Contest

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Contest bertujuan untuk mengumpulkan sebanyak­-banyaknya kontak yang syah (valid contacts) dalam waktu sesingkat­-singkatnya. Disini bukan waktunya untuk ngobrol santai, cukup bicara seperlunya saja, atau istilah asingnya it’s hello and good bye, basa basi biar untuk kesempatan lain saja. Ketegangan makin meningkat pada saat persaingan dengan stasiun lain semakin ketat. Untuk mengendalikannya perlu ketrampilan yang tinggi dan diperlukan reaksi yang cepat untuk meraih kesempatan yang muncul.

Contest tidak memerlukan peralatan khusus, namun segala perlengkapan yang diperlukan harus tersedia dan mudah dicapai dari posisi duduk operator. Mikrofon, kunci ketok, logbook, pinsil dan lain­lain harus dengan mudah dapat dicapai oleh operator. Sinyal yang besar dan kuat selalu lebih menguntungkan dari sinyal lemah, sehingga antenna yang besar, power yang besar dan lokasi yang baik akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang dicapai.

Contents

[edit] CQ WW 160m CW CONTEST 30-31 Januari 2010

[edit] YE1C QRV pada CQWW 160m CW Contest

Dear All,

Seperti telah diinformasikan sama OM Jo, rekan-rekan dari Bekasi akan ikut berpartisipasi pada CQWW 160m CW Contest minggu depan.

Biasanya kami memancar dengan call sign YE1ZAT, pada kali ini kami berkolaborasi dengan ORDA Jabar membawakan YE1C dan kami akan memancar dari Gunung Malang (1.050m dpl) dengan antena tx dipole feed point pada ketinggian 40m sedang untuk antena rx ARAV-2P.

Hasil testing weekend minggu lalu sistem antena tx yang kami pasang sepertinya sudah bekerja dengan sempurna hanya untuk sitem rx antena masih terkendala dengan konduktifitas tanah yang kurang begitu bagus, kami harus memperbaiki sistem grounding antena ini supaya minimal sama dengan kinerja pada saat antena ini dipasang di pantai pakis karawang tahun lalu untuk kontes yang sama.

Operator yang terlibat untuk saat nanti adalah YB1ALL (penanggung jawab), YB1CCF, YB1KAR, YB1NWP, YC1KAF, YD1GCL dan YD1JZ dengan tim support YC1BTV, YC1HQQ dan YD1ORZ.

Trx yang akan dipergunakan adalah IC-7800 dengan power yang akan kami pergunakan sesuai dengan permen yang baru untuk stasiun kontes.

Mohon saran dari rekan2 terutama untuk peningkatan kinerja antena rx, kami mempunyai rencana juga untuk memasang antena beverage bila antena arav-2p kinerjanya tidak sesuai dengan yang kami harapkan.

Thanks to YD1JZ atas supporting equipment dan juga YC1BTV untuk kesediaan direpotkan tempatnya dipergunakan.

Sampai ketemu di kontes mendatang dan mudah2an tidak dianggap stasiun bajak laut :)


73 de YB1KAR untuk YE1C Team

ps: Om Jo, punten salah informasi call sign yang dipergunakan. Om Dadang, kabar baik, mampir dulu sebelum ke Temanggung :)

[edit] YE1C di Sabtu sore 30 Januari 2010

Keberhasilan nembukukan 32 qso di sabtu dinihari membuat rekan2 di YE1C begitu antusias untuk bisa menambah lebih banyak lagi, sore ini setelah istirahat cukup dipakai untuk experiment antena rx loop k9ay, untuk memastikan device preamp + switcher yang dibuat oleh YB1NWP.

Jadi ada 3 buah antena rx yang kami pasang pada kontes kali ini yaitu ARAV2-1P, Loop K9AY dan Beverage.

Hasil pengamatan dari ke-3 ini kami putuskan untuk memakai antena beverage selama kontes berlangsung.

Log pertama sabtu sore kami bukukan jam 1003z dengan JH4UYB dan ditutup oleh OL8W jam 2331z

Noise level pada antena dipole ada di pada kisaran s9 sampai 20db skala meter dan pada antena beverage lebih kecil., sehingga kami bisa membukukan perolehan qso yang signifikan sepanjang sabtu sore sampai minggu pagi.

73, YB1KAR untuk YE1C team

[edit] YE1C di hari minggu 31 Januari 2010

Kabut masih menyelimuti gunung malang bahkan 3/4 bagian tower yang kami pakai untuk memasang antena dipole tidak terlihat, semua antena yang kami pakai tidak terlihat, hanya kabel coaxial yang menandakan disitu ada antena saja bisa terlihat.

Dipole diketinggian 40m dan beverage di kebun tomat masih siap untuk mengimbangi semangat para crew yang telah sangat sangat sukses mendulang qso di sabtu sore hingga minggu dini hari.

Transceiver mulai dihidupkan YC1KAF yang kebagian jaga gawang jam 0933z dan antena dipole dengan ramah menyapa memberi semangat lewat kerlip lampu neon yang dipasang di ujung antena ( kenangan masa main di am yang takan terlupakan !!). Belum terdengar adanya tone sama sekali, sepertinya signal dari luar mengikuti kaidah alam yang tidak bisa melihat antena rx karena terhalang kabut.

Percaya atau tidak itulah yang kami catat, tone mulai terdengar seiring dengan mulai menghilangnya kabut, fenomena yang berulang dan tidak terjawab secara aklamasi selama diskusi ringan sesama anggota tim, atau ini hanya kebetulan saja, mungkin yang mengenal ilmu propagasi (om buldan mungkin ?) bisa membantu menjelaskan tentang hal ini

Seperti biasa dalam kontes, cqing, cq duel, sp, ngaso bentar buka lapak lagi, terus berulang, scaning apa sohib2 setanah air masih tabah :).

Memang kondisi dihari kedua bila dibandingkan dengan dengan sebelumnya sedikit berbeda, tone pertama kali terdengar bergeser kira2 2 jam lebih lambat dibanding hari pertama, wah rugi bandar nih ?! Dagangan bakal habis lebih lama :).

Berurutan yang jaga gawang setelah YC1KAF adalah YD1GCL, YB1NWP, YD1JZ, YB1CCF dan saya kebagian paling akhir.

Setelah KAF n saya dapat bonus rasa high band di 160m pada sabtu malam, maka giliran JZ yang merasakan itu walau tidak seheboh hari pertama., sehingga radio arcala bisa di log JZ. Walaupun kami running legal limit cq duel dengan stasiun dari daerah dimana kita mendulang qso bukan pilihan bijaksana, beberapa lapak perlu kami hibahkan kepada mereka :), kami sangat diuntungkan sekali dengan pemakaian transceiver yang dikengkapi dinamic filter yang mumpuni.

Pada akhir giliran jaga perjuangan operator terakhir cukup berat karena chalenge sudah bisa dicapai dihari pertama, juga stamina yang sudah turun, jadinya lebih banyak sp dan 2 jam menjelang kontes berakhir baru gelar lapak, tidak sia-sia juga beberapa new multiplier berhasil didapat, menjelang waktu kontes berakhir tone ON4UN, KL7RA dan beberapa stasiun dari NA bisa masuk dalam log melengkapi perolehan yang bagi kami merupakan perolehan yang sangat fantastis, tidak pernah terbayangkan dalam satu kontes melawan derau bisa mendapat 46 dxcc sekali jalan, entah kapan lagi kami bisa membukukan log sebanyak ini pada top band contest.

Persiapan awal adalah segalanya, untuk mengikuti kontes ini kami merancang selama hampir 2 bulan dan tiap kamis malam kami diskusi membahas kontes ini setelah badminton hours ZAT Crew, diskusi non formal tapi serius ini biasanya dipandu sama YB1CCF, banyak literatur yang kami pelajari, pertanyaan mendasar yang biasa dilontarkan adalah 'apa bisa diterapkan n hasil yang sama tetapi kondisi yang berbeda ?'. Bukannya kami tidak mempercayai para pakar yang jelas lebih pintar dari kami2, kami jelas memakai acuan mereka tetapi bagi kami fakta dilapangan yang kami pegang, bertanya kepada yang kami anggap bisa menambah pengetahuan bukanlah hal yang tabu bagi kami, dengan Om Jo - YC0LOW beberapa hari menjelang kontes saya bertukar pikiran menghabiskan waktu beliau yang berharga selama hampir 5 jam, praktis hanya berbicara masalah top band dan pernik2nya, saat itu saya utarakan juga target yang akan kami capai dan saran2 yang jauh dari sifat menggurui terhadap target kami, saya kutip "Saya mengamati perjalanan ZAT sejak dari awal ikut kontes ini beberapa tahun silam, kontes ini bukanlah hanya sekedar meraih poin yang tinggi tetapi juga bagaimana menghargai dxer diluar sana yang haus qso sama YB-Land dan sudah mempersiapkan segalanya untuk bisa dapat valid qso dengan menempatkan orang yang tepat pegang radio"

Yang terbayang bagi kami adalah persiapan peralatan dan logistik yang dibawa oleh rekan2 yang telah melakukan dxpedtion ke beberapa pulau ataupun tempat remote area dengan memancar lebih dari satu band, jelas pasti lebih heboh dan rumit dari apa yang kami lakukan dan kami bawa, kami pastinya tidak membawa sebanyak itu.

Peralatan yang kami bawa adalah : Transceiver IC-7800 dan TS-450, Amplifier Emtron DX3, 10 kw stabilizer, 2 buah Antena Tuner dari MFJ, 3 bh Antena Analizer, 2 balun 1:1 dari DX Engineering + balun 9:1, 150 meter heliax, 300m coaxial 75 om, 3 bh antena rx beverage, loop k9ay dan arav2-1p, 1000 m wire untuk 3 bh antenna beverage, dipole dan loop, 3 bh Notebbok dengan N1MM contest logger, tool dan perlengkapan lain, tidak terasa semua itu memerlukan 4 bagasi mobil.

Begitulah pengalaman kami dalam mempersiapkan dan mengikuti cq 160m cw contest 2010, kami percaya ini tidaklah merupakan gambaran seutuhnya apa yang terjadi, masih banyak peran serta dan emosi beberapa pihak yang tidak bisa tergambarkan secara utuh disini, walaupun demikian kami berusaha berbagi pengalaman untuk minimal menambah wawasan kami di dunia amatir radio.

Beberapa foto kegiatan ini telah di upload di website YE1C di ye1c.wordpress.com , bila dirasakan belum mendapat informasi yang diperoleh mungkin belum sempat di upload oleh admin dan bisa mampir lagi di lain waktu.

Akhirul kata dari beberapa kali mengikuti dan berjuang bahu membahu dalam kontes 160m maka tips antena pada urutan no satu adalah jangan pernah berharap bisa untuk memperoleh hasil maksimal tanpa antena khusus penerima yang dipasang khusus untuk itu.

Best 73, YB1KAR untuk YE1C Team


[edit] Log YE1C dalam CQ WW 160 CW Contest 2010

Dear All, sekilas tentang log YE1C pada CQ 160 CW Contest 2010

TARGET QSO : 200
TARGET TERCAPAI : 22:16 UTC Pada Session 2

QSO SESSION 1 : 32
QSO SESSION 2 : 181
QSO SESSION 3 : 118
TOTAL QSO : 331 (Dupe 8 qso)

TOTAL DXCC COUNTRY : 48

CLAIMED SCORE : 166.314
73, YB1KAR untuk YE1C Team Gunung Malang.
--
Heri, YB1KAR
Bekasi DX Contest Club


[edit] Referensi

[edit] Pranala Menarik

Personal tools