Filosofy: Aplikasi Internet Untuk Perputaran Pengetahuan Dan Informasi

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Selain mengeffisienkan proses, seperti yang di contohkan dalam e-commerce dalam proses perdagangan, e-government dalam dunia pemerintahan. Salah satu aplikasi yang paling strategis dari infrastruktur dunia cyber adalah kemampuannya untuk melakukan percepatan sirkulasi informasi dan pengetahuan.Dalam aplikasi ini, Internet lebih di arahkan agar menjadikan seseorang / institusi / perusahaan menjadi pemimpin di bidangnya, pada dasarnya Internet berusaha membantu untuk memudahkan kita mengolah isi kepala kita masing-masing supaya lebih pandai.

Berbeda dengan dunia nyata, dalam dunia Internet dikenal adanya knowledgable leader - pemimpin di Internet biasanya orang yang pandai, tidak harus merupakan orang yang mempunyai kekuasaan / power / kekayaan. Di old economy memang pemimpin di tentukan oleh orang yang memiliki kekuasaan / power / kekayaan maka tidak heran kalau banyak pemimpin dimasa lalu mempunyai ikatan yang cukup kuat dengan pihak tentara. Di new economy atau k-economy, pemimpin biasanya adalah orang pandai.

Untuk mengarah pada kepemimpinan di k-economy (knowledge economy) yang perlu di putar secara cepat adalah informasi & pengetahuan. Hanya orang / institusi / perusahaan yang mampu memutar informasi & pengetahuan secara cepat yang akan mampu menjadi pemimpin di k-economy. Pada tingkat yang sederhana biasanya yang diputar secara cepat hanyalah informasi, kita kemudian mengenal media online yang pada dasarnya memutar informasi secara cepat. Beberapa pemimpin media online di Indonesia yang kita kenal adalah kompas.com & detik.com. Kompas agak bias karena mempunyai nama besar di media cetaknya, detik.com yang menarik karena telah berhasil membuktikan keberhasilannya hanya bertumpu pada media online saja di dunia cyber. Perpustaran informasi terasa cepat, dari yang biasanya 24 jam atau hari untuk memperoleh berita / informasi menjadi jam, menit & detik saja.

Pada tingkat yang lebih tinggi dari informasi kita mengenal teknik-tenik knowledge management (KM) disini kita mulai bermain-main dengan pengetahuan. Bermain di pengetahuan tentunya mempunyai prasyarat yang lebih ketat daripada bermain-main dengan perpustaran informasi. Keberhasilan bermain di pengetahuan akan memberikan nilai yang jauh lebih besar dari pada bermain di Informasi. Managemen pengetahuan supaya perputaran pengetahuan menjadi cepat akan sangat terasa membantu dalam menjamin kepemimpinan di k-economy. Pengetahuan implisit, pengetahuan eksplisit maupun pengetahuan potensial harus dapat di manage dengan baik. Salah satu contoh terbaik dari knowledge management ini ada di digital library ITB yang pada awalnya di tahun 2000-an dikembangkan oleh team yang dipimpin oleh Ismail Fahmi di digilib@itb.ac.id dengan alamat URL http://digital.lib.itb.ac.id.

Konsep-konsep lain yang juga berkembang adalah konsep pendidikan jarak jauh, konsep belajar mandiri melalui Internet, konsep kepakaran yang terdistribusi dll. Pada tingkat yang lebih lanjut, kita akan mengenal k-commerce (knowledge commerce) yang hanya mungkin dilakukan & di menangkan jika institusi / perusahaan tersebut mempunyai knowledge management yang baik.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools