Filosofy: Contoh Aplikasi Sederhana Jaringan Komputer Internet

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Setelah ada jaminan bahwa antar komputer dalam jaringan dapat berkomunikasi secara reliable menggunakan keluarga protokol Internet. Maka kita dapat menjalankan berbagai aplikasi di atas jaringan Internet. Salah satu aplikasi paling sederhana yang berdampak sangat luas terhadap pembentuk komunitas dan masyarakat Internet adalah sarana berdiskusi secara masal menggunakan e-mail.

e-mail merupakan alat yang paling sederhana & paling murah untuk berpartisipasi di Internet. E-mail bahkan jauh lebih murah dibandingkan akses Web. Bagi veteran Internet, umumnya akses e-mail menjadi lebih penting dibandingkan akses Web karena dengan e-mail kita bisa berinterkasi langsung dengan teman-teman di seluruh dunia dan membangun komunitas & masyarakat yang sangat penting artinya bagi pergerakan masyarakat Internet di seluruh dunia. Seperti di jelaskan di atas bahwa akses e-mail bisa di peroleh seharga Rp 1000 / bulan s/d Rp. 10.000 / semester di sekolah-sekolah atau di pusat-pusat massa seperti di warnet.

Dengan bermodalkan akses e-mail yang murah ini maka komunitas diskusi di Internet dapat di bangun dengan mudah. Mailing list digunakan sebagai sarana utama tempat diskusi menggunakan e-mail di Internet. Pada dasarnya mailing list bekerja dengan konsep yang sangat sederhana. Seorang pengguna cukup mengirimkan sebuah e-mail ke satu alamat e-mail. Kemudian oleh komputer server yang menjalankan program mailing list, mail tersebut akan di sebarkan ke semua anggota mailing list yang tergabung / berlangganan ke alamat e-mail tersebut.

Bayangkan bagi seorang yang sedang kesulitan masalah komputer kemudian mengirimkan pertanyaan melalui e-mail ke mailing list tempat berkumpul para hacker, dapat diharapkan bahwa kemungkinan satu-dua orang hacker mengetahui jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Akhirnya dengan segera solusi dari masalah yang dihadapi dapat dipecahkan dalam waktu yang singkat (mungkin diperlukan beberapa jam).

Mailing list beroperasi 24 jam tanpa henti sepanjang tahun, mari kita bayangkan bersama apa yang terjadi jika kita melakukan diskusi secara terus menerus tanpa henti: Jika seseorang secara terus menerus secara serius dalam selang waktu yang lama (beberapa bulan bahkan tahun) - dapat diharapkan orang tersebut akan menjadi "ahli" dalam bidang yang didiskusikan tersebut. Dalam bahasa yang sederhana, mailing list merupakan sebuah media sangat effektif untuk proses pendidikan jika di simaki dalam jangka waktu yang lama.

Jelas disini bahwa mailing list merupakan media yang lebih bersifat interaktif & pro-aktif di bandingkan dengan Web yang biasa ada di Internet. Sifat ini menjadi kunci utama untuk memperkuat image & eksistensi seseorang / perusahaan di Internet secara keseluruhan.

Salah satu pangkalan utama dari berbagai diskusi di mailing list Internet di dunia adalah Yahoogroups.com, yang berada di http://groups.yahoo.com. Ada puluhan ribu tempat diskusi orang Indonesia yang berpangkalan di yahoogroups.com. Sekitar 2000+ merupakan tempat diskusi yang bermassa besar di atas seratus, beberapa bahkan beranggotakan lebih dari 10000 orang. Sangat di sarankan bagi pembaca yang serius ingin berinteraksi dengan rekan-rekan dengan minat yang sama untuk menggunakan sarana mailing list ini.

Belakangan, tampaknya Forum diskusi di Web juga mulai menjadi ajang pertemuan dan diskusi yang ramai di Internet. Salah satu yang paling banyak anggotanya dan sangat aktif adalah http://kaskus.us.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools