Jaringan Komputer IPTEKNET di BPPT

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

[edit] LAN di BPPT

Tahun 1986, Baharuddin Jusuf Habibie (B.J. Habibie), ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengikuti sebuah konferensi di Amerika Serikat. Sepulangnya dari AS, Habibie terinspirasi untuk membuat suatu jaringan komunikasi yang dapat menghubungkan seluruh Indonesia, sebagai salah satu perwujudan ambisinya untuk mengembangkan sector ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi tinggi (High-tech) di Indonesia.

Keinginan untuk membuat jaringan komunikasi ini kemudian diwujudkan dalam bentuk proposal proyek IPTEKNET, dengan bantuan seorang staff BPPT, Firman Siregar. Pembiayaan untuk proyek ini diperoleh dengan mengalokasikan dana bantuan dari World Bank, yang sedianya diperuntukkan bagi riset dan proyek high-tech yang berhubungan dengan pengembangan industri; Namun Habibie menggunakan kewenangan sehubungan dengan posisinya sebagai ketua Dewan Riset Nasional (DRN) untuk alokasi dana tersebut untuk bidang non-industri.

Proyek ini kemudian mulai dilaksanakan, dan (baru) berhasil membuat Local Area Network (LAN) untuk mengkoneksikan computer dan transfer data yang ada di lingkungan BPPT saja,


[edit] Pranala Menarik

Personal tools