3G: Konfigurasi Linksys WRT54G3G Untuk HotSpot Sederhana

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Konfigurasi HotSpot sederhana akan di wakili oleh Router 3G Linksys WRT54G3G. Prinsip yang digunakan disini akan dengan sangat mudah di replikasi untuk router-router 3G lainnya.

Pertama-tama, kita harus memastikan bahwa sambungan ke jaringan 3G berhasil di lakukan. Pada menu utama pada saat kita mengkonfigurasi router 3G WRT54G3G akan tampak setup 3G/UMTS. Melalui menu 3G/UMTS kita dapat melihat Mobile Connection Service apakah “connected” atau “disconnected”. Melalui tombol berwarna merah di body router atau tombol Connect pada menu Web kita dapat menyambungkan router 3G ke jaringan 3G.

Sampai tahapan ini, sebetulnya router 3G yang kita gunakan dapat langsung berfungsi untuk memberikan akses hotspot sederhana tanpa kontrol akses sama sekali. Artinya kita tidak dapat memfilter siapa saja yang boleh tersambung ke Internet melalui jaringan 3G.

Pada Router 3G WRT54G3G terdapat fasilitas Access Restrictions yang dapat menset lebih dari 100 komputer yang mempunyai akses yang berbeda-beda. Beberapa menu penting yang perlu digunakan dalam fasilitas Access Restrictions ini adalah

  • Edit List of PCs, yang menentukan MAC address atau IP address PC yang di ijinkan akses.
  • Hari mengakses.
  • Jam mengakses.

Pada menu “List of PCs” secara eksplisit kita dapat mengkonfigurasi komputer yang akan kita filter, berdasarkan MAC address, IP address atau range dari IP address. Mungkin untuk MAC address agak kerepotan sedikit karena kita harus mencek satu per satu MAC address PC yang digunakan tapi jauh lebih aman daripada menggunakan IP address. Teknik mencek / melihat MAC address dapat dilakukan menggunakan perintah

# ifconfig

Menu Access Restrictions, mempunyai kemampuan untuk memblokir akses ke servis tertentu, ke alamat Web tertentu atau ke alamat Web yang mempunyai kata-kata yang tidak di inginkan.


Melalui tombol Add / Edit Service, kita dapat mengkonfigurasi servis secara detail yang akan di blok, apakah menggunakan protokol TCP atau UDP, maupun nama dan nomor port service yang digunakaan. Hal ini tidak di sarankan bagi anda yang masih pemula dalam mengkonfigurasi jaringan Internet, karena salah-salah jaringan anda jadi tidak bisa beroperasi.

[edit] Pranala Menarik

Personal tools