IPv6 Address : Bagian Host

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Sumber: http://tldp.org/HOWTO/Linux+IPv6-HOWTO/x659.html

Contents

[edit] Tipe Address (Bagian host)

Untuk auto-configuration dan mobility, di putuskan untuk menggunakan 64 bit bagian bawah sebagai bagian host dari address di kebanyakan tipe address. Oleh karenanyta setiap subnet dapat menampung banyak sekali address.

Bagian host ini dapat dilihat berlainan:

[edit] Automatic computed (juga dikenal sebagai stateless)

Dengan auto-configuration, bagian host dari address dihitung dengan mengkonversikan MAC address dari interface (jika ada), dengan metoda EUI-64, ke IPv6 address yang unik. Jika tidak ada MAC address yang biasanya terjadi pada virtual device, maka yang lain seperti address IPv4 atau MAC address dari interface fisik yang akan digunakan.

Contoh, NIC dengan MAC address (48 bit):

00:10:a4:01:23:45

Berdasarkan tutorial IEEE EUI-64 disain untuk EUI-48 identifier ke 64 bit interface identifier sebagai:

0210:a4ff:fe01:2345

Untuk prefix tertentu, maka hasil dari IPv6 address akan tampak sebagai berikut:

2001:0db8:0100:f101:0210:a4ff:fe01:2345

[edit] Masalah privacy dengan automatic computed address dan solusinya

Karena bagian host dengan "automatic computed" secara global harusnya unik (kecuali jika vendor NIC menggunakan MAC address yang sama untuk beberapa NIC), maka tracking client menjadi mungkin untuk host yang tidak menggunakan proxy.

Masalah ini sudah diketahui, dan solusinya sudah di definisikan berupa : privacy extension, yang didefinisikan di RFC 3041 / Privacy Extensions for Stateless Address Autoconfiguration in IPv6 (atau veri yang lebih baru). Menggunakan nilai random dan statik sebuah suffix di buat dari waktu ke waktu. Catatan: ini hanya mungkin untuk client yang melakukan sambungan ke luar dan ini tidak terlalu bermanfaat untuk server.


[edit] Set secara Manual

Untuk server, mungkin yang paling mudah untuk mengingat address yang lebih sederhana. Ini juga dapat di akomodasi. Sangat mungkin untuk menset alamat IPv6 tambahan ke sebuah interface, misalnya,

2001:0db8:100:f101::1

Untuk manual suffix seperti “::1” tampak di contoh di atas, dibutuhkan most significant bit ke 7 di set ke 0 (universal/local bit dari automatically generated identifier). Juga bit kombinasi yang lain yang di reserve untuk anycast address.

[edit] Referensi

Personal tools