26

Re: Server CMS lokal ..

saya pribadi juga sebenernya gak terlalu tergantung sama link internasional. soalnya di kantor mailserver juga sudah saya bikin lokal, jadi di kantor ada 3 server. mailserver, gateway dan audio server (isinya file2 audio) dan mungkin dalam waktu dekat ini saya bakalan bikin CMS juga. nah sayangnya kita tuh belum banyak konten lokal. jadi tetep aja kalo saya liat traffic yang nyelonong ke gateway rata2 dari dan ke luar indo. sedangkan kalo dipersentasekan dengan IIX cuman 85:15 %. banyak juga kan web2 orang indonesia tapi hostingnya nun jauh di antah berantah sana ... alasan sederhananya "lebih murah". harusnya pemerintah bikin aturan juga mengenai hal ini.

Re: Server CMS lokal ..

Quote:Untuk meminta mereka mencoblos suatu partai cukup diberi 1 bungkus mie instant, namun repotnya harus masuk ke pedalaman hutan.


jadi inget kemarin waktu IHT ICT di salah satu SMA di Sulut. Kepala Sekolah dicopot karena "salah coblos". Padahal kepala sekolah melek ICT...

Re: Server CMS lokal ..

Err nanya! Kenapa gak pake CMS Opensource Mambo?
Menurut saya sih karena komunitas opensourcenya dah lumayan besar jadi kestabilan aplikasi dllnya lebih dapat dipercayakan.
Lagi pula salah satu Core Devnya itu orang Indonesia + orang foreign yg tinggal di Indonesia.

Untuk Content,,, tentu kalangan guru yang harus ngisi. Dan setau saya ada websitenya deh wadah guru gitu. Kalau minat bilang aja nanti saya tanya ke guru saya linknya.

Re: Server CMS lokal ..

Btw OpenCMS bagus juga kayaknya. Make Java (saya masih buta dunia Java ) Setau saya kebanyakan CMS yang ada menggunakan php dan hanya support Database  SQL.
Info dari webnya, OpenCMS Support Oracle Database.
Ada yang bisa kasih kasih link or howto buat "mindah" ke oracle ?
Soalnya tempatku kerja menggunakan Oracle. Saya pengen bikin CMS under Oracle juga supaya tidak memberatkan resource kompi or server.

30

Re: Server CMS lokal ..

eh say abaru liat lagi thread ini.

Mambo sekarang kan namanya jadi joomla. memang kerena banget nih CMS, community supportnya ngebantu banget.

Re: Server CMS lokal ..

mambo kan kebagi dua, mambo nya sendiri sama joomla
kalo saya sih prefer mambo, tapi joomla juga bagus koq

Re: Server CMS lokal ..

Quote:
mambo kan kebagi dua, mambo nya sendiri sama joomla
kalo saya sih prefer mambo, tapi joomla juga bagus koq

apa benar sekarang mambo "masih" bagus? kalau lihat di forum-forum cms di luar negeri, mambo 4.6 yang sekarang (setelah ditinggal developernya ke joomla! dan drupal) banyak bug-nya dan sekarang sudah banyak yang migrasi ke anak-anaknya mambo yang merajai dunia cms, yaitu joomla! dan drupal (peringkat 1 dan 2 untuk gnu/gpl cms).

beberapa pilihan cms (multi purpose) untuk pemula:
joomla 1.5 beta 2
joomla 1.0.12
e107
drupal 5.2

untuk tingkat menengah:
drupal 4.7
xaraya

ada xoops yang dulu bagus, tapi semenjak dibuat versi 2.2 mulai banyak masalah (terutama untuk masalah legacy dan downgrade) sehingga ditinggal penggunanya.

untuk cms khusus ada banyak yang bagus, seperti untuk forum bisa pakai punbb atau phpbb, untuk blog bisa pakai wordpress, dll.

oh iya untuk cms yang mendukung database oracle ada yang namanya binrev, dia juga support oracle.

saat ini saya terkesan dengan e107, cms ini lebih user friendly (control panel) seperti joomla dan mendukung search engine friendly (SEF) seperti drupal.
dari segi kecepatan e107 tidak kalah daripada drupal (drupal termasuk cms yang paling cepat).
jadi saya sarankan untuk memakai cms e107 ini, karena merupakan perpaduan kemudahan joomla dan kecepatan drupal.