Filosofy: Infrastruktur Internet Sebagai Alat Bantu

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Untuk mengeffisienkan proses pengiriman, pengemasan informasi dan pengetahuan, pada hari ini kita sangat dibantu oleh keberadaan dan perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat.

Perlu dicatat bahwa infrastruktur Internet hanyalah alat bantu untuk mengeffisienkan proses pengiriman dan pengemasan informasi. Komputer, Internet, dan e-learning bukanlah tujuan akhir. Sialnya, keberadaan alat bantu komputer dan Internet, tidak akan mengubah banyak sistem pendidikan di Indonesia – kecuali jika ada perubahan paradigma yang mendasar, perubahan budaya yang mendasar yang mendorong kita semua untuk aktif sebagai produsen pengetahuan dan aktif berpartisipasi dalam siklus pemurnian pengetahuan.

Pada bagian ini akan dibahas sedikit tentang infrastruktur internet pendukung kegiatan e-learning. Ada beberapa aplikasi utama yang tersedia secara gratis di Internet dan kemungkinan besar akan dapat membantu mengembangkan kegiatan e-learning di Indonesia, yaitu:

  • Mailing list, tempat diskusi di Internet untuk melakukan transfer / interaksi dari tacit (implicit) knowledge.
  • Perpustakaan Digital, tempat manajemen dari explicit knowledge.
  • Perangkat pendukung administrasi akademis di dunia pendidikan, baik itu sekolah maupun universitas. Contoh-nya adalah Moodle dan Open University Support System (OpenUSS).


[edit] Pranala Menarik

Personal tools