Etherboot

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Contents

[edit] Sekilas Etherboot/gPXE

Etherboot dan atau gPXE adalah sebuah implementasi open source untuk aplikasi bootloader sebuah sistem operasi (baca : OS) melalui mekanisme jaringan, yang berfungsi untuk mengambil parameter-parameter yang diperlukan sebuah sistem operasi pada masa booting (baik itu parameter spesifik jaringan TCP/IP maupun parameter spesifik OS itu sendiri) pada saat sebuah komputer dinyalakan. Aplikasi Etherboot mulanya dikembangkan untuk mendukung perangkat keras kartu jaringan atau LAN card atau yang biasa disebut NIC - yang belum mendukung fungsi OS booting melalui mekanisme jaringan.

PXE merupakan kependekan dari Pre-Execution boot Environment.

Aplikasi gPXE merupakan hasil pengembangan dari aplikasi Etherboot.

Kedua aplikasi Etherboot dan gPXE dikembangkan oleh atau dibangun dari, dan dipelihara oleh sebuah proyek bernama Etherboot.


[edit] Contoh Kegunaan

Berikut adalah beberapa contoh kegunaan perlunya aplikasi PXE semacam Etherboot atau gPXE bagi kemudahan administrasi jaringan terutama jaringan area lokal atau LAN :

  • Administrasi terminal akses yang sering digunakan pada aplikasi Kedai atau Kios atau Kasir Pasar Swalayan sehingga bagi setiap terminal tersebut tidak memerlukan instalasi permanen baik sistem operasi maupun aplikasi - terminal cukup meminjam-mengolah-menyimpan data dari server. Aplikasi model ini biasa dikenal dengan Terminal Server bagi server pemegang aplikasinya - dan Terminal Server Client atau Thin Client bagi setiap terminal akses.

Sebuah proyek open source yang berhubungan dengan terminal akses dapat dirujuk pada [Linux Terminal Server Project atau LTSP].

[edit] Aplikasi Terkait Etherboot

Etherboot juga membutuhkan beberapa aplikasi lain agar dapat berfungsi - seperti :

  • Server DHCP dalam sebuah jaringan (wajib dimiliki) yang bertugas memberikan parameter-parameter khusus bagi setiap klien Etherboot - terutama parameter TCP/IP
  • Server TFTP (opsional) yang bertugas sebagai penyimpan berkas-berkas yang diperlukan bagi setiap klien PXE yang dirujuk dari server DHCP.


[edit] Referensi


[edit] Pranala Luar


[edit] Pranala Menarik

Personal tools