CLI

From SpeedyWiki

(Redirected from Command-line)
Jump to: navigation, search

[edit] Sekilas CLI

CLI atau Command Line Interface, atau Antarmuka Baris Perintah - adalah suatu bentuk penggunaan komputer berbasis teks - dimana pengguna komputer memberikan perintah (baca : command, atau input) kepada komputer melalui pengetikan sejumlah baris perintah untuk kemudian diolah (baca : diproses) agar menjadi sebuah keluaran (baca : output).

Proses masukan (input) dan keluaran (output) pada sebuah komputer atau disebut juga dengan I/O adalah hal yang wajib dipelajari oleh para siswa yang ingin mempelajari atau mendalami mata pelajaran pengenalan komputer (bagi sekolah menengah) atau ilmu teknik informatika (pada perguruan tinggi).

Tampilan antarmuka pengguna atau user interface UI pada CLI - biasanya - adalah berbasis teks yang sangat sederhana dan tidak serumit tampilan UI berbasis jendela (baca : window). Pengguna komputer cukup memberikan input pada layar berbasis teks sederhana yang ditandai dengan kursor atau cursor yang berkedip - yaitu sebuah tanda bahwa komputer siap menerima perintah dari pengguna.

Pada umumnya proses penggunaan antarmuka baris perintah (CLI) ini biasa juga disebut dengan akses konsole atau console - walaupun istilah konsole juga mengacu pada antarmuka berbasis jendela yang sangat rumit.

[edit] Penggunaan CLI

CLI umum digunakan pada sistem operasi berbasis Unix, Linux maupun lainnya - terutama untuk pemrograman sistem dasar seperti : fungsi date untuk menampilkan waktu pada sistem, uname, echo, ifconfig dsb. CLI sangat berhubungan dengan bahasa pemrograman yang digunakan pada sebuah sistem operasi atau yang biasa dikenal dengan shell - yaitu lingkungan bahasa pemrograman tertentu yang digunakan dalam membangun atau mengembangkan sistem operasi tersebut.

Beberapa contoh bahasa pemrograman yang berhubungan dengan CLI dan shell :

  • csh atau C-Shell
  • sh atau Shell
  • bash atau Born Again-Shell
  • ksh atau Korn-Shell
  • dsb

Setiapnya memiliki kemampuan dan karakteristik maupun ciri khas tersendiri dalam penggunaannya sesuai dengan perpustakaan perintah (command library) yang dimiliki - yang berarti pengguna CLI harus mempelajari perpustakaan perintah sebelum memberikan perintah (input) pada komputer, atau komputer tidak akan mengerti apa yang diperintahkan pengguna, bagaimana cara mengolah dan menampilkan hasilnya (output).

Beberapa contoh input dan output sederhana dari sebuah perintah berbasis CLI :

$ echo halo
halo
# echo salam
salam

dimana baris teks 'echo halo' pada baris pertama adalah perintah (input), dan teks 'halo' pada baris kedua adalah keluaran (output) dari perintah 'echo halo'. Tanda '$' dan '#' merupakan tingkatan penggunaan shell pada sebuah sistem operasi sesuai hak pengguna (atau user right).


[edit] Pranala Menarik

Personal tools