20 Agustus 2009 - Madrasah Open Source: Sekolah Berstandard Dunia Akhirat

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search
Gus Alfa Alfin Salvatore kelas 6 MI memegang Mic sedang mengajari para Ustadz & Gus yang hadir cara menginstalasi Sabily. Pada komputer adalah Gus Hero Zulkaisi kelas 4 MI
Gus Alfa Alfin Salvatore kelas 6 MI memegang Mic sedang mengajari para Ustadz & Gus yang hadir cara menginstalasi Sabily. Pada komputer adalah Gus Hero Zulkaisi kelas 4 MI

Pada tanggal 20-21 Agustus 2009, sebelum Puasa, atas undangan Gus Hafidh & Gus Adhim yang waktu itu di dampingi oleh teman-teman AirPutih seperti Gus Roim, Onno W. Purbo mengunjungi Yayasan Ponpes Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA). Yayasan Ponpes Sumber Pendidikan Mental Agama Allah disingkat Yayasan SPMAA berdiri pada tanggal 27 Oktober 1961. Yayasan SPMAA berkantor pusat di Desa Turi Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Madrasah di bawah SPMAA semua merupakan "Sekolah Bertaraf Dunia Akhirat" (jauh lebih luas daripada Sekolah Bertaraf Internasional) dan barangkali merupakan Ponpes pertama di Indonesia yang berani mendeklarasikan sebuah Madrasah Open Source. Distro Linux utama yang digunakan adalah Sabily 9.04 yang merupakan turunan dari Ubuntu Muslim Edition. Sabily 9.04 tersedia dari http://www.sabily.org lengkap dengan Al Qur'an 30 juz dengan 4 Qori + kemampuan untuk memblokir situs porno.

Pada kesempatan tersebut bersama rekan saya Didin (ID-SIRTII) dan Cak Anas (KLAS) memperoleh kesempatan untuk menerangkan open source software untuk madrasah, ponpes maupun beberapa sekolah di Lamongan & sekitarnya termasuk ada beberapa dari Surabaya. Beberapa hal yang menarik,

  • Beberapa Siswa MII setingkat SD, Gus Alfa (lengkapnya Alfa Alfin Salvatore kelas 6 MI) dan Hero Zulkaisi (kelas 4 MI), mendemokan kepada peserta guru yang hadir betapa mudahnya menginstalasi Sabily. Bayangkan anak MI kelas 6 mengajari Ustadz & para-Gus bagaimana caranya menginstalasi Sabily:) ..
  • Melihat dari dekat kehidupan Ponpes, yang mungkin berbeda dengan kebanyakan Ponpes, disini ada Panti Jompo, ada pendidikan anak jalanan dll dll .. jadi sangat menyentuh dan para Gus benar-benar mencontohkan para santri untuk hidup fisabillillah & kalau menurut pandangan Onno W. Purbo ini "Jihad" yang sebenar-nya.
  • Malam hari-nya sempat bersama Gus Glory, berdiskusi tentang tiga (3) proyek besar umat manusia, yaitu, (1) Mengenal Allah secara mendekat dan mendasar, (2) Mengetahui musuh Ghaib Syetan, dan (3) Menanamkan keyakinan Dunia Akhirat. Diskusi yang menarik karena sangat sederhana & menyentuh.

Banyak hal yang sangat menyentuh tentang Ponpes SPMAA Lamongan. Sebagian ada di Web http://www.spmaa.org


[edit] Foto-Foto


[edit] Pranala Menarik

Personal tools