Topic: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

sebelumnya daftar account di DynDNS (www.dyndns.com) dan buat sub-domain dari domain yg ada...

1. Masuk sebagai root

# sudo su

masukkan passwordnya.


2. Install IP Check

# apt-get install ipcheck

3. buat folder di root dan masuk ke folder yg dibuatnya

# mkdir /root/ipcheck
# cd /root/ipcheck

4. buat file yg menyimpan data account anda mulai username, password dan nama domain...

pico dyndns_account

kemudian masukkan account anda mengikuti seperti dibawah ini,

$DYNDNS_USERNAME $DYNDNS_PASSWORD $DOMAIN

contoh:

opensource 123456 opensources.homelinux.net

kemudian file ini di-save diberi permission agar tidak bisa dibaca/dibuka account user lainnya dengan alasan keamanan...

# chmod o-r dyndns_account

5. buat file script yg akan melakukan update IP ke DynDNS berdasarkan IP yg didapat dari IP Check

# pico dyndns_update.sh

dan script-nya...

 
#!/bin/sh
cd /root/ipcheck/
if [ -f ipcheck.dat ]; then
  /usr/sbin/ipcheck -l -r checkip.dyndns.org:8245 --acctfile dyndns_account
else
  /usr/sbin/ipcheck --makedat -l -r checkip.dyndns.org:8245 --acctfile dyndns_account
fi

kemudian file di-save dan diberi permission agar menjadi executable

# chmod +x dyndns_update.sh

6. terakhir, bisa membuat script lagi di /etc/ppp/ip-up.d agar menjalankan script dyndns_update.sh setiap kali dial-up atau memasukkan ke dalam crontab...

# crontab -e

dan tambahkan baris agar tiap 15menit melakukan update...

*/15 * * * * test -x /root/ipcheck/dyndns_update.sh && /root/ipcheck/dyndns_update.sh > /dev/null

exit dan di-save.

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

kalo ipnya statis gimana mas?
dyndns kalo ndak di update selama satu bulan, maka accountnya dihapus gmn?

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

rinovan wrote:

kalo ipnya statis gimana mas?

klo static gak perlu ritual kayak ataslah... tongue

rinovan wrote:

dyndns kalo ndak di update selama satu bulan, maka accountnya dihapus gmn?

pengalaman sy gak ada tuh.... gak di hapus juga...

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

Terimakasih bang Opick  it's work !! saat saya memasukkan subdomain dari dyndns di browser langsung menuju ke web manager dari modem aztech yang saya pakai, BTW sekarang jika mau menjalankan web server dan remote ssh yang ada di server bagaimana bang? karena rencananya saya mau install moddle di server, ip local server 192.168.0.1 maaf bang tanya terus maklum newbie smile

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

arieiswadi wrote:

Terimakasih bang Opick  it's work !! saat saya memasukkan subdomain dari dyndns di browser langsung menuju ke web manager dari modem aztech yang saya pakai, BTW sekarang jika mau menjalankan web server dan remote ssh yang ada di server bagaimana bang? karena rencananya saya mau install moddle di server, ip local server 192.168.0.1 maaf bang tanya terus maklum newbie smile

ada dua cara...
1. aktifkan DMZ dimodem menuju IP Ubuntu Server
2. jadikan modem sebagai bridge trus dial PPPoE di ubuntu server

klo sy sih lebih prefer yg cara kedua...

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

opikdesign wrote:
arieiswadi wrote:

Terimakasih bang Opick  it's work !! saat saya memasukkan subdomain dari dyndns di browser langsung menuju ke web manager dari modem aztech yang saya pakai, BTW sekarang jika mau menjalankan web server dan remote ssh yang ada di server bagaimana bang? karena rencananya saya mau install moddle di server, ip local server 192.168.0.1 maaf bang tanya terus maklum newbie smile

ada dua cara...
1. aktifkan DMZ dimodem menuju IP Ubuntu Server
2. jadikan modem sebagai bridge trus dial PPPoE di ubuntu server

klo sy sih lebih prefer yg cara kedua...

Maaf mas, saya sambung pertanyaannya, bagaimana caranya mengaktifkan dial PPPoE di ubuntu server? sebenarnya saya pakai debian lenny sih, yaa pasti mirip-mirip lah penjelasannya big_smile

thanks

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

harisx wrote:

Maaf mas, saya sambung pertanyaannya, bagaimana caranya mengaktifkan dial PPPoE di ubuntu server? sebenarnya saya pakai debian lenny sih, yaa pasti mirip-mirip lah penjelasannya big_smile

thanks

ke sini mas

http://opensource.telkomspeedy.com/foru … 87&p=1

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

opikdesign wrote:

ada dua cara...
1. aktifkan DMZ dimodem menuju IP Ubuntu Server
2. jadikan modem sebagai bridge trus dial PPPoE di ubuntu server

klo sy sih lebih prefer yg cara kedua...

Sory bang udah pake yang kedua nih, tapi kok tetap saat saya ke alamat domain dyndns nya masih menuju ke web manager aztech

pada file /etc/network/interfaces, apa gak usah di rubah bang, filenya seperti ini.

auto lo
iface lo inet loopback

# The primary network interface
auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.1.2
netmask 255.255.255.0
network 192.168.1.0
broadcast 192.168.1.255
gateway 192.168.1.254
dns-nameservers 192.168.1.1

auto eth1
iface eth1 inet static
address 192.168.0.1
netmask 255.255.255.0
network 192.168.0.0
broadcast 192.168.0.255
dnsnameservers 192.168.0.1
dns-search dns.smasa.com

auto dsl-provider
iface dsl-provider inet ppp
pre-up /sbin/ifconfig eth0 up # line maintained by pppoeconf
provider dsl-provider

thanks responnya bang, sukses slalu smile

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

klo dah dial di ubuntu gak mungkin web-nya lari ke modem lagi seharusnya muncul tulisan "It works!"... itu berarti modem belum di bridge dan masih dial (PPPoE) di modem...

satu lagi, file network configuration, gateway pada eth0 dan dns-nameserver di nonaktifkan saja...

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

Bank Opik.. untuk tutoria server ubuntu terbaru yang sudah direvisi..link downloadnya dimana kang..?
saya sudah coba sesuai tutorial bang opik.. dengan sedikit merubah..perintah yang tidak dikenali karena salah penulisan...terutama di squid.conf.
dan semua sudah running sesuai tutorial bang opik..terima kasih banyak...

yang masih saya ragukan adalah mengenai webhtb..terus terang saya belum pernah menggunakan..dan belum tau seluk beluk mengenai webhtb ini...

dan ada perntanyaan: apakah jika server di restart atau dimatikan kemudian dipake lagi..cache squidnya terhapus semua..?

agar cache semakin banyak apa lebih baik kalau server tidak dimatikan..?

=========================================
Try and ErroR!
http://www.ragilt.org
=========================================

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

salah kamar nih....

ragilt wrote:

Bank Opik.. untuk tutoria server ubuntu terbaru yang sudah direvisi..link downloadnya dimana kang..?
saya sudah coba sesuai tutorial bang opik.. dengan sedikit merubah..perintah yang tidak dikenali karena salah penulisan...terutama di squid.conf.
dan semua sudah running sesuai tutorial bang opik..terima kasih banyak...

link sama aja dan itu sy replace klo ada revisi...

coba pakai Adobe Acrobat jgn Acrobat Reader, pernah terjadi member KIOS juga bertanya dan komplain klo ada settingan yg salah ketik tetapi sy check sudah bener kemudian dia berinisiatif sendiri membuka PDF dengan Adobe Acrobat, baru bener...

ragilt wrote:

yang masih saya ragukan adalah mengenai webhtb..terus terang saya belum pernah menggunakan..dan belum tau seluk beluk mengenai webhtb ini...

install dan coba kemudian dipelajari baru tahu seluk beluknya...
klo gak kenal maka gak sayang itu kata pepatah, klo gak mencoba mana bisa tahu?! tongue

ragilt wrote:

dan ada perntanyaan: apakah jika server di restart atau dimatikan kemudian dipake lagi..cache squidnya terhapus semua..?

agar cache semakin banyak apa lebih baik kalau server tidak dimatikan..?

klo cache dah tersimpan di HDD, tetap ada biar dimatikan...

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

ini sm kyk domain redirection di .co.nr atau .co.cc ya om opik ?
kmaren baru daftar .co.nr. harus ngasih link back ke .co.nr kalo gak diapus akunnya. hehehe.

kalo di dyndns redirect buat server rapidleech atau torrentflux boleh gak ya om ? kyknya di .co.nr gak boleh dipake buat yg ilegal2 big_smile

13 (edited by familyn3t 02-04-2010 20:34:05)

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

Salam @bang Opik dan semuanya smile
Mohon solusinya ...
Permasalahan saya hampir sama spt mas @arieiswadi

saya coba pake Option Pertama dari bang opik pke setting DMZ, bisa nggak ya smile ??
Topologi saya spt ini :
INET(MODEM set PPPoE)(10.1.1.254)--Red(10.1.1.253)@IPCOP@(192.168.0.254)Green
                                                                                                  |
                                                                                                  |
                                                                                             Switch--(192.168.0.253)server
Disini saya menggunakan IP-PUBLIC Static
saya sudah register di www.dyndns.com, kemudian saya create sub-domain. selanjutnya ketika saya panggil subdomain yg udah saya create malah yg muncul webMODEMnya(10.1.1.254) spt milik mas @arieiswadi,
Pengen saya Host Server(192.168.0.253) yang muncul.
berikut screenshot settingnya, mohon koreksi kesalahan settingan saya..
setting IPCOP
http://www.ipmiarthapersada.com/Data/IPCOP.JPG
setting MODEM
http://www.ipmiarthapersada.com/Data/modem.JPG
mohon batuanya
Salam terimakasih... smile

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

dani.deh wrote:

ini sm kyk domain redirection di .co.nr atau .co.cc ya om opik ?
kmaren baru daftar .co.nr. harus ngasih link back ke .co.nr kalo gak diapus akunnya. hehehe.

bukan, bukan begitu tujuannya...
di DynDNS satu account hanya diberi maksimal 5 sub-domain... jadi agar si domain bisa memberikan IP yg sebenernya sedangkan IP server sudah berubah maka perlu meng-update si domain-nya.... cara otomatisnya seperti ini....

dani.deh wrote:

kalo di dyndns redirect buat server rapidleech atau torrentflux boleh gak ya om ? kyknya di .co.nr gak boleh dipake buat yg ilegal2 big_smile

wah sy kurang tahu nih....

familyn3t wrote:

Salam @bang Opik dan semuanya smile
Mohon solusinya ...
Permasalahan saya hampir sama spt mas @arieiswadi

saya coba pake Option Pertama dari bang opik pke setting DMZ, bisa nggak ya smile ??
Topologi saya spt ini :
INET(MODEM set PPPoE)(10.1.1.254)--Red(10.1.1.253)@IPCOP@(192.168.0.254)Green
                                                                                                  |
                                                                                                  |
                                                                                             Switch--(192.168.0.253)server
Disini saya menggunakan IP-PUBLIC Static
saya sudah register di www.dyndns.com, kemudian saya create sub-domain. selanjutnya ketika saya panggil subdomain yg udah saya create malah yg muncul webMODEMnya(10.1.1.254) spt milik mas @arieiswadi,
Pengen saya Host Server(192.168.0.253) yang muncul.
berikut screenshot settingnya, mohon koreksi kesalahan settingan saya..
setting IPCOP
http://www.ipmiarthapersada.com/Data/IPCOP.JPG
setting MODEM
http://www.ipmiarthapersada.com/Data/modem.JPG
mohon batuanya
Salam terimakasih... smile

maaf nih.... untuk di ipcop sy belum mencoba...

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

yang pakai DynDNS milik Abah mod Mustofa,
bisa dirubah settingannya sebagai berikut...

tapi ini masih trial and error yah... big_smile



4. buat file yg menyimpan data account anda mulai username, password dan nama domain...

pico dyndns_account

kemudian masukkan account anda mengikuti seperti dibawah ini,

$USERNAME $PASSWORD $Host Name

contoh:

opensource 123456 kios.baraya.net

kemudian file ini di-save diberi permission agar tidak bisa dibaca/dibuka account user lainnya dengan alasan keamanan...

# chmod o-r dyndns_account

5. buat file script yg akan melakukan update IP ke DynDNS berdasarkan IP yg didapat dari IP Check

# pico dyndns_update.sh

dan script-nya...

 
#!/bin/sh
cd /root/ipcheck/
if [ -f ipcheck.dat ]; then
  /usr/sbin/ipcheck -l -r http://ddns.baraya.net/updatehost.php?hostname= --acctfile dyndns_account
else
  /usr/sbin/ipcheck --makedat -l -r http://ddns.baraya.net/updatehost.php?hostname= --acctfile dyndns_account
fi
Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

opikdesign wrote:

yang pakai DynDNS milik Abah mod Mustofa,
bisa dirubah settingannya sebagai berikut...

tapi ini masih trial and error yah... big_smile



4. buat file yg menyimpan data account anda mulai username, password dan nama domain...

pico dyndns_account

kemudian masukkan account anda mengikuti seperti dibawah ini,

$USERNAME $PASSWORD $Host Name

contoh:

opensource 123456 kios.baraya.net

kemudian file ini di-save diberi permission agar tidak bisa dibaca/dibuka account user lainnya dengan alasan keamanan...

# chmod o-r dyndns_account

5. buat file script yg akan melakukan update IP ke DynDNS berdasarkan IP yg didapat dari IP Check

# pico dyndns_update.sh

dan script-nya...

 
#!/bin/sh
cd /root/ipcheck/
if [ -f ipcheck.dat ]; then
  /usr/sbin/ipcheck -l -r http://ddns.baraya.net/updatehost.php?hostname= --acctfile dyndns_account
else
  /usr/sbin/ipcheck --makedat -l -r http://ddns.baraya.net/updatehost.php?hostname= --acctfile dyndns_account
fi

maaf... ternyata repository ipcheck hanya untuk dyndns.org,
coba nanti akan dicari solusi lainnya...

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

misi om, ane masih nubi jd ikutan nyimak aja dulu dari atas ampe kebawah
benernya agak mumet juga bacanya tp drpada mumet baca mending langsung praktek
oia om, klo ntar ane nanya2 jangan marah ya hehe...

Re: Tutorial free-domain DynDNS dengan IP Dynamic Updating...

info:

dyndns.com sudah berbayar, cobain pakai no-ip.com

Facebook OPiKdesign
http://badge.facebook.com/badge/100000147194199.279.411965916.png
* IT Consultant * Networking Specialist for Internet Cafe/HotSpot/SOHO * Maintenance * Graphic & Web Design, 3D Modeling & 2D/3D Animation * Hosting & Domain * email to: th@opikdesign.com