik lagi, dia cuma konfirmasi by phone suruh cek SNR Margin terus saya bilang bagus. Sore sampai malam hari itu koneksi mulai membalik.

Besoknya keanehan terjadi lagi, ADSL putus-putus. Saya cek SNR Margin di modem ternyata turun drastis. Sampai sekarang SNR Margin saya berada dalam kondisi "Fair" dan sering terputus. Ini status di modem saya:

ADSL Mode: ADSL2+ AnnexM
Channel Mode: Interleaved
Upstream Speed: 2045 Kbps
Downstream Speed: 13823 Kbps
SNR Margin Upstream: 11.6 dB
SNR Margin Downstream: 13.4 dB
Attenuation Upstream: 14 dB
Attenuation Downstream: 6 dB

Saya sudah coba ganti modem dengan yang lain tapi hasilnya sama (saya ada 2 modem, satu modem TP-LINK bawaan Telkom dan satu lagi D-Link saya beli sejak awal migrasi ke Indihome).
Pertanyaan saya, apa yang membuat koneksi ADSL saya tiba-tiba jadi drop drastis begini? Kalo jaringan yang tiba-tiba tidak kuat apa mungkin menimbang jaringan yang dipasang di komplek perumahan saya masih termasuk baru dipasang (belum lama dari saat saya upgrade paket).
Saya curiga jangan-jangan penyebabnya karena teknisi memutar jalur telepon saya dari gardu itu.

Mohon bantuannya, terima kasih bagi yang bersedia membantu smile

Re: Koneksi Terputus-putus Padahal SNR Margin bagus. Penyebabnya apa ya?

kalau saya sih biasanya langsung hubungi CS speedynya, cepat ko dprosesnya, barangkali ada gangguan di tempat agan gitu

Menyediakan Layanan Jasa Pembuatan Toko Online Murah di Jasa Toko Online Murah - Menjual Grosir Jilbab Terbaru Toko Jilbab Terbaru - Dealer Mobil Honda Murah