Filosofy: OpenUSS

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Sisi lain dunia pendidikan, atau e-learning adalah masalah administrasi akademis. Seperti alokasi waktu pengajar, jadwal, nilai dll. Untuk itu biasanya kita membutuhkan banyak alat bantu yang dapat mengeffisienkan administrasi, dan proses interaksi belajar mengajar.

Salah satu perangkat lunak yang mungkin membantu mengeffisienkan proses belajar adalah OpenUSS (Open University Support System) yang dikembangkan di Jerman. Tampaknya OpenUSS di motori oleh orang Indonesia yang sedang belajar di Jerman, terlihat dari nama-nya di e-mail address salah satu pembuatnya adalah dewanto@uni-muenster.de.

OpenUSS pada dasarnya berusaha mengkaitkan antara sekolah, swasta (perusahaan), universitas, dan komunitas berbasis Internet dengan menggunakan berbagai infrastruktur telekomunikasi yang ada.

Untuk melakukan proses-nya pengguna dapat mengakses teknologi OpenUSS menggunakan berbagai media komunikasi yang ada baik handphone, LAN yang terkait pada Internet.

Pada dasarnya ada dua (2) fasilitas utama, yaitu, komponen dasar, seperti pengajar, mahasiswa, asisten, semesteran, mata kuliah, registrasi mahasiswa, dan fasilitas pengembangan (extension), seperti quiz, chat, diskusi, akses web, kuliah, daftar link untuk referensi dll.

Bagi mereka yang ingin melihat OpenUSS in action, dapat dilakukan melalui Internet melalui Web http://www.openuss.de. Terlihat dari domain yang digunakan bahwa openuss di kembangkan di Jerman.

Pada platform OpenUSS.de kita dapat memperoleh beberapa fasilitas untuk melakukan interaksi e-learning. Bagi pengguna serius, ada baiknya untuk meregistrasi diri-nya pada www.openuss.de ini dan memperoleh account untuk dapat login dan menggunakan fasilitas yang ada.

Seperti hal-nya perangkat lunak open source lainnya, OpenUSS tersedia beserta source code-nya dan dapat di ambil melalui Web pada http://sourceforge.net/projects/openuss/. Tersedia lengkap source code untuk developer, program untuk pengguna biasa, beserta manual-nya baik untuk developer maupun pengguna biasa. Memang harus di akui file source code OpenUSS cukup besar sekitar 25-30Mbyte sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengambilnya dari Internet. Program tersebut tampaknya di bangun berbasis teknologi Java.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools