Distro Solusi Untuk Pendidikan, UKM & Amatir Radio

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Pada saat tulisan ini dibuat, hanya sekitar 20.000 sekolah yang tersambung ke Internet itupun tidak semua sekolah dapat menikmati Internet dengan baik. Pada saat yang sama, ada jutaan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang kurang beruntung tidak dapat menikmati Internet maupun berbagai software untuk usaha yang baik.

Dalam waktu senggang saya, beberapa buah Distro Linux sudah saya buat dengan cara melakukan Remastering dari Linux Ubuntu. Karena sangat mudah sekali melakukan Remastering dan sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 2 jam-an per distro untuk membuatnya. Paling tidak ada lima (5) buah Distro yang saya buat, yaitu:

SchoolOnffLine, SekolahNux dan IPTEKNux lebih di arahkan untuk solusi dunia pendidikan. SMEOnffLine di arahkan untuk solusi Small Medium Enterprise (SME) atau Usaha Kecil Menengah (UKM). Sedang ORARINux untuk Dunia Elektronika dan Amatir Radio.

Kecuali IPTEKNux yang sangat besar sekitar 3Gbyte, distro ini semua dapat di ambil secara gratis / bebas di situs http://sourceforge.telkomspeedy.com/. Silahkan di gandakan dalam bentuk DVD, silahkan untuk mengutip ongkos burning DVD dan pengirimannya. Saya ikhlaskan.

SchoolOnffLine merupakan solusi untuk sekolah agar dapat mengajarkan Internet di sekolah tanpa ada sambungan Internet sama sekali. Jadi siswa dapat belajar mengirimkan Webmail, membuat Blog, membaca Wiki dll. Dalam Distro ini juga disertakan buku pelajaran komputer untuk SMP, SMA, Ibu Rumah Tangga maupun tentang Internet Sehat dalam bentuk e-book. Selain itu SchoolOnffLine juga dilengkapi dengan Sistem Informasi Sekolah seperti Absen, Nilai, Jadwal pelajaran; juga perpustakaan digital dan contoh Web Model Sekolah yang dikembangkan BALITBANG DIKNAS.

SekolahNux dan IPTEKNux juga untuk sekolah, tapi bentuknya bukan Server. SekolahNux maupun IPTEKNux lebih di arahkan untuk Desktop untuk murid-murid. Di dalamnya telah tersedia software untuk belajar sambil bermain bagi anak-anak TK, SD, SMP, SMA bahkan di IPTEKNux juga tersedia berbagai software untuk penelitian tingkat S1, S2 dan S3. Contoh software belajar sambil bermain di tingkat TK, SD adalah TuxPaint untuk menggambar. Ada juga TuxMath dimana anak-anak SD bisa belajar Matematika sambil menembak meteor yang jauh dari atas. Hingga mengenal bintang & tata surya menggunakan aplikasi seperti Celestial atau Kstar. Artikel tentang belajar sambil bermain dengan komputer ini bisa di baca di artikel "Belajar sambil bermain dengan Komputer'

Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) tersedia Distro SMEOnffLine. Dalam SMEOnffLine terdapat Server ERP, Akunting, Personalia / HRD, Groupware, Social Networking, Web, Blog Wordpress, Wiki, Digital Library, e-mail, Webmail, File Sharing (SAMBA), Ubuntu Repository Server Lokal, Chatting Server. Dengan menggunakan SMEOnffLine sebuah usaha kecil menengah dapat menggunakan IT tanpa perlu online ke Internet. Bahkan jika di perlukan untuk demonstrasi LiveDVD SMEOnffLine dapat digunakan di komputer tanpa mengganggu software yang ada di harddisk komputer tersebut. SMEOnffLine dapat juga di install ke harddisk untuk penggunaan yang lebih permanen.

Disto yang terakhir saya buat karena hobby amatir radio. ORARINux adalah sebuah Distro / LiveDVD turunan dari Ubuntu yang di tujukan untuk para hobby Amatir Radio dan Elektronika. Dalam ORARINux terdapat Server Web copy dari SpeedyWiki. Yang penting bagi dunia amatir radio, terdapat banyak sekali aplikasi untuk dunia elektronika, seperti gEDA aplikasi Electronic Design Automation, eagle gambar rangkaian elektronika & disain PCB dan kicad. Di samping itu, telah disiapkan berbagai aplikasi untuk komunikasi amatir radio digital, seperti, aprsd, aprsdigi, xastir untuk tracking kendaraan, antennavis, nec, nec2c untuk simulasi antenna, fldigi untuk komunikasi digital amatir; gpredict aplikasi untuk tracking satelit; dan klog untuk logbook komunikasi amatir radio.

Demikian gambaran umum dari ke lima (5) Distro yang saya buat, Bagi para pembaca yang ingin membuat Distro tersebut, dapat mengikuti langkah pembuatannya yang di jelaskan secara gamblang pada Wiki http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Linux_Howto#Remastering_Ubuntu

Semoga semua ini dapat mendorong adopsi open source di dunia pendidikan, usaha kecil menengah maupun di dunia hobby elektronika dan amatir radio.

Merdeka!!

[edit] Pranala Menarik

Personal tools