Jangan buang sampah di Internet

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Date: Wed, 02 Dec 2009 08:13:01 +0700

From: Teddy Sukardi <tedsuka@indo.net.id>
Reply-To: mastel-anggota@yahoogroups.com
To: mastel-anggota@yahoogroups.com
Subject: [mastel-anggota] Jangan Buang Sampah Di Internet

[edit] JANGAN BUANG SAMPAH DI INTERNET

oleh: Teddy Sukardi

Kita sering melihat di sekeliling kita perilaku yang mungkin terdengar klise yaitu “membuang sampah sembarangan”. Dampak dari perbuatan itu sangat beragam dari pemandangan yang kurang enak dilihat sampai dengan yang lebih serius seperti banjir dan merebaknya penyakit. Sudah sangat banyak orang membahas mengenai hal ini dari berbagai sisi seperti sisi agama, etika, budaya, pendidikan, keteladanan, penegakan hukum dan lain lain. Mudah-mudahan kita di antara orang yang memberi teladan membuang sampah pada tempatnya dan menegur mereka yang melakukan sebaliknya.

Lalu membuang sampah di internet itu seperti apa? Tanpa terlalu kita sadari sekarang kita sudah banyak berada di dunia maya. Kita memakai komputer atau telepon seluler untuk berkomunikasi, apakah dengan mengirimkan email atau sms, memuat foto dan berita dalam berbagai jaringan sosial seperti Facebook, atau dengan kita berpartisipasi dalam forum diskusi online yang sering disebut milis. Ternyata di dunia maya kita telah menjadi bagian dari komunitas bisnis, sosial, keluarga dan lain lain. Begitu banyak interaksi terjadi antara kita dengan orang lain siapapun mereka. Begitu banyak informasi yang kita dapatkan di sana dan begitu banyak juga informasi yang kita berikan sebagai kontribusi kita sesuai dengan peran dan kemampuan kita masing-masing. Hal ini perlahan namun pasti terus meningkat meskipun kita tidak meninggalkan dunia fisik.

Menyadari bahwa dunia maya sudah menjadi lingkungan hidup kita juga tentunya kita mulai merasakan pentingnya lingkungan ini terjaga sesuai dengan nilai nilai yang kita miliki sebagai manusia yang memiliki adab dan etika. Materi yang kita temukan di dunia fisik yang mengotori lingkungan kita yang mengganggu keindahan, kebersihan, kenyamanan dan kesehatan dapat juga kita temukan di dunia maya dalam bentuk yang berbeda. Di dunia maya dapat kita lihat perilaku orang membuang sampah dalam bentuk informasi yang tidak patut, fitnah, menghasut, informasi bohong dan menyesatkan dan banyak lagi bentuk negatif lainnya. Di dunia maya sampah ini mudah sekali disebarkan dan dilipatgandakan sehingga dampak negatifnya bisa dengan cepat meluas.

Satu contoh bentuk sampah yang sekarang yang sudah sangat mengganggu adalah yang disebut SPAM atau informasi komersial yang tidak diminta atau diinginkan. SPAM sangat merugikan karena menimbulkan pemboroskan waktu kita untuk membaca, memilah dan membuangnya. Di samping itu informasi sampah ini juga memboroskan jaringan internet dan bahkan dapat ditumpangi informasi bermuatan penipuan dan software jahat. Secara sadar atau tidak sadar, perduli atau tidak perduli, kita bisa ikut meneruskan dan menyebarkan segala jenis sampah tadi atau paling tidak membiarkannya bertumpuk di komunitas kita.

Hal yang perlu disadari oleh para pimpinan komunitas di dunia maya, seperti juga di dunia fisik, lingkungan dimana sampah merebak akan ditinggalkan oleh yang baik dan didiami yang kurang baik. Agar dunia maya kita dapat menjadi dunia yang sehat dan kondusif untuk kita hidup bermasyarakat, maka sudah layak sekali diterapkan cara untuk mengendalikan sampah ini.

Di dunia maya seringkali identitas seseorang dapat disembunyikan sehingga orang bebas berbuat apa saja atas nama kebebasan berpendapat. Tidak jarang kita temukan orang yang menjadikan internet sebagai pelarian atau saluran komunikasi alternatif yang seakan-akan bebas dari tanggung jawab. Sesungguhnya semua norma dan etika di dunia fisik dan di dunia maya tidak berbeda karena di dua medium itu warganya adalah manusia yang mengenal adab dan etika. Oleh karena itu suara yang mengatakan bahwa dunia maya karena sifatnya berbeda maka harus dibebaskan sebebas-bebasnya termasuk di antara suara yang sesat dan menyesatkan.

Akhirnya sebagai warga dunia maya yang baik marilah kita hindari membuang sampah di internet dan juga tidak ragu dan takut menegur, dan bahkan bila diperlukan mengenakan sangsi pada mereka yang membuang sampah sembarang. Marilah kita wariskan kepada anak dan cucu kita dunia maya yang beradab dan menjunjung tinggi nilai nilai luhur.



[edit] Pranala Menarik

Personal tools