Belajar bahasa C^^

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

[edit] Bahasa C

Bahasa C adalah bahasa yang telah lama exist di dunia, bahasa ini dipakai buat : UNIX, embedded programming, Windows, Linux. Nah sekarang saya ingin membagi ilmu tentang pemrograman dengan bahasa C

[edit] Penghantar bahasa C

Sebelum menuju ke bahasa C, sekarang saya ingin menjelaskan sedikit tentang basics of programming.

  • Basic of programming:
  • Kita harus mengetahui apa itu algorithm/algoritma:
  • Konsep – konsep dasar programming :

Algortima adalah sebuah rangkaian urutan yang pasti untuk melakukan sesuatu, algoritma tidak boleh ambigu karena bila ambigu akan membuat jalannya program menjadi aneh.

Dalam membuat sebuah algoritma kita bisa menggunakan 2 buah alat bantu yaitu flowchart dan pseudo code. Flowchart( bagan beralur ),nah flowchart merupakan alat untuk membantu merancang algoritma (gambar dan contoh nanti menyusul he3)

Pseudo code( code boongan ), pseudo code merupakan sebuah bahasa yang digunakan antar programmer untuk bertukar alur pikiran( algoritma mereka), bahasa yang digunakan dalam pseudo code ini bebas tidak paten, bisa menggunakan bahasa inggris, Indonesia, daerah, dan juga semi bahasa program itu sendiri (contoh dan penyelesaian menyusul he3 )


Konsep dasar programming itu adalah:

  • Variable: sama seperti di matematika, variable bertugas untuk menampung data sementara pada saat program berjalan
  • Constant/konstanta: ini juga ada di matematika, yaitu variable yang nilai datanya tidak bisa diubah – ubah alias paten. Pada saat program berjalan nilai konstanta itu tetap tidak bisa diubah – ubah.
  • Selection/seleksi: ini merupakan sebuah pengambilan keputusan. Diwakili dengan if dan else, dan juga switch dengan case
  • Iteration/perulangan: ini merupakan sebuah perulangan yang dimana perulangan itu ada 2 macam yaitu : looping forever dan ended loop, dimana looping forever ini perulangan yang tidak akan berhenti, biasanya karena program tidak memenuhi ketentuan atau syarat untuk program berhenti. Sedangkan ended loop merupakan sebuah perulangan yang akan memenuhi syarat agar looping itu berhenti.
  • Function/ fungsi: ya sama seperti di matematika juga, ini merupakan sebuah tempat untuk menampung modul – modul (program kecil) , function ini dibuat untuk digabung – gabungkan untuk menjadi program yang besar.
  • ( blom tahu apa yang mesti di tulis lagi di konsep ini)


[edit] Sejarah bahasa C:

Ok, kalau ngomongin sejarah bahasa C singkat aja ya, sejarah bahasa C , bahasa C sendiri dulunya bernama bahasa B, nah lalu pindah nama menjadi bahasa C,bahasa C merupakan bahasa yang mid – level language karena programmer dapat mengatur memory / alokasi memory untuk program nya, tidak seperti bahasa JAVA dan C# ( dibaca C sharp ) alokasi memory diatur automatic oleh bahasa itu sendiri. Owh ya yang menciptakan bahasa C itu adalah Dennis Ritcie , bahasa C sendiri diciptakan di AT&T bell labs diawal tahun 70 an , bahasa C adalah bahasa jadul lalu bahasa ini mengalami perkembangan yaitu ditambahkannya kemampuan OOP pada bahasa C yang menjadikan bahasa C menjadi bahasa C++(dibaca C plus plus).

Personal tools