25 Juli 2007 Sweeping RT/RW-net di Kepulauan Riau

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Berikut adalah salinan e-mail dari seorang rekan di kepulauan Riau kepada Onno W. Purbo tertanggal 25 Juli 2007. Tampaknya sweeping RT/RW-net tersebut merupakan salah satu sweeping pertama yang terjadi. Tampak pada e-mail tersebut betapa gundah-nya rekan tersebut. Tampak pula betapa naif-nya Balai Monitoring POSTEL dalam menterjemahkan peraturan yang ada yang lebih cenderung menimbulkan tindakan represive pada masyarakat.


Date: Wed, 25 Jul 2007 01:02:34 -0700 (PDT)
From: Arief Budi Suryanto <masawik@yahoo.com>
To: onno@indo.net.id
Subject: Urgent.. Ada sweeping 2,4 Ghz Balmon di Kepulauan Riau

Selamat siang Pak,

Saya mohon bantuan mengenai RT/RW Net. Hari ini saya dipusingkan oleh Balmon. Mereka sweeping lokal ISP yang pake wifi. Seperti saya misalnya. Saya terpaksa mematikan pemancar untuk menghindari sweeping yang selama 1 minggu. Mereka menanyakan masalah izin ISP, sedangkan setahu saya izin itu prosedurnya sulit dan butuh biaya banyak. Makanya saya membuat RT-RW net, yang tujuannya untuk menopang operasional warnet saya. Memang saya memiliki beberapa repeater, sehingga jarak yang di jangkau mencapai 6km, namun saya tidak menggunakan perangkat melebihi 100mw.

Sekarang muncul dalam pertanyaan benak saya, RT/RW Net itu legal atau tidak? frequensi 2,4 Ghz itu free atau tidak. Masalahnya, saya dengan selentingan bahwa balmon akan membredel 2 lokal ISP / RT-RW Net semacam saya, yang kebetulan info ini saya peroleh dari rekan saya yang kebetulan dia memiliki IZIN ISP. Mohon kiranya Bapak bisa membantu saya dalam menyelesaikan kasus ini. Saya sudah mati2an untuk membangun RT-RW net untuk memberikan solusi internet murah, apakah harus kandas begitu saja pak. Saya kurang begitu faham dengan regulasi mengenai hal ini. Sekali lagi mohon bantuanya. saat ini RT-RW Net saya sedang off, tidak tahu sampai kapan. Kalau bapak tidak keberatan saya minta nomor telepon Bapak, untuk saya menjelaskan secara rinci by phone.

Terima Kasih,


Hormat saya,

Arief Budi Suryanto (YG5YTE)
081364656853, 0771-21029 (fax), 0771-7004550(fleksi (tapi sering
gangguan))

NB. Saya tunggu infonya ASAP


[edit] Pranala Menarik

Personal tools