IP address ADSL Terblokir Untuk Mengirim E-mail

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Sarannya anda menggunakan relay mail smtp.telkom.net. Hal ini akan mengurangi kemungkinan IP anda terblokir untuk mengirim e-mail.

Bagi anda yang sudah cukup canggih dan mempunyai e-mail server sendiri di belakang router ADSL, dan ngotot untuk mengirim langsung dari e-mail server anda tanpa relay smtp.telkom.net. Kadang terjadi e-mail kita tidak dapat terkirim karena mekanisme pemblokiran di mail server yang dituju yang meminta referensi ke server lain di Internet yang menunjukan bahwa IP address yang kita gunakan adalah IP address sumber spam.

Hal ini akan terjadi jika IP address tersebut pernah digunakan oleh pengguna ADSL lain yang komputernya terkena virus dan menyebarkan e-mail bervirus secara membabi buta ke berbagai komputer di Internet.

Ada beberapa situs di Internet yang menjadi referensi bagi berbagai mail server di Internet tentang keberadaan IP address sumber spam / virus tersebut. Kita harus masuk ke server tersebut dan memberitahukan bahwa IP address yang kita gunakan adalah IP address bersih.

Langkah yang perlu dilakukan

  • Cek apakah IP address ADSL kita terdaftar pada 260+ server anti-spam yang ada di dunia, hal ini dapat dilakukan melalui DNS Stuff http://dnsstuff.org -> Spam Database Lookup -> Masukan IP address ADSL. Akan di tampilkan hasil cek di 260+ anti-spam di seluruh dunia.

Jika ternyata IP address ADSL kita terdaftar dalam daftar black list di server anti-spam tersebut kita harus menghilangkannya dari daftar di setiap server, satu per satu. Contoh,

  • Spamhaus.org (http://www.spamhaus.org)-> SBL (Spamhaus Black List) -> Lookup IP address. Cek apakah IP address yang kita gunakan masuk ke black list spamhaus, kita dapat mengeluarkan dari blacklist dengan meminta Spamhaus untuk mengeluarkannya dan ini akan dilakukan secara automatis.
  • Abuseat (http://cbl.abuseat.org) -> IP address lookup or removal -> Masukan IP address ADSL. Mohon untuk dibuang dari black list jika ternyata masuk ke daftar hitam.

Karena banyaknya server anti-spam, sebaiknya kita lihat header mail bounced yang kita terima untuk melihat server anti-spam mana yang melakukan pemblokiran IP address tersebut.

[edit] Pranala Menarik

Personal tools