Informasi dari Broadband User Group

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Tidak semua provider ADSL akan memberikan modem ADSL sebagai paket langganan anda. Sebagian provider ADSL memberikan kebebasan kepada anda untuk membeli sendiri modem ADSL yang anda sukai.

Proses pemilihan modem ADSL mungkin akan menyulitkan bagi sebagian pemula. Pada bagian ini akan di usulkan langkah praktis dalam proses pemilihan sederhana berbagai modem ADSL yang ada.

  • Membaca hasil survey berbagai modem ADSL favorit yang digunakan oleh para pengguna ADSL. Cara yang paling sederhana adalah mencari situs “Broadband User Group” melalui Google.
  • Mencoba bertanya di mailing list para pengguna ADSL atau Asosiasi WARNET, seperti, speedy-telkom@yahoogroups.com dan asosiasi-warnet@yahoogroups.com.
  • Beberapa provider ADSL menyediakan informasi tempat pembelian modem ADSL.

Ada beberapa hal yang akan menyebabkan perbedaan harga router / modem ADSL, seperti,

  • Kemudahan instalasi, software driver hingga kemudahan konfigurasi melalui Web.

Jenis sambungan, ada yang terbatas hanya USB, ada yang berbentuk router dengan sambungan LAN bahkan beberapa di lengkapi dengan WiFi.

  • Kemampuan fitur, dari yang sangat sederhana hanya mengkonfigurasi VCI dan VPI sampai yang rumit dengan kemampuan NAT, firewall, routing dll.

Beberapa modem ADSL yang pernah dicoba dan cukup andal untuk di operasikan di jaringan kabel Telkom yang lumayan cukup “krosok-krosok” dalam waktu yang lama adalah,

Tecom AR1031
SMC barricade smc7904bra
Thomson SpeedTouch 510
TP-LINK TD-8800
3COM 3CRWDR100A
Linksys


Diantara modem ADSL tersebut Tecom AR1031 & TP-LINK TD-8800 termasuk kategori yang relatif murah, tapi performance-nya baik.


[edit] Informasi dari Broadband User Group

Melalui pencarian di Google dengan menggunakan keyword “Boardband User Group” kita akan memperoleh beberapa kelompok pengguna broadband di dunia. Salah satu yang tampaknya cukup baik dan besar adalah pengguna broadband di Australia yang dapat di akses di alamat http://whirlpool.net.au.

Database modem ADSL berbagai merek, lengkap dengan informasi tentang tingkat penjelasan dari pabrik apakah cukup lengkap, juga tingkat popularitas-nya di berikan melalui alamat http://whirlpool.net.au/index.cfm?a=h_models.

Dengan mengklik pada jenis masing-masing modem ADSL kita dapat melihat dengan lebih detail berbagai fitur yang tersedia pada modem tersebut. Memang tidak semua fitur dibutuhkan terutama untuk pemula dalam jaringan Internet. Beberapa fitur yang sangat membantu untuk pengembangan di kemudian hari terutama seperti

Firewall
De-Militerized Zone (DMZ)
Port Forwarding
Routing

Akan sangat membantu dalam mengatasi berbagai masalah / serangan / virus yang sering kali mengganggu kerja jaringan. Maupun untuk pengembangan lebih lanjut jika misalnya kita mempunyai server lokal, baik itu Web, mail atau DNS sehingga kita tidak terlalu tergantung pada jasa Internet Servis Provider (ISP) untuk membuat domain sendiri.

Beberapa modem ADSL favorit versi Broadband User Group di Australia antara lain adalah,

Pabrikan Jenis
Alcatel / Thomson Speedtouch 530
SpeedTouch Home
Apple Airport Express
Belkin F1PI241Egau
F1PI241Enau
Billion 5100
7402
7402G
7402VGO
7402VGP
741GE
7500G
D-Link DI-624+
DSL-200
DSL-302G
DSL-502T
DSL-504
DSL-504G
DSL-504T
DSL-G604T
LinkSys AG241
WAG54Gv2
WRT54G
Motorola SURFboard SB4200
SURFboard SB5100/SB5101
NetComm NB1300
NB1300PLUS4
NB5
NB5580W
NB5PLUS4W
NetGear DG834
DG834G
DG834GT
WGR614
WGT624


[edit] Pranala Menarik

Personal tools