Freifunk

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Freifunk (Bahasa Jerman untuk Free Radio) adalah sebuah inisiatif untuk mendukung pengembangan tools untuk jaringan free mesh. Di samping itu, inisiatif ini mendukung komunitas untuk mengembangkan pengetahuan untuk mensetup jaringan mereka sendiri.

Komunitas Freifunk adalah bagian dari proyek pengembangan tool jaringan mesh termasuk Freifunk Firmware dan OpenWrt projects, protocol routing seperti OLSR dan B.A.T.M.A.N., tool seperti untuk pemetaan jaringan (freimap), scanning tool seperti horst tool dan banyak lagi. Belakangan ini, orang mulai mengembangkan juga Open Hardware seperti Mesh Potato untuk villagetelco.

Dengan freifunk firmware sebetulnya relatif mudah untuk membangun jaringan wireless mesh menggunakan WLAN ad-hoc pada lapisan komunikasi ke 2 dan ke 3 dengan OLSR, BATMAN atau protokol lainnya. Berasal dari Jerman, Freifunk telah berhasil mengimplementasi Mesh di banyak negara. Proyek OLPC di Afganistan menggunakan Freifunk untuk implementasi mesh untuk mendistribusikan buku digital, berita maupun media pembelajaran. Di Ghana, Freifunk digunakan untuk menjembatani digital divide di perkampungan. Di Vietnam, Freifunk digunakan untuk memberikan sambungan internet di kegiatan Free and Open Source seperti FOSSASIA. Di Eropa dan di kota Amerika dan di perkampungan, biaya sambungan jaringan untuk komunitas dan usaha kecil menengah di per kecil dengan cara menshare akses Internet, seperti ADSL, telepon dan sambungan satelit ke jaringan remote.

Contents

[edit] FREIFUNK Firmware/OPENWRT

Freifunk Firmware adalah versi linux OpenWRT yang di modifikasi untuk router. Tujuan utama-nya agar firmware yang dibuat menjadikan mudah dan cepat dalam mensetup jaringan mesh wireless. Firmware di rancang untuk embedded linux untuk peralatan jaringan low power yang dapat di adaptasi ke berbagai device. Freifunk/OpenWrt mendukung komunikasi WLAN ad-hoc dan routing pada layer 2 dan 3. Protokol routing dapat di instalasi melalui update paket. Protocol yang banyak digunakan untuk MESH adalah OLSR dan BATMAN. Dengan membuat Freifunk embedded firmware bersama tim OpenWRT, komunitas mengembangkan sebuah firmware yang dapat di konfigurasi sendiri, memberbaiki diri sendiri dan men-tune secara automatis jaringan mesh (http://wiki.openwrt.org/Freifunk).

[edit] Fitur FreiFunk Firmware

Freifunk firmware memungkinkan semua orang dengan mudah membangun jaringan mesh dan router. allows anyone to relatively easily build mesh networks of routers. Jaringan ini secara mengejutkan dapat di kembangkan untuk melibatkan ratusan / ribuan node yang dibangun menggunakan router biasa (off the shelf).

[edit] Firmware PLUGIN

Versi test saat ini ada di SVN (https://dev.openwrt.org/wiki/GetSource) membuka kemungkinan developer untuk membuat plugin untuk firmware. Plugin ini memungkinkan user untuk memberikan layanan berbasis lokasi, pencarian lokal, router CMS, distribusi radio FM lokal melalui router, dan banyak lagi. Contoh dari layanan berbasis lokasi adalah Apple Bonjour yang memungkinkan pengguna untuk berbagi musik mereka di jaringan wifi lokal, akan tetapi, melalui jaringan mesh FreiFunk. Masih banyak lagi cara untuk melakukan sharing dan berkomunikasi sebagai layanan yang dibuat di atas standard terbuka dan software open source.

[edit] LAYANAN LOKAL di jaringan mesh

Proyek lain dimana kita mengintegrasikan layanan adalah proyek Villagetelco, dimana kita mengadaptasi firmware untuk layanan telepon melalui jaringan adhoc (www.villagetelco.org).

[edit] MENGADAPTASI FIRMWARE

Perkembangan ke arah yang lain, komunitas juga terlibar dalam mem-porting aplikasi maupun lingkungan desktop seperti LXDE kedalam OpenWrt untuk Freifunk cloud untuk memberikan device yang cepat dengan kemampuan interface grafis X dan dapat memanfaatkan ribuan aplikasi yang tersedia. Porting dari code dari Google Android juga ditujukan untuk mendukung adaptasi dari Firmware untuk penggunaan tertentu.

[edit] Komunitas di Dunia

Untuk membaca lebih lanjut tentang jaringan wireless yang bebas di seluruh dunia, silahkan kunjungi global FreiFunk newswire di http://global.freifunk.net.

Untuk memulai aktifitas

  • Cek Firmware, download, dan install.
  • Kontak komunitas lokal, atau start komunitas yang baru.

[edit] Referensi


[edit] Pranala Menarik

Personal tools