Field Day

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search
Field Day Jabar 2007
Field Day Jabar 2007

Field Day diselenggarakan untuk ajang latihan kesiagaan komunikasi darurat (emergency communication) untuk menghadapi marabahaya dan bencana alam yang sewaktu­ waktu mungkin timbul. Kegiatan ini biasanya diselenggarkan oleh ORARI Daerah, sedangkan pesertanya biasanya datang dari Lokal­ lokal. Kelompok-­kelompok Amatir Radio dari Lokal­ lokal tersebut mendirikan stasiun­ stasiun darurat di bukit­ bukit dan lapangan lapangan. Mereka beroperasi secara terus menerus selama diadakannya kegiatan latihan tersebut, mengadakan sebanyak­ banyaknya kontak dengan kelompok lainnya dan dengan stasiun lain yang bisa mendengarnya. Di Indonesia kegiatan tersebut dikenal juga dengan nama “logging contest”.

Field Day Jabar 2007
Field Day Jabar 2007

Persyaratan mengikuti Field Day atau “logging contest” tidak jelimet, umumnya hanya disyaratkan catu daya yang dipergunakan tidak menggunakan listrik komersil atau PLN, artinya hanya catu daya dari portable genset, baterei mobil atau solar cell yang boleh dipergunakan. Hal ini mengingat bahwa pada waktu kejadian marabahaya atau bencana alam yang sebenarnya besar kemungkinan catu daya komersil tidak bisa berfungsi karena instalasinya turut rusak.

Tampak pada gambar adalah salah satu kemah peserta JABAR Field Day 2007. ORARI Daerah Jawa Barat secara rutin mengadakan kegiatan Field Day yang dinamakan JABAR FIELD DAY, kegiatan ini minimal diadakan sekali dalam kurun waktu kepengurusan ORARI Daerah, hal ini untuk menjaga kesiapan Anggota Amatir Radio dalam kesiagaannya untuk memberikan dukungan komunikasi pada saat kondisi emergency.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools