Web Browser

From SpeedyWiki

(Redirected from Browser)
Jump to: navigation, search

Sebuah Web browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan dan berinteraksi dengan tulisan, gambar, video, musik dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman Web di sebuah situs di World Wide Web atau di jaringan LAN lokal. Tulisan dan gambar di halaman Web dapat mempunyai hyperlinks ke halaman Web lain di mesin yang sama atau di situs web lainnya. Web browser memungkinkan pengguna secara cepat dan mudah mengakses informasi yang diberikan oleh banyak situs Web dengan cara menjelajahi link tersebut. Web browser memformat informasi HTML untuk di tayangkan, oleh karena itu penampakan halaman Web akan agak berbeda dari satu browser ke browser yang lain.

Ada beberapa Web browser yang dapat di gunakan di komputer, yaitu, Mozilla Firefox, Safari, Konqueror, Opera, Flock, Epiphany, K-Meleon dan AOL Explorer. Pada saat ini Firefox merupakan Web browser terbaik yang banyak digunakan di Internet. Bagi mereka yang menggunakan Linux Ubuntu Firefox sudah langsung terinstalasi tanpa perlu menginstalasi lagi.

Web browser ini kebanyakan digunakan sebagai agen pengguna dari HTTP. Walaupun Web kebanyakan digunakan untuk mengakses World Wide Web, dia juga dapat digunakan untuk mengakses informasi di Web server di jaringan lokal dan isi dari file system di harddisk.

Akses Web ke File Yang ada di Situs OpenSource
Akses Web ke File Yang ada di Situs OpenSource

Tampak pada gambar adalah file yang ada di situs opensource di telkomspeedy yang dapat di akses pada alamat http://opensource.telkomspeedy.com/speedyorari/ yang memuat sekitar puluhan Gbyte file, buku, dan perpustakaan yang dapat di ambil secara bebas.

Akses File di Komputer 192.168.0.1
Akses File di Komputer 192.168.0.1

Bagi anda yang berada di jaringan komputer lokal dan mengaktifkan fasilitas Network Neighbourhood, kita dapat dengan mudah melihat file yang ada di berbagai folder di komputer lain menggunakan Web browser dengan alamat smb://alamat-ip-komputer. Perhatikan alamat yang digunakan adalah smb:// bukan http:// yang biasa digunakan di Web. Menggunakan alamat smb://alamat-ip-komputer kita dapat mengakses folder di komputer lain. Dalam gambar di perlihatkan kita mengakses file pada komputer smb://192.168.0.1/

Akses File di komputer sendiri pada folder /home
Akses File di komputer sendiri pada folder /home

Manfaat lain dari sebuah Web browser adalah melihat file yang ada di komputer kita sendiri dengan menggunakan alamat file:///folder/yang/akan/kita/lihat/, maka kita akan membuka folder /folder/yang/akan/kita/lihat dan menayangkan semua file yang ada di folder tersebut.



[edit] Pranala Menarik

Personal tools