Catatan IT Camp 2010 oleh AirPutih

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Catatan IT Camp 2010 “Hackers are Not as Bas as You think” Tim Airputih

Minggu ke-2 bulan Juli, tim airputih (red. AP) berkesempatan untuk menjadi salah satu organizer, untuk menyukseskan acara IT Camp 2010 bekerja sama dengan KERMIT (Kelompot Remaja Melek IT), acara ini berlangsung pada hari Sabtu-Minggu 10-11 Juli 2010, di komplek bumi perkemahan TNGSH (Taman Nasional Gunung Salak-Halimun) Gunung Bunder Kab. Bogor, dengan mengusung tema “Hackers are Not as Bad as you think”. Berikut catatan perjalanan tim AP dalam acara tersebut.

Contents

[edit] Hari Ke-1:

Tim AP dan beberapa rekan dari KERMIT (yang diberi nama tim advance oleh ketua pelaksana) berangkat ke tempat acara H-1 sebelum acara, yaitu pada hari Jumat 9 Juli 2010 untuk menyiapkan berbagai peralatan dan kelistrikan di tempat acara, perjalanan Jakarta hingga sampai ditempat acara ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Tiba ditempat acara aktifitas yang dilakukan adalah:

  1. Mensterilkan tempat acara
  2. Menyiapkan kelistrikan dan lampu tempat acara
  3. Memasang 20 tenda dom untuk peserta
  4. Istirahat

[edit] Hari Ke-2 (Sabtu 10 Juli 2010):

Hari kedua, sebelum para peserta datang ke tempat acara. tim advance memulai aktifitas dengan membagi beberapa tugas yang harus dilakukan, yang pertama memasang nomor tenda untuk peserta, merapihkan instalasi listrik, memasang beberapa spanduk, umbul-umbul yang masih tersisa. Sekitar jam 11.30 wib para peserta sampai di tempat acara, agenda pertama adalah pembagian tenda, team building dan ice breaking. Pada pembagian tenda, peserta memilih 4 teman yang sudah dikenal, untuk menjadi teman 1 tenda. Untuk Team Building, peserta dibagi menjadi 10 kelompok dengan cara peserta berdiri dan berjajar membentuk lingkaran, kemudian berhitung 1 sampai 10, setelah itu peserta berkumpul sesuai angka. Untuk ice breaking, kita melakukan permainan speed geeking, setiap kelompok diberi nama, sebagai berikut :

  1. Kelompok Sistem Operasi
  2. Kelompok Jejaring Sosial
  3. Kelompok Aplikasi Perkantoran
  4. Kelompok Messenger
  5. Kelompok Perangkat Lunak Desain Grafis
  6. Kelompok Browser
  7. Kelompok Pemutar Musik
  8. Kelompok Pemutar Video
  9. Kelompok Koneksi Internet
  10. Kelompok Software

Masing - masing kelompok memilih pemimpin kelompoknya, kemudian berdiskusi untuk presentasi didepan kelompok yang lain dengan tema sesuai dengan nama kelompoknya. Jam 12.30 ISHOMA yang dilanjutkan oleh materi pertama yaitu Network Security yang dibawakan oleh Ruth marya dari KLUWEK (Komunitas Linux ceWEK) hingga pukul 17.30 WIB. Lepas maghrib para peserta kembali disuguhkan materi kedua “Mengamankan Jaringan” yang dibawakan oleh bapak M. Shalehuddin dari ID-SIRTII, materi terakhir yang diterima peserta pada hari pertama IT Camp adalah “Cara Berinternet yang Aman” yang dibawakan oleh bapak Donny BU dari ICT Watch. Acara hari pertama ini ditutup dengan diskusi bebas.

[edit] Hari Ke-3 (Minggu 11 Juli 2010):

Hari ketiga, setelah para peserta diajak berkeliling dan berkunjung ke beberapa objek wisata yang ada di Taman Nasional Gunung Salak-Halimun, para peserta diberikan materi terakhir yaitu “Teknik Hacking dan Sniffing” yang dibawakan oleh bapak Adi Nugroho dari Yogyafree/Muslim Hacker. Ditengah jeda materi peserta diberikan waktu untuk mengunjungi beberapa Klinik yang ada, diantaranya :

  1. Klinik Jaringan dasar dan Open Source oleh tim AirPutih
  2. Klinik Komunikasi Digital oleh tim Orari
  3. Klinik Server oleh tim Rainer (Axioo)

Para peserta sangat antusias sekali untuk berkunjung ke klinik tim AP karena para peserta bisa bertanya tentang dasar jaringan dan open source, selain itu peserta juga bisa belajar mengenai konfigurasi kabel UTP dan mempraktekannya langsung. Namun, sayang karena waktu yang terbatas jadi tidak semua peserta mendapat kesempatan untuk melakukan praktek secara langsung. Setelah makan siang, materi terakhir adalah Teknik Hacking dan Sniffing oleh Bp. Onno W. Purbo. Dalam materi ini dijelaskan teknik – teknik serangan menggunakan distribusi Linux BackTrack yang sudah dilengkapi dengan alat – alat untuk melakukan hacking. Dan pada hari terakhir ini acara IT Camp 2010 ditutup dengan bagi-bagi doorprize dengan hadiah dari beberapa sponsor diantaranya, printer, handphone, dan lain-lain. Setelah itu berdo'a bersama, dan peserta kembali ke rumah masing – masing.

[edit] Pranala Menarik

Personal tools