Wajanbolic e-goen

From SpeedyWiki

(Redirected from Antenna Wajan)
Jump to: navigation, search

WARNING: Antenna wajanbolic e-goen sangat sensitif terhadap arah antenna, anda harus pelan-pelan mengarahkan antenna ke base station supaya dapat sinyal maksimum.


Antenna Wajan, atau Wajanbolic e-goen merupakan terobosan dalam Teknologi RT/RW-net. Antenna Wajanbolic e-goen dapat menjadi client yang murah dalam sebuah RT/RW-net sehingga kita dapat ber Internet dengan murah. Internet murah bukan berarti mencuri bandwidth dan ber Internet gratis, seperti kebanyakan orang menyangka. Internet menjadi murah karena beban biaya di tanggung ramai-ramai oleh banyak mengguna di sebuah RT/RW dalam RT/RW-net

Pak Gunadi dan Wajanbolic e-goen
Pak Gunadi dan Wajanbolic e-goen

Antenna Wajanbolic e-goen di kembangkan oleh Pak Gunadi (Pak Gun) atau lebih di kenal e-goen. Pak Gun berasal dari Jogyakarta alumni STEMBAYO. Informasi terakhir, beliau bekerja di Indosat menjadi salah seorang yang bertanggung jawab di Stasiun Bumi Indosat di Purwakarta. Sejak 2005-awal 2006, sosok e-goen dominan memberikan inspirasi bagi bangsa Indonesia untuk mengembangkan antenna wajan & antenna panci di Indonesia. Antenna wajan yang kemudian dikenal sebagai wajanbolic e-goen menjadi andalan utama bagi mereka yang ingin membangun RT/RW-net atau Wireless Internet murah di rumahnya dengan modal sekitar Rp. 300-350.000 saja.

Pak Gun aktif di mailing list indowli@yahoogroups.com dan mengajarkan subscriber indowli@yahoogroups.com teknik-teknik membuat antenna murah menggunakan wajan, kaleng, pipa pralon. Dengan peralatan yang sangat sederhana kita dapat membangun sambungan Wireless Internet yang cukup jauh untuk menjangkau wilayah lebih dari 2-4 km.

Awalnya, Pak Gun menyebarkan foto-foto awal wajanbolic, maupun antenna sederhana lainnya di situs http://pg.photos.yahoo.com/ph/gunpwk/my_photos. Sayang, Yahoo Photo men-delete semua foto wajanbolic e-goen. Situs Photo Pak Gun telah pindah ke,

Sebagian dari foto Wajanbolic e-goen dari situs Yahoo Photo di selamatkan ke Situs DIKLAT ORARI pada alamat

Contents

[edit] e-Book yang patut di baca

[edit] File SpreadSheet untuk Menghitung

[edit] Catatan Aturan Penggunaan Frekuensi

Semua frekuensi yang digunakan di Indonesia harus menggunakan ijin dari pemerintah, dalam hal ini di atur oleh Direktorat Jendral Pos & Telekomunikasi (DITJEN POSTEL) di bawah Departemen Komunikasi & Informasi (DEPKOMINFO). Khusus untuk frekuensi operasi wajanbolic e-goen yang berada di band 2.4GHz, sejak tanggal 5 Januari 2005, setelah di tanda tangani Keputusan Menteri No. 2 / 2005 tentang Wireless Internet di 2.4GHz oleh Hatta Rajasa. KEPMEN 2/2005 maka pada prinsipnya frekuensi 2.4GHz bebas digunakan dengan syarat, antara lain,

  1. maksimum daya pancar 100mW
  2. EIRP maksimum 36dBm
  3. semua peralatan yang digunakan di sertifikasi.

Kisah perjuangan bangsa Indonesia ini dapat di baca di Pembebasan Frekuensi 2.4GHz

Bagi anda yang ingin berexperimen menggunakan frekuensi tinggi selain 2.4GHz, seperti, 2.3GHz, 3.3-3.5GHz, 5.8GHz, 10GHz, dll. menggunakan peralatan antenna wajanbolic atau miniPCI Mikrotik dll. Sangat di sarankan untuk menjadi anggota ORARI, karena band-band tersebut merupakan band amatir radio. Silahkan berdiskusi dengan rekan-rekan amatir radio di mailing list orari-news@yahoogroups.com

ORARI Derah Jawa Barat telah melakukan experiment menggunakan frekuensi 2,3 GHz untuk link Backhoule antara Cijapati - Manglayang - Buahbatu, sedangkan untuk Access Point masih menggunakan frekuensi 2,4 GHz, sebab belum ada client laptop yang dapat bekerja di 2,3 GHz, kami berharap masyarakat yang akan menggunakan alokasi frekuensi 2,3 GHz agar menggunakan SSID Callsign (nama panggilan) Amatir Radio, untuk mendapatkan Callsign Amatir Radio, dengan mengikuti Ujian Negara Amatir Radio, info lebih lengkap dapat mengunjungi ORARI Daerah Jawa Barat Jl. Situ Aksan no. 35 Bandung.

[edit] Cuplikan Bahan dan Konstruksi Antenna Wajan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat akses Internet menggunakan antenna wajanbolic adalah,

Konstruksi antenna wajanbolic,

  • membuat dudukan untuk USB WLAN dari pralon 1", yang dilapisi oleh lakban aluminium, sehingga berfungsi seperti antenna kaleng.
  • lubangi tengah-tengah wajan
  • dudukan pipa pralon dengan USB WLAN di muka wajan.
  • perpanjang kabel USB dengan menggunakan kabel UTP.

Sedikit perhitungan posisi lakban aluminium terhadap dasar wajan.

  • Lokasi fokus wajan adalah f=D^2/(16xd) dimana D adalah diameter wajan, dan d adalah kedalaman wajan.
  • Posisi USB wifi adalah 3/4Lg, kira-kira 5.2-5.3cm untuk pralon 3".

[edit] Disain / Ukuran Antenna

[edit] Berbagai jenis Antenna e-goen

Wajanbolic bukan satu-satu-nya jenis antenna yang di kembangkan Pak Gun "e-goen", beberapa jenis antenna lain yang dikembangkan antara lain adalah,

[edit] Detail Teknik Wajanbolic e-goen dan Turunannya


[edit] Pengalaman Komunitas Wajanbolic


[edit] Cuplikan Pengakuan Pemakai Wajanbolic e-goen

Date: Tue, 25 Jul 2006 23:16:14 -0700 (PDT)
From: edwin sueyadi <edwind_suryadi@yahoo.com>
Reply-To: IndoWLI@yahoogroups.com
To: IndoWLI@yahoogroups.com
Subject: [IndoWLI] PANCIBOLIC MAS GOEN, HUEBAT. KAGUM SAYA.


Kalau bisa Mas Goen dinominasikan Nobel untuk Pancibolic nya yg keren! huehe

Saya sudah testing dan 100% works! Lucunya saya baru tahu kalau di kota kecil seperti saya banyak juga AP milik pemerintah tanpa enskripsi WEP, meski WEP sendiri sudah mulai digantikan WPA.

Bisa dibayangkan kalau orang memiliki Laptop support WIFI ataupun punya pancibolic, Sumenep bisa menjadi Koreanya indonesia hehehee... AP gratisan dimana mana.

Permasalahan yg ke-2, sistem proteksi amat sangat lemah (ilmu yg saya dapat dari groups sebelah Jasakom-Perjuangan) hanya dengan exploit "biasa" kita bisa memasuki semua akses komputer yg ada di G-online. Dan di komputer2 itu banyak data-data classified yg seharusnya diproteksi lebih. misalnya account net2ftp nya www.sumenep.go.id beserta semua subdomainnya.

Mudah-mudahan Sumenep jadi lebih baik lagi.


Rgds,

Edwin

[edit] Daftar Penyedia / Penyalur Antenna Wajanbolic

Tampaknya Wajanbolic e-goen semakin menarik bagi banyak orang. Tidak semua orang cukup waktu untuk membuat sendiri antenna wajanbolic e-goen, oleh karenanya beberapa rekan mulai memproduksi dan memasarkan wajanbolic e-goen seperti situs di bawah ini.

Bagi anda yang lebih serius mengembangkan RT/RW-net dapat melihat-lihat

[edit] Berita

[edit] Pranala Luar

Berbagai pranala luar yang mengandung foto / gambar wajanbolic e-goen dan turunannya.

[edit] File Referensi Teknologi Wireless Internet Berbasis WiFi

[edit] Pranala Menarik

Personal tools