Disain Jaringan

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Sebelum membeli peralatan atau menentukan hardware yang akan digunakan, kita harus mempunyai gambaran yang jelas tentang permasalahan komunikasi yang akan kita tangani. Kemunginan besar, anda membaca buku ini karena anda butuh menghubungkan kompter di jaringan untuk dapat berbagi sumber daya (resource) dan tersambungan ke jaringan global Internet.

Disain jaringan yang kita pilih untuk di implementasi harus memenuhi kebutuhan masalah komunikasi yang akan kita selesaikan. Apakah kita membutuhkan sambungan dari lokasi yang jauh ke pusat kampus? Apakah jaringan kita akan berkembang untuk menyambungkan beberapa lokasi yang jauh? Apakah komponen jaringan yang akan di install di lokasi yang tetap, atau jaringan berkembang untuk memberikan akses laptop atau berbagai peralatan yang mobile / berpindah-pindah?

Pada bab ini, kita akan mulai mereview konsep jaringan berbasis TCP/IP, yang merupakan keluarga protokol utama yang digunakan di Internet. Kita akan melihat beberapa contoh bagaimana orang membangun jaringan wireless untuk menjawab permasalahan komunikasi mereka, termasuk diagram dari struktur jaringan yang penting. Akhirnya, akan di presentasikan beberapa metoda umum untuk agar arus informasi lancar bergerak melalui jaringan yang kita buat maupun ke seluruh dunia.



[edit] Pranala Menarik

Personal tools