Topic: Tips berlangganan fastnet dari firstmedia

dari forum tetangga



Tips berlangganan fastnet dari firstmedia
--------------------------------------------------------------------------------

Saya adalah pelanggan internet dengan ISP fastnet, nomor pelanggan 257311.
Sebelum mengganti ke fastnet, saya sudah menggunakan cable internet dari provider lain selama 3 tahun.

Instalasi pertama fastnet dilakukan pada tanggal 20 Desember 2007.
Selama ini saya sering membaca complaint, tetapi saya selalu berpikiran, mungkin sedang apes saja pelanggan yang lain.

Tanggal Tgl 14 Januari 2007, saya kena giliran apes, internet mati.
Lampu receive blinking, lampu send dan online pada modem mati.

Pada hari yang sama pukul 15.00 saya telpon ke fisrtmedia (fm), terhubung dengan sdr. dino dan asep, jawaban mereka standard, koneksi internet lost signal dan bakal diteruskan ke technical support.
Saya disuruh untuk menghubungi kembali 2-3 jam kemudian, selalu gagal karena line sibuk.
Semasa saya berlangganan cable internet indosat, pihak indosat selalu menghubungi saya kembali apabila ada gangguan/complaint, dari sini sudah kelihatan bedanya pelayanan perusahaan bonafid dengan pemula.
Perusahaan pemula (firstmedia/fastnet) melemparkan semua complaint dan caci maki ke customer service yang tidak bisa menghandle sama sekali masalah teknis, di indosat, pelanggan langsung dihubungkan dengan customer service yang merangkap teknisi, jadi bisa langsung memberikan solusi, pengecekan.

Besok siangnya tgl 15 Januari 2007, pukul 14.00 menghubungi fm, dibilang sudah ok. Sepertinya ini hanya untuk menenangkan hati saja karena kebanyakan complaint. Pukul 15.00 teknikal support sdr. ami mengatakan, signal masih jelek, mereka akan datang pukul 17.00
Saya minta no telp orang yang akan datang, tidak diberikan karena peraturan tidak mengijinkan. Sampai di rumah jam 16.40, ternyata internet belum beres. Jam 16.57 saya kembali telpon ke fm, tehubung dengan rivan, katanya daerah karet, sudirman, setiabudi sedang ada lost signal & dlm perbaikan. Saya balik tanya, teman saya yg tempat tinggalnya masih satu jalan, kok yg 1 mati 1 ngga, katanya yg mati itu karena kena impactnya. Maksud loe???

Pukul 19.00 lewat saya hubungi kembali, masih gagal, hingga akhirnya pukul 23.41 malam, saya berhasil terhubung dengan sdr. syamsul tapi belum menemukan solusi, sdr. syamsul menjanjikan akan diteruskan ke technical support.

Tanggal 15 Januari 2007, internet mulai nyala kembali, aneh bin ajaib, biasanya apabila ada complaint, pihak customer service langsung menjanjikan akan meneruskan ke bagian teknikal dan membuat jadwal kunjungan ke lokasi, ini tanpa kunjungan teknisi pun internet bisa nyala. Artinya apa?? Sebenarnya pelanggan fastnet tidak perlu menunggu sampai teknisi datang.

Salah satu sikap tidak etisnya, fm yg menentukan jadwal tecnical support dan itu tidak pasti, jika pas hari H mereka tidak bisa, jangan harap ada konfirmasi dari fm, paling menunggu pelanggan bersangkutan melayangkan complaint, baru kemudian diberikan re-schedule ulang untuk teknisi.

Fm sengaja memisahkan antara cs dengan technical support karena belum siap memberikan pelayanan sekelas indosat/CBN, kenapa tidak langsung ke technical support

Saya melihat indikasi, terlalu banyak complain sehingga fm merasa perlu untuk memfilter dan memberi prioritas siapa yg didahulukan. Anda tidak percaya? Buat pelanggan existing kabelvision, coba apply sambungan internet fastnet, pihak marketing fastnet akan terus mengejar anda untuk schedule pemasangan secepatnya. Coba nanti jika anda sudah pasang dan ada kerusakan, untuk menunggu teknisi datang saja, KITA YANG HARUS MENGIKUTI SCHEDULE MEREKA, bukan schedule yang disepakati bersama. Jika tidak jadi datang, dalihnya akan re-schedule ulang. Untuk re-schedule ulang harus tunggu minimal 3 hari baru bisa. Bayangkan jika anda tidak jadi dikunjungi teknisi, minta re-schedule ulang, berapa hari waktu yang habis.
Damn, saya tidak pernah menunggu selama ini hanya untuk perbaikan sekalipun pada ISP kecil sekelas uninet.

Tgl 20 Januari 2007, internet kembali lost signal, modem blinking.
Tgl 21 Januari 2007 saya hubungi kembali, katanya bakal dikunjungi tgl 22.
Tgl 22 Januari 2007 sampai jam 16.30 tidak datang. Internet masih mati.
Tgl 22 malam saya hubungi kembali untuk meminta re-schedule lagi.
Jawaban dari CS belum ada schedule.
Saya bingung hendak complaint kemana karena fm seenaknya membatasi hubungan dengan teknisi.

Tgl 23 Januari 2007 jam 10 pagi saya terhubung dengan sdri. lestari, saya mendapat jawaban yang sangat mengecewakan, "masih belum ada schedule pak". Pada hari yang sama pukul 17.00 sampai pukul 20.00 fm dihubungi sibuk terus. Akhirnya pukul 23.00 lewat saya baru berhasil tersambung, alasannya sudah diberikan schedule baru tgl 25 Januari 2007(seumur hidup langganan internet baru di fastnet mati sampai 5 hari, FIRSTMEDIA memang luar biasa)
Saya protes minta schedule dimajuin ke tgl 24, alasannya tidak bisa kecuali tadi saya telponnya sore hari tgl 23 Januari 2007, WTF, enak banget fastnet bisa atur schedule sesuka jidat.

Sampai hari ini (ditulisnya surat ini) tgl 25 Januari 2007, saya tunggu, teknisi tak kunjung datang.

Beberapa tips berlangganan fastnet :
-Jika internet mati, catat dengan rinci tanggal matinya internet berapa hari, lalu fax ke no 55777477 minta pemotongan biaya atas tagihan internet yang tidak bisa digunakan selama sekian hari. Tagihan ini dipotong untuk tagihan bulan depan karena bulan berjalan pasti sudah anda bayar.
-Periksa power level modem anda, yang bagus, maksimal adalah -15, jika lebih rendah dari itu, anda harus complain karena hampir dipastikan koneksi internet tidak akan stabil. Untuk mencek power level, ketik http://192.168.100.1/RgSignal.asp di browser anda.
-Anda tidak perlu mengingat nama-nama customer service firstmedia/fastnet karena menurut saya tidak begitu penting, atasan-atasan mereka yang pengecutlah yang seharusnya bertanggung jawab.
-Jika dijanjikan schedule kunjungan ke tempat anda, pastikan kembali sehari sebelumnya atau pagi harinya.
-Jika ingin menghubungi customer service fastnet/firstmedia dan anda mendengar nada sibuk, coba hubungi kembali tetapi jangan pilih menu bahasa indonesia, pilih menu bahasa inggris (ini info dari customer service fastnet sendiri), jika masih gagal lagi, coba kembali setelah pukul 23.00 malam.

Surat ini sekalian ditujukan kepada pihak yang berwenang di fastnet/firstmedia, jika memang anda beritikad baik, anda jawab surat saya ini, jika tidak, saya anggap anda pengecut dan tidak fair dalam menjalankan bisnis.
Anda memang menawarkan internet murah, merusak margin ISP lain, tetapi anda menjalankan bisnis ini dengan menjebak customer.

Re: Tips berlangganan fastnet dari firstmedia

waduh, ini yang post diatas kayaknya dosanya banyak tongue
- menyajikan gambar yang tidak relevan
- dobel post ...

akan lebih efektif kalo disampaikan di forumnya firstmedia/fastnet. saya sih udah tau kalo fastnet di beberapa daerah di jakarta sering putus2 disebabkan oleh kondisi jaringan kabel yang jelek. maklum lah, TV kabel kan pake ampli disana sini.

Re: Tips berlangganan fastnet dari firstmedia

untung saja di solo lom ada hehehe, jadi lom terjebak

Be YourSelf ......

4 (edited by ilo-bugis 28-04-2008 10:41:15)

Re: Tips berlangganan fastnet dari firstmedia

FASTNET/FirstMedia cuma ganti kulit aja dari yg dulunya KABELVISION (nomer CC-nya tetep sama 55777788 kan wink  masih dibawah naungan lippo group).....jadi yah jangan terlalu berharap akan ada perbaikan koneksi (speed dan reliabilitas) secara total.....system-nya juga share jadi kalo NODE-nya ditempat situ dah penuh yah siap2 aja terima iklan "UP to"-nya tongue

Re: Tips berlangganan fastnet dari firstmedia

jadi pikir2 nih mau langganan.....

mari kita racuni keluarga & kerabat kita dengan linux dan kawan-kawan smile

Re: Tips berlangganan fastnet dari firstmedia

emang betul, beda ISP beda cara pelayanan.... jadi semua ISP apasaja ada baiknya dan ada jelek-nya....

tips:
cobain aja semua ISP, pilih yg dikit keburukannya.

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Tips berlangganan fastnet dari firstmedia

kalo mau kualiatas dan layanan no .1  pembayarannya ga mahal bos bos...

ibarat bayar untuk duduk sejam mintanya duduk 10 jam... ya susah...

Software Billing HotSpot
http://www.indohotspot.net/ZoneWifi/

Re: Tips berlangganan fastnet dari firstmedia

Saya udah coba fastnet 384, modem sendiri sb5100 (tidak beli dari FN).
Pertama kali pemasangan pertengahan Des tidak bisa connect, alasannya lampu power modem berkedip terus dan mereka menganggap modem saya rusak.
Tetapi setelah saya debat mereka dengan keras bahwa modem saya bagus, dan belum lama ini sudah di test di cable povider di Singapore normal2 aja.
Akhirnya mereka mengakui bahwa dari pihak admin FN belum registrasi MAC ID modem saya, baru keesokan harinya bisa connect ke internet.

Untuk koneksi saat ini cukup bagus donwload dari IDWS bisa dapet sekita 400 kbps (padahal langganannya cuma 384), kalo dari RS atau MU sekitar 300 kbps.

Saya tinggal di daerah bekasi.

Thnx