1 (edited by debbyang 20-04-2018 19:21:47)

Topic: Susunan Skuat Termahal La Liga Musim 2017/2018

Tidak diragukan lagi, La Liga merupakan kompetisi sepak bola tersengit di dunia saat ini. Meski dalam beberapa decade belakangan hanya ada dua tim yakni Real Madrid dan Barcelona yang selalu silih berganti memuncaki daftar juara, namun belakangan ini banyak tim yang berusaha merusak dominasi dua klub raksasa tersebut dengan mendatangkan sejumlah pemain bintang dengan harga yang tak murah. Siapa sajakah pemain termahal yang bermain di La Liga musim ini, berikut daftar lengkap starting XI pemain termahal La Liga yang menurut Transfermarkt jika kalkulasikan bernilai 975 juta Euro atau senilai 18,4 triliun rupiah.

1.    Kiper (Jan Oblak/Atletico Madrid)
Diboyong dari Benfica saat masih berusia 21 tahun, Oblak mulai menjadi pilihan utama Atleti sejak kepindahan Thibaut Courtois ke Chelsea pada 2014 lalu. Semenjak saat itulah harga kiper Slovenia ini meningkat seiring kegemilangannya di bawah mistar gawang Atletico Madrid. Dibeli seharga 16 juta Euro pada saat itu, kini kiper 25 tahun tersebut memiliki nilai jual 4 kali lipat dari harga awal yakni 70 juta Euro dan menjadikan ia sebagi kiper termahal di La Liga musim ini.

2.    Bek Kanan (Dani Carvajal/Real Madrid)
Pemain binaan akademi Madrid ini mencuat saat mampu membalas kepercayaan yang diberikan Carlo Anceloti musim lalu dan dilanjutkan saat Madrid dilatih Zinadine Zidane. Bermain sebagai bek sayap, pemain yang sempat dijual ke Bayern Leverkusen ini mampu menjadi pengirim umpan yang akurat bagi lini serang El Real. Hal tersebut yang membuat posisinya hingga sekarang belum tergantikan dan melambungkan harga jualnya. Dilansir Transfermarkt, saat diboyong dari Leverkusen pemain 26 tahun ini memiliki harga 6,5 juta Euro dan kini nilainya mencuat menjadi 60 juta Euro.

3.    Bek Tengah (Raphael Varane/Real Madrid)
Dibeli saat berusia 18 tahun kala itu dari klub Perancis, RC Lens seharga 10 juta Euro, dalam 6 tahun pemain timnas Perancis ini mampu menjadi bagian penting Madrid dalam meraih La Decima dan membawa Madrid menjadi tim pertama yang berhasil Juara Champions League dua musim berturut-turut. Duetnya bersama Sergio Ramos mampu menjadikan lini pertahanan Madrid solid musim lalu pasca ditinggal Pepe yang hijrah ke Turki. Kini pemain berusia 24 tahun tersebut berharga 60 juta Euro atau naik 6 kali lipat dari harga pembelian awal.

4.    Bek Tengah (Samuel Umtiti/Barcelona)
Bek tengah lain yang memiliki harga termahal di La Liga ialah rekan senegara Varane yakni bek Barcelona Samuel Umtiti. Bergabung bersama La Braugana setelah di transfer dari Olympique Lyon musim 2016/2017 lalu seharga 25 juta Euro, Umtiti berhasil menutup lubang yang ditinggal Pique maupun Mascherano dan musim ini dibawah asuhan Ernesto Valverde ia sering menjadi langganan starting line-up yang membuat harganya melambung menjadi 60 juta Euro.

5.    Bek Kiri (Jordi Alba/Barcelona)
Bergabung bersama Barca pada musim 2012/2013, Alba masih bernilai 14 juta Euro namun kini nilai pemain 29 tahun tersebut menyentuh angka 60 juta Euro. Angka yang cukup masuk akal mengingat kontribusinya bersama Barca selama lima tahun ke belakang. Bersama Barca, mantan pemain Valencia ini berhasil mempersembahkan sejumlah trophy bergengsi antara lain tiga gelar La Liga, tiga gelar Copa Del Rey, satu Piala Super Spanyol, satu trophy Liga Champions, dan satu piala dunia antar klub yang membuat Namanya menjadi bek termahal di La Liga musim ini.

6.    Gelandang (Toni Kross/Real Madrid)
Dikenal sebagai pemain yang memiliki umpan terbaik di Spanyol dan mampu mendikte ritme permainan membuat gelandang timnas Jerman ini menjadi roh permainan El Real musim lalu hingga sekarang. Meski sering mengalami cedera namun ketika berada di lapangan tengah Madrid, ia mampu memberikan kenyamanan bagi lini pertahanan dan memanjakan lini serang Real Madrid. Kini mantan pemain Bayern Munchen tersebut memiliki harga sebesar 80 juta Euro atau senilai 1,26 triliun rupiah.

7.    Gelandang (Coutinho/Barcelona)
Datang pada paruh kedua setelah melalui berbagai spekulasi hingga akhirnya menjadi transfer saga, hal yang tidak mungkin jika tidak memasukan nama Philipe Coutinho sebagai gelandang termahal La Liga musim ini. Meski belum memberikan penampilan yang impresif saat berseragam Barcelona namun harga 100 juta Euro atau sekitar 1,70 triliun rupiah sudah cukup membuatnya masuk daftar pemain termahal musim ini.

8.    Winger Kanan (Lionel Messi/Barcelona)
Meski bernaluri menyerang dan sering menjadi ujung tombak tim Catalan, namun Lionel Messi juga mampu menjemput bola hingga ke lapangan tengah yang membuat dirinya cocok untuk mengisi pos sayap kanan. Peraih lima Balloon d’Or ini memiliki nilai jual sekitar 180 juta Euro atau senilai 3,06 triliun rupiah, harga yang sangat wajar bagi pemain sekelas Messi yang kini tengah menjadi pencetak gol terbanyak La Liga dengan 25 gol.

9.    Winger Kiri (Cristiano Ronaldo/Real Madrid)
Tak pas rasanya andai tak memasukan mega bintang Real Madrid satu ini. Meski telah memasuki umur kepala tiga namun performanya di lapangan belum juga menunjukkan penurunan walau pada putaran pertama La Liga kapten timnas Portugal tersebut mendapat begitu banyak kritikan lantaran gagal membawa Madrid bersaing di papan atas La Liga namun di peruh kedua Ronaldo membuktikan bahwa harga 120 juta Euro atau sekitar 2.04 triliun rupiah atas dirinya bukanlah sebuah gurauan. Tertinggal jauh dari daftar pencetak gol pada peruh pertama, di paruh kedua Ronaldo menggila dengan berhasil menduduki peringkat kedua El Pichichi terpaut tiga gol dari Messi yang berada di peringkat pertama.

10.    Penyerang (Antoine Griezman/Atletico Madrid)
Penyerang 26 tahun tersebut saat ini bernilai 100 juta Euro atau sekitar 1,70 triliun rupiah yang membuatnya pantas masuk kedalam starting XI La Liga termahal musim ini. Sang pemain saat ini dalam dilema lantaran hasratnya untuk segera hengkang dari Atletico tak kunjung mendapatkan kepastian, dan andai kontrak baru yang diberikan Atletico ditolak oleh Griezman maka penyerang timnas Perancis tersebut akan berstatus bebas transfer.

11.    Penyerang (Luis Suarez/Barcelona)
Bomber Barcelona tersebut berhak atas satu tempat terakhir di starting XI termahal La Liga musim ini, harga 85 juta Euro atau senilai 1,44 tiliun rupiah menjadikan penyerang timnas Uruguay tersebut sebagai striker termahal kedua dibawah Griezmann. Suarez mengungguli penyerang Real Madrid, Karim Benzema dan rekan setimnya Ousman Dembele. Saat ini Benzema bernilai 50 juta Euro, harga tersebut lebih rendah dari musim lalu lantaran kurang impresifnya penampilan penyerang timnas Perancis itu musim ini. Sedangkan Ousman Dembele yang dibeli Barcelona seharga 110 juta Euro pada awal musim lalu, kini harganya turun menjadi 80 juta Euro.