DIKLAT ORARI

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Materi yang di jelaskan disini merupakan bagian dari DIKLAT Organisasi Amatir Radio Indonesia yang merupakan kontribusi banyak rekan-rekan amatir radio di Indonesia.

[edit] Pendidikan dan Latihan ORARI

Dengan adanya Permen MENKOMINFO nomor 33 tahun 2009 tentang Amatir Radio cukup banyak previlige dan kemudahan yang di berikan bagi teman-teman khususnya tingkat pemula dan siaga. Salah satu yang tampaknya sangat menonjol adalah previlige untuk berkomunikasi DX dan mode digital. Hal ini juga tercermin pada berbagai soal ujian amatir radio yang di selenggarakan oleh rekan-rekan DITJEN POSTEL DEPKOMINFO yang mulai menyelipkan berbagai soal disesuaikan dengan mode yang diijinkan kepada rekan-rekan baik tingkat pemula, siaga maupun penggalang.

Untuk memudahkan rekan-rekan amatir radio di seluruh Indonesia untuk mempelajari berbagai jenis keilmuan yang relatif lebih maju, berbagai media ajar mulai dari DVD, Web dan Wiki. Total materi ajar ORARI ada sekitar 12,000+ file dengan besar sekitar 10Gbyte. Untuk memudahkan distribusi materi ajar ORARI, maka telah di siapkan,

Adapun isi dari Materi DIKLAT ORARI dalam dua (2) DVD antara lain adalah,

  • Materi Calon Anggota ORARI. Calon anggota ORARI akan sangat di untungkan dengan DVD DIKLAT ORARI karena di dalamnya terdapat silabus ujian ORARI baik untuk siaga, penggalang dan penegak. Maupun berbagai contoh soal ujian ORARI yang sangat membantu untuk latihan ujian. Latihan soal ini juga dapat dilakukan secara online melalui situs http://yb1za.ampr.org/quiz/ yang dikembangkan oleh YB1LZ dan rekan-rekan di ORARI Daerah Jawa Barat.
  • Materi Pemula, yang meliputi, juklak award, teknik operasi, emergency, kumpulan soal, silabus ujian, kumpulan peraturan, teknik radio sederhana, CW termasuk software untuk belajar morse, kumpulan file multimedia termasuk hymne ORARI, dan foto-foto station amatir radio.
  • Materi Teknik. Materi ini terutama di tujukan bagi mereka yang ingin mendalami ilmu-ilmu amatir radio. Beberapa materi yang lumayan lengkap tersedia termasuk software pendukungnya, antara lain adalah, teknik 2.4 Ghz, cuplikan teknologi WiMAX, manual rig (icom, kenwood, yaesu, alinco, telereader), teknik rtty, teknik psk31, teknik CV-I untuk mengontrol transceiver menggunakan PC, LOTW & QSL, SWL-ing, komunikasi satelit, eQSO (berbagai software untuk eQSO termasuk M0ZPD), tower, logbook, APRS, SSTV, operasi Emergency, software prediksi propagasi, kumpulan handbook, termasuk copy dari handbook ARRL yang pertama dalam bentuk softcopy untuk menghayati semangat para pendahulu amatir radio, alokasi alamat IP address YBNET 44.132.x.x.

Bagi mereka yang suka ngoprek & menyolder rangkaian akan sangat di untungkan dengan adanya

  • Materi untuk Homebrewer. Kumpulan rangkaian homebrew, datasheet komponen, rangkaian & PCB transceiver termasuk BITX20, software antenna untuk membantu perancangan antenna amatir radio, berbagai tool / software untuk disain rangkaian dan PCB, termasuk untuk membuat rangkaian pada frekuensi Microwave,
  • Copy dari majalah BeON yang sekarang sudah tidak terbit lagi.

Sebagian dari materi DVD ini dapat diperoleh melalui Web http://opensource.telkomspeedy.com/speedyorari/index.php?dir=orari-diklat. Bagi rekan-rekan yang ingin memperoleh copy dua (2) DVD tersebut semoga dalam waktu dekat dapat diperoleh dari Sekretariat ORARI Daerah masing-masing atau secara langsung dari Sekretariat ORARI Pusat,

KANTOR SEKRETARIAT JENDERAL ORARI PUSAT
GEDUNG SASANA KARYA Lantai 10
Jalan Suryo Pranoto No. 8 Jakarta 10130
PO BOX 1096 JKT 10010
Telp (021) 912 68 256 dan 938 12 087
Fax (021) 638 69 060
Email hq@orari.or.id
Website http://www.orari.or.id

Memang sebagian materi terutama bagi yang suka “ngoprek” atau “homebrewer” akan sangat di sarankan untuk melihat materi DIKLAT yang ada di Wiki http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/ secara umum dapat dibagi dalam beberapa kategori materi, yaitu,

  • Sedikit catatan, bagi saya pribadi, Sejarah Amatir Radio, menjadi sangat menarik karena di situ di sertakan beberapa catatan sejarah seperti radio pertama di Indonesia adalah Radio Malabar yang di Klaas Dijkstra orang Belanda pada 5 Mei 1923 dengan kekuatan 2400kW lengkap dengan foto dan banyak kisah-kisah perjuangan amatir radio yang di kemudian hari ternyata menjadi cikal bakal dari Internet Indonesia yang juga dapat di baca di kisah perjuangan Internet di Indonesia.

Beberapa materi di SpeedyWiki secara teknis sangat dalam sekali seperti,

Semua materi ini sifatnya open source, artinya sangat di persilahkan untuk di copykan ke semua orang. Di persilahkan untuk mengutip uang untuk penggandaan DVD jika di perlukan.

Mudah-mudahan dapat membantu teman-teman amatir radio di Indonesia untuk lebih maju.

73's

[edit] Referensi

[edit] Pranala Menarik

Personal tools