WNDW: Alamat IP Publik

From SpeedyWiki

(Redirected from Alamat IP Publik)
Jump to: navigation, search
Gambar  3.4: Authoritas untuk mengalokasi alamat Internet IP di delegasikan ke lima Regional Internet Registrar.
Gambar 3.4: Authoritas untuk mengalokasi alamat Internet IP di delegasikan ke lima Regional Internet Registrar.

Apakah anda pernah bertanya-tanya siapa yang menguasai alokasi alamat IP? Alamat IP secara global dialokasikan dan di distribusikan oleh Regional Internet Registrar (RIR) ke ISP. ISP kemudian memberikan blok IP yang lebih kecil kepada pelanggan mereka sesuai keperluan. Sebenarnya semua pemakai Internet mendapatkan alamat IP mereka dari ISP. Alamat IP ini di kenal sebagai Alamat IP Publik.

Ke-4 milyar alamat IP yang tersedia di atur oleh Internet Assigned Number Authority (IANA, http://www.iana.org/). IANA sudah membagi alamat IP ini ke dalam subnet besar, biasanya subnet /8 dengan 16 juta alamat masing-masing. Subnet ini di delegasikan ke satu dari lima Regional Internet Registrar (RIR) yang diberi kekuasaan untuk wilayah geografis yang besar.

Ke lima RIR adalah:

ISP anda akan memperoleh alokasi alamat IP yang dapat di routing secara global dari kumpulan IP yang di berikan kepada ISP tersebut oleh RIR. Sistem pencatatan memastikan bahwa alamat IP tersebut tidak digunakan di jaringan manapun di dunia. Sesudah alokasi IP address disetujui, maka sangat mungkin untuk mengirim paket antar jaringan dan berpartisipasi di jaringan Internet global. Proses untuk mengirim paket antar jaringan di sebut routing.



[edit] Pranala Menarik

Personal tools