2 Agustus 2008 - Rekor MURI untuk Open Source Indonesia

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search
Pak Cahyana dari DEPKOMINFO memukul gong tanda start instalasi BlankOn, karena terlalu semangat sampai patah pemukul gong-nya
Pak Cahyana dari DEPKOMINFO memukul gong tanda start instalasi BlankOn, karena terlalu semangat sampai patah pemukul gong-nya
Derry Muhammad kelas 1 SMP anggota KermIT penginstal BlankOn termuda di MURI FOSS
Derry Muhammad kelas 1 SMP anggota KermIT penginstal BlankOn termuda di MURI FOSS

Pada tanggal 2 Agustus 2008, telah di pecahkan empat (4) rekor MURI

  1. Instalasi OSS secara massal pertama di Indonesia di 288 laptop;
  2. Menjalankan Aplikasi OpenOffice secara massal pertama di Indonesia di 288 laptop;
  3. Hotspot dengan 888 SSID; dan
  4. Pembuatan 1554 halaman Blog di blogdetik.com terbanyak dalam waktu 2 jam lebih.


[edit] Cuplikan MURIFOSS di Blogdetik.com

http://murifoss.blogdetik.com/2008/08/03/blogger-detikcom-mencipta-rekor-baru-muri/

Para Blogger Sibuk Posting Artikel ke BlogDetik.com
Para Blogger Sibuk Posting Artikel ke BlogDetik.com
Anak-anak KermIT sibuk juga di MURI
Anak-anak KermIT sibuk juga di MURI

Tanggal 2 agustus 2008, hari yang bersejarah. Sebanyak 300an blogger bersama-sama, serentak memposting artikel non stop ke blogdetik.com. Bertempat di jacc tanah abang, mereka mencipta rekor baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Penyerahan MURI oleh Jaya Suprana ke Pak Idham dari MENRISTEK
Penyerahan MURI oleh Jaya Suprana ke Pak Idham dari MENRISTEK

Rekor yang dibuat pada hari itu adalah untuk pembuatan artikel blog terbanyak yang dilakukan di blogdetik.com dengan tag khusus pada pukul 13:00 WIB - 15:30 WIB, Sabtu 2 Agustus 2008. Bagi peserta yang ada di lokasi, tag yang digunakan adalah 'foss'. Total ada sebanyak 1067 posting dengan tag tersebut yang tercatat.

Sedangkan bagi yang berada di luar lokasi, tag yang digunakan adalah 'muri', tercatat ada 491 posting dengan tag tersebut. Maka, total posting dengan tag 'muri foss' mencapai 1554 posting. Dan muri mencatatnya sebagai rekor baru dalam jumlah posting terbanyak. Acara spektakuler ini dihadiri dibuka oleh Dirjen Aplikasi Telematika Cahyana Amadjayadi.

Para pesertanya mayoritas anak -anak smu. Mereka berasal dari cibinong, cianjur dan jakarta. Dengan semangat tinggi mereka memposting artikel dengan tema internet sehat. Setiap blogger bebas menuliskan pendapat dan persepsinya masing-masing.

Menurut salah satu peserta Asep Muchisn dari SMK Islamiyah Sayang Cianjur, acara ini sangat bagus. Karena itu dia mengajak 50 muridnya ke acara tersebut agar lebih banyak mengetahui dunia IT.

Pada acara yang berakhir pukul 16:00 itu, diramaikan juga dengan kedatangan Sarah Azhari, Lola Amaria, Nadine Chandrawinata, Wanda Hamidah, Mata band, Seventeeen dan Idea marvels. Peserta berkesempatan bertanya kepada mereka tentang apa saja.

Ada yang sekedar menanyakan alamat email sampai ke hal yang lebih personal, “apakah mba Lola sudah menikah?” misalnya.

Dan yang paling menarik, tentu banyaknya doorprize. Mulai dari handpohone sampai jaket. Meriah!




[edit] Kutipan Press Release

MUSEUM REKOR-DUNIA INDONESIA UNTUK FREE OPEN SOURCE SOFTWARE INDONESIA

Penyelenggaraan IGOS Summit 2 pada bulan Mei lalu, yang ditandai dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama IGOS Summit 2 Tahun 2008 oleh 18 Kementerian/Departemen, perlu ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan yang fokus pada upaya memperkuat semangat dan menambah pengetahuan masyarakat di bidang open source.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi baik dari sisi perangkat, infrastruktur hingga konten, serta mempromosikan penggunaan dan pemanfaatan Open Source Software (OSS) sebagai perangkat lunak legal yang mudah, Kementerian Negara Riset dan Teknologi dan Departemen Komunikasi dan Informatika berinisiasi untuk memobilisasi komunitas open source di Indonesia untuk mencatatkan pada Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) melalui kegiatan MURI untuk Free Open Source Software (FOSS) Indonesia. Kegiatan ini melibatkan komponen open source di Indonesia yang melibatkan instansi pemerintah, bisnis, akademis dan komunitas, yaitu Yayasan ODC (One Destination Center), Biskom, Jakarta City Center (JaCC), UFOAkses, BlogDetik, BlankOn, PT. Telekomunikasi Indonesia, PT. Sun Microsystems, ICTWatch, ICT Center, Yayasan Air Putih, Ubuntu Indonesia, InfoLinux, Yayasan Penggerak Linux Indonesia, Anote, Axioo, Byon, ION, Zyrex, XL dan stakeholder terkait lainnya.


MURI untuk FOSS Indonesia ini akan mencatatkan pada Museum Rekor-Dunia Indonesia dalam 4 nominasi yaitu:

  1. Instalasi OSS secara massal pertama di Indonesia;
  2. Menjalankan Aplikasi OpenOffice secara massal pertama di Indonesia;
  3. Hotspot dengan akses SSID terbanyak dalam satu waktu secara bersamaan; dan
  4. Konten blog terbanyak dalam waktu 3 jam.


Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pameran Inovasi TIK Indonesia dalam rangka peringatan Kebangkitan Teknologi Nasional Tahun 2008. MURI untuk FOSS Indonesia akan diselenggarakan pada tanggal 2 Agustus 2008 jam 09.00 – 16.00 WIB bertempat di Jakarta City Center (JaCC) Lantai 2. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan penggunaan perangkat lunak legal sekaligus menumbuhkan kecintaan akan piranti lunak berbasis open source di masyarakat.


Sumber:

Asisten Deputi Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi
Deputi Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Iptek
Kementerian Negara Riset dan Teknologi
Gedung II BPP Teknologi Lantai 6
Jl. MH. Thamrin No. 8 Jakarta 10340
Telp. 021 316 9166/9181 Fax. 021 310 1952
website: http://www.ristek.go.id



[edit] Pranala Menarik

Personal tools